HEADLINE: Kemenhub Keluarkan Aturan Koper Pintar Masuk Pesawat, Berpotensi Meledak?

0 0
Read Time:5 Minute, 48 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Di tengah naik turunnya media sosial terkait larangan smartbag yang dilengkapi baterai lithium di kabin pesawat, Kementerian Perhubungan (CommonHub) akhirnya mengeluarkan aturan untuk perangkat tersebut.

Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 02 Tahun 2023 tentang Tindakan Pencegahan Baterai Lithium dan Peralatan yang Membawa Baterai Lithium Sebagai Bagasi Bagi Penumpang dan/atau Awak Pesawat.

Berikut adalah beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh penumpang maskapai penerbangan yang membawa bagasi pintar dengan baterai litium. Penumpang tidak diperbolehkan membawa bagasi dengan baterai litium yang tidak dapat dilepas dengan logam litium lebih dari 0,3 gram atau kapasitas lebih dari 2,7 watt-jam. Penumpang boleh membawa baterai litium yang tidak dapat dilepas yang mengandung logam litium kurang dari 0,3 gram atau litium-ion kurang dari 2,7 Wh. Oleh karena itu, untuk dapat masuk ke dalam kabin atau bagasi terdaftar, berat dan dimensi bagasi harus sesuai dengan ketentuan pihak maskapai. Bagasi dengan baterai litium yang dapat dilepas harus dikeluarkan saat check-in dan baterainya harus dibawa ke dalam kabin. Asalkan kapasitas baterainya kurang dari 100 Wh. Berat dan dimensi bagasi yang termasuk dalam kabin atau bagasi yang diantarkan sesuai dengan peraturan perusahaan penerbangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kristi Ande Moreni mengatakan, peraturan di atas disusun berdasarkan peraturan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (31/1/2024), Christie mengatakan, “Tentunya regulasi yang kami terapkan juga berdasarkan regulasi Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Ia menambahkan, melalui peraturan tersebut, pihaknya ingin memastikan pengguna dapat memanfaatkan seluruh fitur canggih yang ada pada smartbag tanpa melanggar peraturan yang ada.

Kemungkinan bahaya bagasi pintar dengan baterai litium

Jadi, seberapa berbahayanya koper pintar berbahan baterai litium yang mendorong DOT mengeluarkan arahan ini?

Sekadar informasi, Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) sebenarnya telah melarang bagasi pintar dan/atau perangkat elektronik dengan baterai litium terintegrasi di dalam pesawat sejak tahun 2017.

Dalam keterangannya yang dikutip gospelangolano.com, IATA menjelaskan bahwa Dangerous Goods Board memutuskan untuk membatasi pengangkutan tas pintar di pesawat penumpang yang dioperasikan oleh 275 maskapai anggotanya di seluruh dunia. Pembatasan ini mulai berlaku pada 15 Januari 2018.

Ketentuan tersebut menyoroti kekhawatiran terhadap bahaya kebakaran baterai lithium, mengingat serangkaian insiden merugikan yang terjadi selama tahun 2017 yang melibatkan perangkat elektronik dengan baterai lithium.

Selain itu, baterai litium juga rentan mengalami panas berlebih. Selama tahun 2017, Federal Aviation Administration (FAA) melaporkan setidaknya terdapat 18 insiden yang melibatkan baterai litium di pesawat terbang dan bandara, dan pada tahun 2016, terdapat 31 insiden.

Jumlah ini meningkat dari 16 insiden pada tahun 2015, sembilan insiden pada tahun 2014, dan delapan insiden pada tahun 2013, menurut Consumerreports.org.

Kasus yang paling mendapat perhatian internasional adalah Samsung Galaxy Note 7, yang dilarang dibawa ke pesawat oleh Departemen Transportasi dan Komunikasi setelah adanya laporan baterai ponsel pintar berasap, terbakar, dan meledak pada tahun 2016.

“Kebakaran baterai sangat berbahaya karena terbakar dengan suhu yang sangat panas, dapat mengeluarkan produk sampingan yang beracun, dan menyala bahkan ketika baterai tampak akan padam,” kata James H., kepala ilmuwan di Consumer Reports. Dickerson, seorang fisikawan dan mantan direktur Departemen Pusat Energi. untuk Nanomaterial Terapan di Laboratorium Nasional Brookhaven.

Profesor Universitas Northeastern dan pelopor desain baterai lithium-ion, K.M. Abraham menjelaskan, baterai litium mengandung bahan kimia yang mudah menguap dan dipisahkan oleh membran permeabel.

Jika membran rusak, atau karena cacat atau kerusakan pada baterai, energi dapat dilepaskan secara tidak terkendali, suatu kondisi yang dikenal sebagai “pelarian termal”.

“Gas yang mudah menguap meningkatkan tekanan di dalam sel. Hal ini dapat menyebabkan baterai pecah dan melepaskan senyawa organik yang mudah menguap yang terbakar jika bersentuhan dengan oksigen di udara,” jelas Abraham.

Di sisi lain, ketika terjadi insiden yang melibatkan baterai litium, pedoman FAA menginstruksikan awak penerbangan untuk menangani kebakaran baterai secara bertahap. Langkah pertama adalah menggunakan Alat Pemadam Halon untuk memadamkan api.

Selanjutnya, penting untuk mendinginkan baterai, yang dapat mencapai suhu 1.000 derajat Fahrenheit (dua kali suhu tertinggi oven rumah). Jika tidak, baterai kemungkinan akan reboot.

