Warna Darah Menstruasi Bisa Tunjukkan Kesehatan Perempuan, Ini Artinya Jika Darah Haid Berwarna Hitam

0 0
Read Time:4 Minute, 9 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Tahukah Anda kalau warna darah menstruasi bisa menandakan kesehatan seorang wanita?

Merah cerah bukan satu-satunya warna darah menstruasi. Darah berwarna merah tua atau merah muda mungkin terlihat saat menstruasi. Darah menstruasi bahkan bisa berwarna hitam, oranye, hijau, abu-abu, atau coklat karena berbagai alasan, mulai dari awal kehamilan hingga infeksi dan banyak lagi.

Saat menstruasi, tubuh mengeluarkan jaringan dan darah dari rahim melalui vagina. Keluarnya darah ini bisa bervariasi, mulai dari merah cerah hingga coklat tua atau hitam tergantung usia darah. Darah yang bertahan cukup lama di dalam rahim akan bereaksi dengan oksigen (teroksidasi). Darah yang teroksidasi akan berwarna lebih gelap.

Perubahan hormonal dan kondisi kesehatan juga dapat mempengaruhi warna dan tekstur darah menstruasi. Hitam

Menurut Medical News Today, darah hitam bisa muncul di awal atau akhir menstruasi seseorang. Warna ini biasanya menunjukkan darah tua atau darah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari rahim dan sempat teroksidasi, mula-mula berubah menjadi coklat atau merah tua dan akhirnya menjadi hitam.

Darah haid yang berwarna hitam terkadang juga bisa menandakan adanya penyumbatan pada vagina seseorang. Gejala lain dari penyumbatan vagina mungkin termasuk: keluarnya cairan berbau busuk, demam, kesulitan buang air kecil, gatal atau bengkak di dalam atau sekitar vagina

Seperti halnya darah hitam, darah haid berwarna coklat atau merah tua merupakan tanda darah tua dan bisa muncul di awal atau akhir haid. Darah berwarna coklat atau merah tua tidak teroksidasi selama darah hitam dan dapat muncul dalam berbagai warna.

Kehamilan

Darah menstruasi berwarna coklat atau bercak berwarna serupa terkadang juga bisa menjadi tanda awal kehamilan, yang oleh dokter disebut sebagai pendarahan implantasi.

Keluarnya cairan berwarna coklat atau bercak selama kehamilan mungkin mengindikasikan keguguran atau kehamilan ektopik, ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada saluran tuba, bukan pada rahim. Bagi wanita yang mengalami flek atau pendarahan pada vagina saat hamil, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis kandungan.

Lokia 

Keputihan berwarna merah tua atau coklat yang terjadi setelah melahirkan merupakan lokia atau perdarahan pasca melahirkan. Lochia tidak perlu dikhawatirkan dan merupakan cara tubuh mengeluarkan kelebihan darah dan jaringan dari rahim.

Lochia biasanya dimulai dengan darah berwarna merah cerah dan kemudian menjadi gelap seiring dengan menurunnya aliran darah. Seiring waktu, tinja akan menjadi lebih terang dalam warna dan kuantitas.

Durasi lokia bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya, tetapi biasanya hilang dalam beberapa bulan pertama setelah melahirkan. Wanita yang mengalami pendarahan hebat setelah melahirkan sebaiknya menemui dokter.

Tidak semua wanita mengalami lokia setelah melahirkan. Wanita juga mungkin mengalami menstruasi tidak teratur setelah melahirkan karena perubahan kadar hormon.

Darah berwarna merah cerah menandakan darah segar dan alirannya lancar. Menstruasi mungkin dimulai dengan pendarahan berwarna merah cerah dan menjadi gelap menjelang akhir menstruasi. Pada beberapa orang, darah mungkin tetap berwarna merah cerah saat menstruasi.

Bercak atau pendarahan yang tidak normal di antara siklus menstruasi bisa menjadi tanda infeksi menular seksual seperti klamidia atau gonore. Pertumbuhan pada lapisan rahim yang disebut polip atau fibroid juga dapat menyebabkan pendarahan hebat.

