Kemensos Buka Rekrutmen 40.839 Formasi CASN 2024, Ini Rinciannya

0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyetujui usulan pembinaan calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 di lingkup Kementerian Masyarakat (Kemensos). Tahun ini, Kemensos akan membuka rekrutmen 40.839 organisasi CASN.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menjelaskan, pembentukan CASN 2024 yang dicanangkan pada tahun ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas dan pemerataan akses layanan publik di Indonesia.

Anas dikutip Antara, Sabtu (20 April 2024), mengatakan: “Mudah-mudahan formasi ini bisa memacu kegiatan yang efektif. Lebih dari 40 ribu formasi sudah kami serahkan ke Kemensos di CASN tahun ini”.

Ke-40.839 struktur tersebut meliputi 266 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 40.573 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Secara spesifik, penempatan yang diharapkan adalah tenaga teknis CPNS sebanyak 125 orang, tenaga teknis CPNS sebanyak 141 orang, tenaga teknis PPPK sebanyak 40.508 orang, dan tenaga medis PPPK sebanyak 65 orang.

Menurut Anas yang juga mantan Bupati Banyuwangi, rekrutmen ini diharapkan dapat memberikan peluang besar bagi pegawai honorer/non-ASN di Kementerian Sosial untuk mengabdi pada negara.

 

Ia berharap kali ini juga menjadi penggerak untuk mendorong Kementerian Sosial agar dapat bekerja lebih efektif, khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Dibutuhkan lebih banyak petugas

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini menjadi Kementerian PANRB karena membuka kesempatan bagi anak-anak di seluruh tanah air untuk mengabdi di fasilitas yang dipimpinnya.

Mantan Wali Kota Surabaya ini berharap rekrutmen ini dapat meningkatkan kinerja Kementerian Sosial ke depan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Menteri PANRB karena kebutuhan sumber daya manusia di Kementerian Sosial insya Allah dapat terpenuhi karena kita membutuhkan banyak petugas, terutama di bidang teknis dan juga di bidang medis,” tutupnya. Risma.

Sebelumnya, Pemerintah segera membuka pendaftaran seleksi calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) 2024, baik CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Rencananya, masa rekrutmen ini akan dibuka tiga kali dalam setahun.

Meski begitu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengingatkan, peserta hanya bisa mendaftar pada salah satu saja. Jika ada peluang yang masuk tetapi tidak dilewati, maka peluang tahun ini otomatis hangus.

“Pilihannya ada tiga, tapi masyarakat hanya bisa mendaftar satu saja. Kalau tidak lolos opsi ini, mereka tidak bisa (tidak bisa),” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Penerangan dan Komunikasi, Jakarta. , Selasa. (19 Maret 2024).

“Pada dasarnya kalau sudah mengikuti satu tahap, tidak bisa ikut lagi di tahap berikutnya,” kata Haryomo.

Soal jadwal, seleksi CPNS dan PPPK tahap pertama 2024 rencananya akan digelar April mendatang untuk penerimaan resmi sekolah.

Kemudian dilanjutkan seleksi CASN Pemerintah pada Juni 2024. Kemudian dilanjutkan seleksi CPNS dan PPPK khusus pembentukan pemerintahan daerah pada September 2024.

 

“Yang pasti pelamarnya nanti akan diseleksi. Jika dia ingin mengikuti opsi layanan, dia harus siap pada bulan April. Tapi kalau mau otoritas pusat, maka otoritas pusat dulu, yakni Juni. Kalau di kantor wilayah bulan September,” jelasnya.

Haryomo sendiri belum bisa menentukan jumlah maksimal squad yang akan dibuka. Dia memastikan pemerintah akan memprioritaskan pelatihan di bidang pendidikan dan kesehatan pada tahun ini.

“Lembaga di daerah paling banyak, terutama guru dan tenaga medis. Prioritas selama ini masih kesehatan dan pendidikan, guru dan tenaga medis. Itu prioritas CPNS dan PPPK,” ujarnya.

happy Kemensos Buka Rekrutmen 40.839 Formasi CASN 2024, Ini Rinciannya
Happy
0 %
sad Kemensos Buka Rekrutmen 40.839 Formasi CASN 2024, Ini Rinciannya
Sad
0 %
excited Kemensos Buka Rekrutmen 40.839 Formasi CASN 2024, Ini Rinciannya
Excited
0 %
sleepy Kemensos Buka Rekrutmen 40.839 Formasi CASN 2024, Ini Rinciannya
Sleepy
0 %
angry Kemensos Buka Rekrutmen 40.839 Formasi CASN 2024, Ini Rinciannya
Angry
0 %
surprise Kemensos Buka Rekrutmen 40.839 Formasi CASN 2024, Ini Rinciannya
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D