BMKG: Hujan Badai Berpotensi Terjang Mayoritas Daerah, Ini Daftarnya

0 0
Read Time:56 Second

gospelangolano.com, JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan badai yang akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia pada Jumat (29/3/2024), yakni hujan disertai kilat dan petir disertai angin kencang. Berdasarkan laman resmi BMKG, wilayah rawan hujan badai adalah Sumatera Barat, Riau, Benkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Hujan badai juga akan melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat. Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG, mengatakan potensi cuaca ekstrem dapat menyebabkan peningkatan kejadian bencana di banyak daerah akibat intervensi tiga bibit siklon tropis secara bersamaan.

Tiga bibit siklon tropis total 91S, 94S dan 93P teramati di sekitar Samudera Hindia, Laut Timor, dan Laut Austral di selatan Jawa, mengindikasikan adanya dampak terhadap peningkatan curah hujan di wilayah selatan Indonesia.

Dia mengingatkan penyedia transportasi darat, laut, dan udara untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem saat proses mudik lebaran. “Kami mengimbau kepada seluruh pelaku perjalanan, penyedia jasa angkutan, dan operator angkutan untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca buruk pada arus mudik,” ujarnya.

 

happy BMKG: Hujan Badai Berpotensi Terjang Mayoritas Daerah, Ini Daftarnya
Happy
0 %
sad BMKG: Hujan Badai Berpotensi Terjang Mayoritas Daerah, Ini Daftarnya
Sad
0 %
excited BMKG: Hujan Badai Berpotensi Terjang Mayoritas Daerah, Ini Daftarnya
Excited
0 %
sleepy BMKG: Hujan Badai Berpotensi Terjang Mayoritas Daerah, Ini Daftarnya
Sleepy
0 %
angry BMKG: Hujan Badai Berpotensi Terjang Mayoritas Daerah, Ini Daftarnya
Angry
0 %
surprise BMKG: Hujan Badai Berpotensi Terjang Mayoritas Daerah, Ini Daftarnya
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D