Tips Amankan Kartu SIM yang Kini Jadi Bagian dari Identitas Digital

0 0
Read Time:2 Minute, 48 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Nomor telepon kini menjadi identitas penting bagi konsumen. Nomor telepon kini bukan sekadar nomor kontak untuk menghubungi kita, namun sudah menjadi identitas pribadi dan akses penting terhadap berbagai layanan digital mulai dari media sosial hingga aplikasi perbankan.

Inilah sebabnya mengapa penting bagi kami untuk selalu menghilangkan nomor telepon, yang dapat menyebabkan masalah keamanan yang signifikan bagi pemiliknya.

Laporan Digital Global Kepios tahun 2024 menunjukkan bahwa saat ini terdapat 5,65 miliar pelanggan telepon seluler di seluruh dunia.

Angka ini menunjukkan mayoritas penduduk dunia memiliki setidaknya satu nomor telepon dan terus bertambah.

Pakar Kaspersky juga menyoroti risiko dan tanggung jawab yang terkait dengan pengelolaan saluran telepon dan menekankan perlunya kesadaran dan perlindungan yang dapat digunakan dalam situasi di mana nomor telepon dapat disusupi. 1. Jika telepon dan kartu SIM

Jika smartphone hilang atau dicuri beserta kartu SIM-nya, hal tersebut bisa berbahaya. Pasalnya, situasi ini berisiko terhadap keamanan digital pemiliknya.

Pasalnya, kartu SIM bisa dipindahkan ke ponsel lain. Selain itu, akun pribadi yang ditautkan ke nomor telepon tanpa kata sandi rentan terhadap penggunaan tidak sah.

Jika Anda mengalami kasus seperti itu, Anda perlu menghubungi penyedia layanan Anda untuk menonaktifkan kartu SIM.

Bila kartu SIM terkunci, kartu SIM baru harus dibuat dengan nomor telepon yang sama. Untuk pengguna eSIM, prosesnya dimulai dengan menghubungi penyedia layanan untuk mengeluarkan kartu SIM dari perangkat yang hilang dan mengatur ulang pengaturan koneksi telepon.

Seringkali operator seluler memproses nomor lama setelah jangka waktu tertentu dan kemudian menjual nomor lama tersebut ke pelanggan lain.

Jika akun yang terkait dengan nomor ini tidak ditransfer, pemilik baru dapat mengaksesnya dan mengkompromikan informasi pribadi.

Untuk itu, pengguna disarankan untuk tidak terburu-buru jika ingin mengganti kartunya. Caranya adalah dengan memasang kabel baru dan tetap mengaktifkan kabel lama.

Periode tumpang tindih ini penting agar akun dapat dipisahkan dengan lancar dari edisi sebelumnya.

Anda dapat menggunakan pengelola kata sandi karena ini akan mengidentifikasi layanan apa pun yang menggunakan nomor telepon sebagai login.

Selain itu, penting untuk memeriksa riwayat pesan teks yang masuk untuk mengetahui kode konfirmasi, yang dapat memberikan petunjuk tentang layanan yang perlu diperbarui.

Penipuan peniruan identitas dimulai ketika penipu mengumpulkan informasi pribadi yang cukup untuk menyamar sebagai seseorang. Penipu memperoleh informasi melalui penipuan atau penipuan.

Penipuan ini dilakukan dengan mengirimkan email palsu yang tampaknya berasal dari penyedia layanan seluler asli dan meminta informasi pribadi dari situs web palsu.

Adapun penipuannya, penipu melakukan panggilan palsu dari operator untuk menyerahkan informasi sensitif korban.

Setelah mendapatkan nama, alamat, dan nomor media sosial, penipu mengizinkan operator seluler mengubah nomor telepon ke kartu SIM baru yang dikelola penipu.

Hal ini memungkinkan penipu mengakses informasi seperti kode OTP. Penipu juga dapat menggunakan akun keuangan dan pribadi.

Korban biasanya tidak menyadari bahwa mereka telah menjadi korban sampai mereka kehilangan layanan telepon atau melihat aktivitas aneh di akun mereka.

 

Pengguna juga disarankan untuk berhati-hati terhadap email dan panggilan telepon yang meminta informasi pribadi atau meminta tindakan segera.

Periksa panggilan mencurigakan dengan menghubungi penyedia layanan melalui saluran resmi. Jika Anda mengetahui kartu SIM telah diganti, segera hubungi operator.

Ingatlah untuk menambahkan kode PIN atau kata sandi untuk perubahan akun.

Analis konten web Kaspersky Anna Larkina menunjukkan bahwa nomor telepon telah menjadi identitas pribadi yang sama pentingnya dengan sidik jari digital.

“Penting untuk melakukan pendekatan keamanan dengan sangat hati-hati. Kami menyadari risiko dan kemungkinan bahaya penyalahgunaan, kami dapat melindungi diri dari stres dan kerugian besar,” kata Larkin.

(Timah)

 

happy Tips Amankan Kartu SIM yang Kini Jadi Bagian dari Identitas Digital
Happy
0 %
sad Tips Amankan Kartu SIM yang Kini Jadi Bagian dari Identitas Digital
Sad
0 %
excited Tips Amankan Kartu SIM yang Kini Jadi Bagian dari Identitas Digital
Excited
0 %
sleepy Tips Amankan Kartu SIM yang Kini Jadi Bagian dari Identitas Digital
Sleepy
0 %
angry Tips Amankan Kartu SIM yang Kini Jadi Bagian dari Identitas Digital
Angry
0 %
surprise Tips Amankan Kartu SIM yang Kini Jadi Bagian dari Identitas Digital
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D