Donor Darah Aman Dilakukan di Bulan Puasa Ramadhan, Jadi Amalan Sedekah yang Menuai Pahala Besar

0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

gospelangolano.com, Jakarta Ramadhan ini, umat Islam di seluruh dunia mencari cara untuk bertumbuh secara spiritual melalui ibadah dan perbuatan baik. Membagikan dan mendonorkan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan merupakan tindakan yang sangat mulia, namun ada satu keutamaan yang sering terabaikan, yaitu mendonorkan darah.

Arab News melaporkan pada Selasa, 26 Maret 2024, Jika Anda sehat dan tidak menderita masalah kesehatan apa pun, Anda dapat mendonorkan darah dengan aman selama Ramadhan.

Namun, Anda mungkin merasa pusing atau lemas setelah mendonorkan darah.

Dr Amin Hussain Al Amiri, asisten wakil sekretaris praktik medis dan perizinan di kementerian dan ketua Komite Transfusi Darah Nasional UEA, mengatakan umat Islam yang berpuasa dapat dengan aman mendonorkan darahnya kapan saja selama Ramadhan, tetapi waktu terbaik adalah setelah istirahat. dengan cepat mempercepat

“Jika pendonor adalah orang yang sehat dan tidak menderita penyakit tertentu, maka ia dapat mendonorkan darahnya dengan aman saat berpuasa, namun waktu yang dianjurkan untuk mendonorkan darah adalah setelah berbuka puasa atau lemas,” kata Al Amiri kepada Gulf News. 

Al Amiri menambahkan, secara klinis tidak ada perbedaan donor darahnya puasa atau tidak.

Sebuah studi yang dilakukan oleh King Saud University College of Medicine mengungkapkan bahwa 91 persen penduduk Arab Saudi setuju bahwa mendonor darah adalah kewajiban agama. Di sebagian besar aliran pemikiran Islam, mendonor darah tidak berdampak negatif terhadap keutuhan puasa Anda. Padahal, mendonor darah dipandang sebagai amal (sukarela amal) yang pahalanya sangat besar apalagi di bulan suci ini.

“Dia yang menyelamatkan satu nyawa, menyelamatkan nyawa seluruh umat manusia.” Al-Quran 7:189.

Mendonorkan darah mempunyai risiko yang sangat kecil namun memberikan manfaat yang besar, baik secara medis maupun spiritual. Mendonorkan darah tidak hanya membantu individu tetapi juga berkontribusi terhadap tindakan yang bertanggung jawab bagi masyarakat.

Sejak awal pandemi COVID-19, tingkat donor darah global berada pada titik terendah. Meskipun virus ini sebagian besar sudah terkendali, krisis darah yang diakibatkannya mempunyai dampak yang signifikan.

Penurunan jumlah donor darah yang signifikan dapat mengganggu perawatan medis dan dalam kasus yang ekstrim dapat mengancam jiwa.

Korban cedera serius seperti penumpang dalam kecelakaan mobil, pasien yang mengalami komplikasi bedah seperti ibu melahirkan, dan orang dengan kondisi medis seumur hidup seperti anemia, kanker, dan kelainan darah, semuanya bergantung pada donor darah sukarela secara rutin.

Persediaan darah nasional perlu diisi ulang secara teratur untuk memenuhi kebutuhan pasien sehari-hari dan untuk menghadapi keadaan darurat. Satu unit darah yang disumbangkan dapat digunakan untuk menyelamatkan setidaknya tiga nyawa.

Anda dapat mendonorkan darah setiap dua hingga tiga bulan sekali untuk mengisi kembali persediaan zat besi dan trombosit dalam tubuh Anda. Merujuk pada kesehatan, zat besi dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan pengangkutan oksigen ke berbagai bagian tubuh. Namun, terlalu sedikit atau terlalu banyak zat besi dalam darah bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Donor darah berulang kali merupakan salah satu hal yang dapat menguras jumlah zat besi dalam tubuh Anda. Mengurangi kadar zat besi yang tinggi bisa menjadi hal yang baik asalkan jumlahnya terlalu rendah.

Anda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan jantung tambahan dari kadar zat besi yang lebih rendah setelah mendonorkan darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa menurunkan kadar zat besi mengurangi risiko penyakit jantung.

happy Donor Darah Aman Dilakukan di Bulan Puasa Ramadhan, Jadi Amalan Sedekah yang Menuai Pahala Besar
Happy
0 %
sad Donor Darah Aman Dilakukan di Bulan Puasa Ramadhan, Jadi Amalan Sedekah yang Menuai Pahala Besar
Sad
0 %
excited Donor Darah Aman Dilakukan di Bulan Puasa Ramadhan, Jadi Amalan Sedekah yang Menuai Pahala Besar
Excited
0 %
sleepy Donor Darah Aman Dilakukan di Bulan Puasa Ramadhan, Jadi Amalan Sedekah yang Menuai Pahala Besar
Sleepy
0 %
angry Donor Darah Aman Dilakukan di Bulan Puasa Ramadhan, Jadi Amalan Sedekah yang Menuai Pahala Besar
Angry
0 %
surprise Donor Darah Aman Dilakukan di Bulan Puasa Ramadhan, Jadi Amalan Sedekah yang Menuai Pahala Besar
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D