Didesak DPR Tambah Diskon Tarif Tol, Ini Kata Menteri Basuki

0 0
Read Time:2 Minute, 43 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan hal itu menanggapi permintaan anggota Komite V Fraksi PKS untuk memberikan tambahan subsidi diskon tarif tol mudik Lebaran 2024. DPR, Sigit Sosiantomo, menaikkan diskon menjadi 50 persen.

Saya kira tidak ada subsidi, kata Basuki, Selasa (2/4/2024) usai rapat kerja persiapan bersama Komisi V DPR untuk pulang kampung.

Dalam perjalanan mudik pada libur kali ini, beberapa ruas tol besar akan memberikan potongan harga tol yang ditetapkan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mudik, yakni sekitar 20-35 persen. Sigit kembali ngotot menaikkan potongan uang tunai dari pemerintah sebesar 30 persen agar total imbal hasil BUJT dan negara menjadi 50 persen.

“Pertama, perusahaan yang berinisiatif memberikan diskon tol itu menteri. Apakah menteri yang berinisiatif memberikan diskon sampai 50 persen? Badan Usaha Jalan Tol (BGT) sudah diminta.” PU sendiri mendapat diskon dari Menteri Pekerjaan Umum,” kata Sigit.

SIGIT menilai negara dan BUJT mendapat manfaat dari penerapan tarif normal selama ini. Jadi, tak ada salahnya diskon hingga 50 persen di rumah pada liburan kali ini. 

Sigit juga membandingkan penerapan tarif gratis liburan yang dilakukan pemerintah Malaysia dengan kebutuhan pemerintah Indonesia untuk mengadopsinya.

“Dalam kondisi normal, kalaupun lewat Sikampek 5 juta, dari tol kota 5 juta, setiap hari 3 juta hingga 4 juta mobil datang ke Jagorvi, itu sudah memberikan keuntungan besar bagi negara atau anggaran ini. Oleh karena itu, Menteri Dalam Negeri Dr. “Masa hilang tarif gratis Malaysia di hari raya Idul Fitri,” ujarnya.

Heidi Rahadian, Direktur Jenderal Bina Marga (Dirgen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mengatakan berbagai pertimbangan dilakukan untuk menerapkan tarif tol preferensi tersebut. Selain pengaturan lalu lintas, kegiatan keagamaan dan sosial juga dikecualikan dari tol.

“Iya, mereka memberikan kebahagiaan 20 persen kepada masyarakat yang mudik setelah puasa, itu program keagamaan, itu fungsi sosial, tapi juga fungsi pengaturan lalu lintas, jadi sekarang sudah ditetapkan tanggalnya sehingga batu-batu itu ada di jalan. telapak tangan tidak tinggal Dugaan kami akan menjadi puncaknya,” ujarnya.

Penerapan pembebasan tol berbeda-beda pada setiap ruas tol dan Organisasi Perdagangan Jalan Tol (BUJT) yang mengaturnya.

Pertama, diskon 20% untuk Tol Trans Jawa antara lain Tangerang-Merak, Jakarta-Sikampek, Tinggi Jakarta-Sikampek (MBZ), Sikopo-Palimanan, Palimanan-Kansi, Kansi-Pejagan pertama Tol Trans Jawa. , Tol Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, ABC Semarang dan Tol Jombang-Mojokarto.

Sedangkan Tol Trans Sumatera yang memiliki tol 20 persen terletak di Tol Indralaya-Prabumilih dan Terbangi Besar-Pematang Pangang-Kayu Agung.

“Kami sebutkan tersendiri karena masing-masing juga punya BUJT masing-masing. Mulai pukul 05.00 WIB hingga 05.00 WIB pada masa mudik 3 April 2024 dan masa mudik 17 April 2024 pukul 05.00 hingga 05.00 WIB. 19 Ini bulan April. Komisi V kata Basuki dalam rapat kerja persiapan bersama DPR RI, Selasa (2/4/2024).

Basuki juga mengatakan, ada diskon tol bersyarat sebesar 14 hingga 35% dari BUJT untuk tol Krion-Legundi-Bander. Untuk kendaraan selain golongan I dengan rincian sebagai berikut: Golongan III dan III tarif 14 persen serta golongan IV dan V tarif 35 persen, untuk jangka waktu 17 hari terhitung tanggal 3 April sampai dengan tanggal 19 April 2024.

“Diskon tarif ini berlaku untuk transaksi nontunai dengan saldo e-card mencukupi. Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat memiliki saldo e-card yang cukup selama bepergian,” ujarnya.

happy Didesak DPR Tambah Diskon Tarif Tol, Ini Kata Menteri Basuki
Happy
0 %
sad Didesak DPR Tambah Diskon Tarif Tol, Ini Kata Menteri Basuki
Sad
0 %
excited Didesak DPR Tambah Diskon Tarif Tol, Ini Kata Menteri Basuki
Excited
0 %
sleepy Didesak DPR Tambah Diskon Tarif Tol, Ini Kata Menteri Basuki
Sleepy
0 %
angry Didesak DPR Tambah Diskon Tarif Tol, Ini Kata Menteri Basuki
Angry
0 %
surprise Didesak DPR Tambah Diskon Tarif Tol, Ini Kata Menteri Basuki
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D