Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Cara Mudah Redakan Sakit Punggung

0 0
Read Time:3 Minute, 22 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Ingin menghilangkan sakit punggung secara efektif? Dengan pemahaman yang baik tentang cara mengatasi masalah ini, Anda dapat mengurangi rasa frustrasi dan meningkatkan kehidupan Anda.

Sakit punggung merupakan masalah kesehatan yang umum dialami berbagai kalangan, mulai dari pekerja kantoran hingga atlet. Postur tubuh yang buruk, kurang aktivitas fisik, cedera, atau kondisi medis tertentu bisa menjadi penyebab utama nyeri.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meredakan sakit punggung dan meningkatkan kesehatan tulang belakang Anda secara keseluruhan. 1. Perhatikan gerakan tubuh

Peter Whang, seorang ahli bedah tulang belakang dari Yale Medicine, mengatakan penting untuk memperhatikan postur tubuh Anda.

Aktivitas sehari-hari seperti duduk berjam-jam di depan meja, bermain ponsel, atau duduk di depan laptop di tempat tidur atau di sofa dapat memberikan tekanan pada tulang belakang Anda. Hal ini seringkali menjadi penyebab utama nyeri punggung bawah.

Berikut cara menjaga postur tubuh yang baik menurut Whang: Saat duduk di depan meja, jaga agar kepala dan leher tetap lurus, bahu tetap rileks, dan kaki tetap menapak di lantai. Saat Anda berdiri, tetaplah tegak dan tinggi, angkat perut, dan pertahankan beban pada telapak kaki.

Dengan berfokus pada postur tubuh saat bekerja atau istirahat, Anda dapat membantu menopang tulang belakang, mengurangi tekanan yang dapat memperburuk nyeri punggung bagian bawah.

 

“Bahkan jika Anda duduk di tempat yang tepat, jangan terlalu lama berada di tempat itu jika memungkinkan,” kata Whang.

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan pada tulang belakang, membuat otot punggung dan leher menjadi kaku, serta melemahkan otot punggung bagian bawah sehingga dapat menimbulkan nyeri.

Penelitian menunjukkan bahwa berdiri atau setidaknya bergerak sedikit di sela-sela aktivitas duduk dapat membantu meredakan nyeri punggung bagian bawah.

Whang merekomendasikan untuk bangun setidaknya sekali setiap jam ketika Anda telah duduk dalam jangka waktu yang lama, dan luangkan beberapa menit untuk berdiri, melakukan peregangan, atau berjalan, jika Anda bisa.

Mengubah lokasi Anda juga dapat membantu. Misalnya, beralih dari duduk bersila ke duduk tegak dengan kaki rata di lantai dapat menjaga kelenturan otot punggung dan mencegah nyeri.

 

 

Bangun di pagi hari dengan punggung yang sakit adalah hal yang lumrah, jadi ada baiknya untuk mengutamakan punggung, kaki, dan pinggul di pagi hari.

“Ini akan membantu mengaktifkan otot dan ligamen di sekitar tulang belakang Anda saat Anda terjaga sepanjang malam,” Jared Laxner, MSc, CSCS, spesialis kesehatan di Pusat Kesehatan dan Kebugaran Anschutz di CU Anschutz, mengatakan kepada DIRI.

Berolahraga di pagi hari membantu mengendurkan persendian dan meningkatkan aliran darah ke pinggul dan punggung, yang membantu tulang belakang Anda lebih banyak bergerak dan membungkuk sepanjang hari.

Laxner merekomendasikan memulai dengan sesuatu yang sederhana seperti berjalan-jalan di sekitar rumah selama beberapa menit.

“Ini akan menghangatkan otot-otot yang menopang tulang belakang Anda (seperti fleksor pinggul dan glutes) sebelum Anda memulai hari,” katanya.

Suhu hangat dapat meningkatkan aliran darah, mengendurkan otot, dan meningkatkan tonus otot, sehingga dapat mengurangi nyeri dan kekakuan punggung.

Itu sebabnya Laxner merekomendasikan penggunaan bantal pemanas pada nyeri punggung selama 15 hingga 20 menit, sebaiknya dua kali sehari.

Selain itu, Anda juga bisa mandi air panas, duduk di sauna atau ruang uap, atau menggunakan botol air panas. Perlakuan panas ini dapat digunakan semaksimal mungkin, namun tidak terlalu banyak.

Jika Anda menderita sakit punggung, coba terapkan langkah-langkah berikut ini, terutama pada waktu terbaik, yaitu sebelum tidur.

“Akhir hari biasanya adalah saat Anda merasa paling sakit setelah apa yang Anda lakukan sepanjang hari,” kata Laxner.

Terakhir, perhatikan posisi tidur. Hindari tidur tengkurap karena dapat menyebabkan tekanan pada ligamen dan cakram.

“Lebih baik tidur miring dengan kaki rapat, dan gunakan bantal di antara kedua lutut, ini akan menyelaraskan tulang belakang, panggul, dan pinggul, serta mengurangi tekanan pada punggung,” kata William Kemp, MD, ahli bedah saraf di The Virginia Spine Institute. , memberitahu DIRI. 

Jika Anda harus tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut untuk mengistirahatkan otot.

Sakit punggung mungkin tidak hilang begitu saja, jadi cobalah menerapkan tips berikut dan hindari pemicu yang diketahui. Jagalah agar tubuh Anda tetap bergerak setiap hari.

Namun jika nyerinya sangat parah atau disertai gejala lain seperti lemas, pusing, atau kesemutan pada salah satu atau kedua kaki, segera temui dokter.

happy Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Cara Mudah Redakan Sakit Punggung
Happy
0 %
sad Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Cara Mudah Redakan Sakit Punggung
Sad
0 %
excited Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Cara Mudah Redakan Sakit Punggung
Excited
0 %
sleepy Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Cara Mudah Redakan Sakit Punggung
Sleepy
0 %
angry Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Cara Mudah Redakan Sakit Punggung
Angry
0 %
surprise Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Cara Mudah Redakan Sakit Punggung
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D