Jarang terjadi, pendarahan berwarna merah cerah bisa menjadi tanda kanker serviks. Gejala lain dari kanker serviks meliputi: menstruasi lebih berat yang berlangsung lebih lama dari biasanya, pendarahan setelah berhubungan intim, keputihan berbau busuk, nyeri di punggung bagian bawah, panggul, atau kaki, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Berwarna merah muda 

Darah berwarna merah muda atau flek merah muda bisa terjadi ketika darah menstruasi bercampur dengan cairan serviks.

Penggunaan alat kontrasepsi hormonal dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh sehingga menyebabkan darah menjadi lebih sedikit berwarna merah muda saat menstruasi.

Hubungan intim dapat menyebabkan robekan kecil pada vagina atau leher rahim. Darah dari air mata ini dapat bercampur dengan cairan vagina dan keluar dari tubuh dalam bentuk cairan berwarna merah muda.

Penyebab lain darah menstruasi berwarna merah muda dapat berupa: penurunan berat badan yang signifikan, anemia pola makan yang tidak sehat

Kehamilan

Selama kehamilan, keluarnya cairan berwarna merah muda yang mengandung jaringan dan terjadi bersamaan dengan kram dapat mengindikasikan keguguran. Penting bagi wanita yang mengalami pendarahan vagina saat hamil untuk memeriksakan diri ke dokter atau dokter spesialis kandungan.

Darah bercampur cairan serviks juga bisa berwarna oranye.

Keluarnya darah atau warna oranye mungkin mengindikasikan infeksi seperti bakterial vaginosis atau trikomoniasis. Orang dengan darah oranye harus memeriksa gejala lain, seperti vagina gatal, rasa tidak nyaman, dan keputihan berbau busuk.

Meski keluarnya darah atau warna oranye tidak selalu merupakan tanda infeksi, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter atau dokter spesialis kandungan untuk melakukan pemeriksaan.

Abu-abu

Keputihan berwarna abu-abu biasanya merupakan tanda bakterial vaginosis, suatu kondisi yang terjadi ketika vagina tidak seimbang antara bakteri baik dan jahat.

Gejala lain dari vaginosis bakterial antara lain: gatal di dalam dan sekitar vagina, bau tidak sedap dari vagina yang sering digambarkan orang sebagai sensasi terbakar “amis”, atau nyeri saat buang air kecil.

Orang dengan gejala vaginosis bakterialis sebaiknya menemui dokter atau dokter kandungan. Dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk mengatasi bakterial vaginosis.

Kehamilan

Pada tahap akhir kehamilan, keluarnya cairan berwarna abu-abu yang mengandung gumpalan mungkin mengindikasikan keguguran. Wanita yang mengalami pendarahan saat hamil sebaiknya memeriksakan diri ke dokter atau dokter spesialis kandungan.

happy Warna Darah Menstruasi Bisa Tunjukkan Kesehatan Perempuan, Ini Artinya Jika Darah Haid Berwarna Hitam
Happy
0 %
sad Warna Darah Menstruasi Bisa Tunjukkan Kesehatan Perempuan, Ini Artinya Jika Darah Haid Berwarna Hitam
Sad
0 %
excited Warna Darah Menstruasi Bisa Tunjukkan Kesehatan Perempuan, Ini Artinya Jika Darah Haid Berwarna Hitam
Excited
0 %
sleepy Warna Darah Menstruasi Bisa Tunjukkan Kesehatan Perempuan, Ini Artinya Jika Darah Haid Berwarna Hitam
Sleepy
0 %
angry Warna Darah Menstruasi Bisa Tunjukkan Kesehatan Perempuan, Ini Artinya Jika Darah Haid Berwarna Hitam
Angry
0 %
surprise Warna Darah Menstruasi Bisa Tunjukkan Kesehatan Perempuan, Ini Artinya Jika Darah Haid Berwarna Hitam
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D