Raih Oscar Visual Efek Terbaik, Godzilla Minus One Punya Anggaran Produksi Terendah

0 0
Read Time:3 Minute, 56 Second

gospelangolano.com, Jakarta Godzilla: Minus One merupakan film yang memiliki pengaruh tersendiri dalam dunia film klasik Jepang. Film ini mengambil latar di Jepang modern, di mana Godzilla telah menjadi ikon populer. Namun, yang membedakan film ini adalah desakannya untuk memperkenalkan aspek yang jarang dieksplorasi dalam cerita monster sebelumnya.

Dalam Godzilla: Minus One, penonton bisa melihat monster, terutama Godzilla sendiri. Melalui kamera yang dipasang di tubuh Godzilla, penonton bisa melihat dunia dari sudut pandang monster tersebut. Memberikan perspektif baru dalam menyaksikan pertarungan monster yang biasanya dilihat dari sudut pandang manusia. Dengan pendekatan ini, penonton dapat lebih merasakan besarnya dan ketakutan Godzilla dalam skala pribadi.

Secara visual, Godzilla: Minus One juga menghadirkan pengalaman mengesankan. Efek khusus yang digunakan untuk menciptakan dunia monster yang hidup dan dinamis berhasil memberikan pertarungan spektakuler antara Godzilla dan monster lainnya. Setiap adegan pertarungan dihadirkan dengan sangat detail sehingga membuat penonton terkesima dengan aksi yang ditampilkan.

Bahkan, kemarin film tersebut berhasil meraih Academy Awards 2024 sebagai film yang paling banyak ditonton.

Namun banyak rumor mengenai anggaran produksi Godzilla Minus One sebesar $15 juta, bertolak belakang dengan model Hollywood yang kurang dari seratus juta dolar, namun tetap memiliki efek visual yang mengesankan, lapor IGN com, Selasa (12/03/2024). )

Perdebatan ini semakin populer, sejak film ini meraih Oscar mengalahkan rivalnya seperti Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan Misi: Mustahil – Rencana Mematikan.

Godzilla tidak hanya menjadi film pertama yang memenangkan Oscar, dan yang pertama untuk film Jepang, namun sejarah produksinya cukup mengesankan dibandingkan dengan pemenang sebelumnya dalam kategori tersebut.

Sutradara film Takashi Yamazaki tidak membeberkan angka pasti anggaran Godzilla Minus One, namun dipastikan biaya film dengan departemen seni visual 35 orang itu berkisar antara 10 juta hingga 15 juta dolar.

Film terakhir yang memenangkan Oscar visual dengan anggaran yang sama dengan Godzilla Minus One adalah Ex Machina tahun 2015 karya Alex Garland, yang juga memiliki anggaran sebesar $15 juta.

Namun hal tersebut belum cukup untuk menyamai pencapaian Godzilla Minus One karena Ex Machina adalah anomali dan ada yang bilang nilai produksinya lebih besar lagi.

Semua pemenang lain dalam kategori ini bernilai setidaknya empat kali lipat dari film ini, dan pemenang terendah berikutnya di Oscar 2018, First Man, berharga sekitar $60 juta.

Di bidang seni rupa lainnya, film peraih Oscar bernilai ratusan juta dolar. Termasuk Avatar: The Last Airbender tahun 2023, hit terakhir sebelum Godzilla Minus One, dilaporkan memiliki anggaran produksi sebesar $350-400 juta.

Itu pertanyaan besar, apalagi mengingat betapa bagusnya penampilan Godzilla Minus One. Para penggemar mengatakan film tersebut terlihat setara (atau lebih baik dari) sebagian besar film Marvel dan DC pada tahun lalu, yang biasanya memiliki anggaran antara $150 juta dan $300 juta.

Perlu dicatat bahwa meskipun anggaran $15 juta belum diungkapkan sepenuhnya, visual Godzilla Minus One ada juga kekhawatiran bahwa dia bekerja terlalu keras dan dibayar terlalu tinggi. Kekhawatiran ini semakin besar karena kondisi kerja yang buruk merupakan hal biasa di industri seni visual, IGN.com melaporkan.

Namun, Yamazaki menampik klaim bahwa mereka terlalu banyak bekerja, dengan mencatat seberapa baik kinerja Godzilla Minus One selama delapan bulan produksinya berjalan.

“Tidak banyak downtime,” kata Yamazaki melalui IGN.

Yamazaki juga menjelaskan bahwa film Jepang cenderung memiliki anggaran yang lebih rendah dibandingkan film AS (Godzilla Minus One adalah film pertama dari studio non-AS yang memenangkan Oscar dalam beberapa tahun terakhir). “Jadi kami dilatih untuk bekerja dengan batasan anggaran yang kecil dalam hal VFX,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa studio AS seperti Marvel sering menjual proyek khusus kepada klien pihak ketiga, yang dikeluhkan oleh beberapa showrunner, sehingga menyebabkan banyak pengerjaan ulang dan membuang banyak waktu produksi. melalui banyak revisi.

“Pengalihdayaan ke pihak lain membutuhkan waktu dan uang. Kami akan terus melakukannya sendiri,” kata Yamazaki kepada Vulture. “Ini adalah cara kerja terbaik dan paling efisien, namun bukan berarti kita tidak memiliki sumber daya dari luar yang kita gunakan.”

Pembicaraan tentang kisah produksi rendah Godzilla Minus One hanya membuktikan bahwa itu semua tergantung pada seberapa baik bioskop menggunakan strategi yang baik dalam membuat filmnya, terutama karena uang Hollywood terus bertambah.

Menurut Collider.com, film ini membawa pulang banyak penghargaan di Japan Academy Awards Jumat lalu, dua hari sebelum Academy Awards.

Film Jepang tahun lalu Godzilla Minus One memenangkan Film Terbaik bersama tujuh penghargaan lainnya.

Kemenangan besar lainnya termasuk Skenario Terbaik (Takashi Yamazaki), Aktris Pendukung Terbaik (Sakura Ando), Sinematografi Terbaik (Kozo Shibasaki) dan Penyuntingan Terbaik (Ryuji Miyajima).

Film epik ini juga memenangkan Best Lighting, Best Art Design, dan Best Sound. Mengingat totalnya ada 12 sektor, ini merupakan angka keuntungan yang mengesankan.

Hal ini sangat kontras dengan Oscar yang hanya dinominasikan untuk Efek Visual Terbaik, sebuah kategori yang dirasa sangat mengecewakan. Inilah Godzilla Minus One yang mengagumkan. Prestasi itu juga mengungguli masuknya kembali Toho pada tahun 2017 ke dalam seri Shin Godzilla, yang memenangkan tujuh penghargaan. Ini juga termasuk gambar terbaik.

happy Raih Oscar Visual Efek Terbaik, Godzilla Minus One Punya Anggaran Produksi Terendah
Happy
0 %
sad Raih Oscar Visual Efek Terbaik, Godzilla Minus One Punya Anggaran Produksi Terendah
Sad
0 %
excited Raih Oscar Visual Efek Terbaik, Godzilla Minus One Punya Anggaran Produksi Terendah
Excited
0 %
sleepy Raih Oscar Visual Efek Terbaik, Godzilla Minus One Punya Anggaran Produksi Terendah
Sleepy
0 %
angry Raih Oscar Visual Efek Terbaik, Godzilla Minus One Punya Anggaran Produksi Terendah
Angry
0 %
surprise Raih Oscar Visual Efek Terbaik, Godzilla Minus One Punya Anggaran Produksi Terendah
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D