FAA menegaskan bahwa cara terbaik untuk mendinginkan baterai yang terbakar adalah dengan air biasa.

Setelah memadamkan api, siram perangkat dengan air atau cairan non-alkohol lainnya untuk mendinginkan perangkat dan mencegah pelepasan energi panas sel baterai berlebih, kata FAA dalam nasihat tertulisnya.

Namun, menurut Dickerson, langkah tersebut bisa menimbulkan risiko tersendiri.

Ia menambahkan, Menuangkan air ke perangkat dapat menimbulkan berbagai risiko buruk, antara lain sengatan listrik hingga keluarnya zat beracun dari baterai.

Sejumlah pakar keamanan mengatakan bahwa ketika menghadapi ledakan atau kebakaran dengan perangkat besar seperti laptop, merendamnya dalam wadah berisi air mungkin merupakan pendekatan yang lebih baik.

Namun, John Cox, seorang pilot veteran dan konsultan keselamatan penerbangan yang berspesialisasi dalam baterai lithium dalam penerbangan, menilai memindahkan baterai yang terbakar bisa sangat berbahaya.

Selain mengeluarkan panas ekstrem, baterai bisa meledak dan melepaskan bahan kimia panas dan lengket yang menempel di kulit, kata Cox.

Penumpang berperan besar dalam mencegah risiko kebakaran pada baterai litium. Langkah pertama adalah mengikuti pedoman FAA untuk membawa baterai cadangan seperti power bank dalam penerbangan.

Selain itu, baterai litium cadangan tidak boleh disimpan di bagasi pesawat, melainkan harus dimasukkan ke dalam tas jinjing yang dibawa di dalam kabin.

Kemudian, perangkat yang memiliki terminal listrik harus dilindungi agar baterai tidak bersentuhan dengan perangkat logam apa pun yang dapat menyebabkan korsleting.

Meskipun FAA tidak mewajibkannya, Cox merekomendasikan untuk memasukkan perangkat apa pun yang memiliki baterai litium ke dalam tas jinjing. Jika baterai terbakar, masalahnya akan segera ditemukan dan diperbaiki.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan jika perangkat bertenaga baterai Anda mulai memanas atau bahkan mengeluarkan asap di dalam pesawat?

Cox menyarankan penumpang untuk segera memberi tahu awak pesawat. Kemudian, jika memungkinkan, dengan tenang menjauhlah dari perangkat yang terbakar dan biarkan awak pesawat melakukan tugasnya.

Sebelumnya, seorang TikToker mengunggah keluh kesahnya setelah pejabat maskapai Citilink melarangnya membawa barang bawaan Airwheel ke dalam pesawat. Dia bisa membawanya ke pesawat seperti sebelumnya.

Pria dalam video TikTok itu pun mengaku kaget karena bagasi Airwheel dilarang masuk ke kabin Citylink pada awal tahun 2024. 2 tahun jadi gak terlalu bosen di bandara karena sering keluar kota, malah sekarang di tahun 2024 sudah dilarang.”

Video pertama menjadi viral dan dilihat lebih dari 360.000 kali. Setelah mengalami overbooked, Citylink menanggapinya dengan mengklaim bahwa penumpang dapat membawa bagasi Luftwaffe dengan syarat tertentu. Febrian membahas kembali topik ini di video lain.

Menurut dia, petugas yang melarangnya saat itu menunjukkan tangkapan layar larangan membawa tas Airville ke dalam kabin, disertai pernyataan bahwa aturan tersebut berlaku untuk semua tas. Bahkan, ia mencoba menjelaskan bahwa kopernya memiliki fitur baterai yang dapat dilepas.

Distributor Bagasi Airwheel di Indonesia, PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk. (Alat) juga menanggapi berita ini. Presiden TOOL, Ronald Hartono Tan, mengklaim produk yang mereka pasarkan telah memenuhi spesifikasi dan sejumlah persyaratan yang ditetapkan oleh International Air Transport Association (IATA) agar layak masuk ke dalam kabin pesawat.

Bisa juga dikatakan bahwa bagasi Airwheel (smart bagasi) memiliki sertifikat keselamatan internasional seperti CE, MSDS, ROHS, UN 38.3, IC, CB, IEC, sehingga keamanan bagasi, kelistrikan dan baterai diakui dengan sertifikat tersebut. Ucapnya dalam keterangan resmi yang diperoleh gospelangolano.com.

happy HEADLINE: Kemenhub Keluarkan Aturan Koper Pintar Masuk Pesawat, Berpotensi Meledak?
Happy
0 %
sad HEADLINE: Kemenhub Keluarkan Aturan Koper Pintar Masuk Pesawat, Berpotensi Meledak?
Sad
0 %
excited HEADLINE: Kemenhub Keluarkan Aturan Koper Pintar Masuk Pesawat, Berpotensi Meledak?
Excited
0 %
sleepy HEADLINE: Kemenhub Keluarkan Aturan Koper Pintar Masuk Pesawat, Berpotensi Meledak?
Sleepy
0 %
angry HEADLINE: Kemenhub Keluarkan Aturan Koper Pintar Masuk Pesawat, Berpotensi Meledak?
Angry
0 %
surprise HEADLINE: Kemenhub Keluarkan Aturan Koper Pintar Masuk Pesawat, Berpotensi Meledak?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D