4 Fakta Nuklir China yang Menggemparkan, Berkembang Paling Cepat di Dunia

0 0
Read Time:2 Minute, 0 Second

Beijing – Banyak fakta terkait pengembangan nuklir China yang menarik untuk diketahui. Saat ini diperkirakan terdapat sekitar 500 pendekar di Negeri Tirai Bambu.

Tiongkok merupakan salah satu negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Mereka adalah salah satu dari sedikit negara yang memiliki senjata nuklir.

Tiongkok dilaporkan telah meningkatkan program pengembangan nuklirnya selama beberapa tahun terakhir. Mereka mampu memproduksi senjata dengan jenis dan jumlah yang lebih banyak dibandingkan negara lain.

Baru-baru ini, sebuah kelompok penelitian internasional menggambarkan perluasan persenjataan nuklir Beijing sebagai yang tercepat di dunia. Lebih lanjut, berikut beberapa fakta pengembangan nuklir China yang bisa Anda ketahui.

Fakta Nuklir Tiongkok1. Diluncurkan pada tahun 1964, pengembangan senjata nuklir Tiongkok telah berlangsung sejak lama. Beijing konon mulai mengembangkannya pada akhir tahun 1950-an dengan bantuan Uni Soviet.

Tak lama setelah produksi pertamanya, Tiongkok melakukan uji coba nuklir pertamanya pada 16 Oktober 1964. Namun, meski memiliki senjata ini, Beijing melihat senjata ini sebagai pertahanan kecil jika ada negara lain yang menyerangnya dengan energi nuklir.

Mengutip laman Inisiatif Ancaman Nuklir, Rabu (19/6/2024), China selalu mengandalkan saran atau bantuan asing sejak awal program nuklirnya. Namun seiring berjalannya waktu mereka bisa mandiri dan terus berkembang.

2. Jumlah senjata nuklir Tiongkok Saat ini, sangat sedikit negara yang diketahui memiliki senjata nuklir. Untungnya, Tiongkok adalah salah satunya.

Menurut data Statista, Tiongkok diperkirakan memiliki 500 senjata nuklir pada Januari 2024. Jumlah ini mungkin masih tertinggal jauh dibandingkan negara lain seperti Amerika Serikat dan Rusia.

Namun ternyata perkembangan nuklir China berlangsung pesat. Kelompok penelitian Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) mengatakan persenjataan nuklir Beijing adalah yang terbesar di dunia.

Jumlah ini akan mencapai 410 hulu ledak pada Januari 2023. Sedangkan pada Januari 2024 akan mencapai 500.

3. Terbanyak ketiga di dunia Seperti disebutkan di atas, China sudah memiliki 500 senjata. Jumlah tersebut menempatkannya sebagai negara dengan jumlah senjata nuklir terbesar ketiga.

Beijing hanya tertinggal dari Amerika Serikat dan Rusia, yang sudah memiliki ribuan tentara. Namun, angka-angka di atas untuk Tiongkok diperkirakan akan meningkat juga.

Baca juga: NATO akan mengerahkan lebih banyak senjata nuklir untuk menghadapi Rusia dan China

4. Dengan menggunakan berbagai senjata selama pengembangannya, Tiongkok telah meningkatkan persenjataan nuklirnya lebih cepat dibandingkan negara lain. Modernisasi menjadi semakin banyak.

Menurut Buletin Ilmuwan Atom, Tiongkok juga menggunakan senjata nuklirnya dalam berbagai jenis senjata. Misalnya rudal balistik darat, rudal balistik antarbenua (ICBM), rudal balistik jarak menengah, dan lain-lain.

Itulah beberapa fakta program nuklir China yang mungkin Anda ketahui.

happy 4 Fakta Nuklir China yang Menggemparkan, Berkembang Paling Cepat di Dunia
Happy
0 %
sad 4 Fakta Nuklir China yang Menggemparkan, Berkembang Paling Cepat di Dunia
Sad
0 %
excited 4 Fakta Nuklir China yang Menggemparkan, Berkembang Paling Cepat di Dunia
Excited
0 %
sleepy 4 Fakta Nuklir China yang Menggemparkan, Berkembang Paling Cepat di Dunia
Sleepy
0 %
angry 4 Fakta Nuklir China yang Menggemparkan, Berkembang Paling Cepat di Dunia
Angry
0 %
surprise 4 Fakta Nuklir China yang Menggemparkan, Berkembang Paling Cepat di Dunia
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D