Tak Perlu Kafein, Ini 10 Cara Sederhana Meningkatkan Energi

0 0
Read Time:4 Minute, 50 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Banyak orang yang mencari cara mendapatkan energi tanpa kafein, terutama mereka yang ingin mengurangi konsumsi kopi dan minuman berenergi. Minuman berkafein memberikan lebih sedikit energi, namun efeknya berkurang dan Anda merasa lelah di kemudian hari.

Alternatifnya, ada cara alami untuk meningkatkan energi yang lebih bermanfaat dalam jangka panjang. Pola makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan kebiasaan tidur yang baik dapat membantu Anda mendapatkan energi yang konsisten dan tahan lama. Selain itu, kebiasaan ini juga meningkatkan konsentrasi, perhatian dan daya ingat.

Meskipun kafein dan camilan manis merupakan obat cepat untuk mengatasi kelelahan di siang hari, efeknya hanya bersifat sementara. Kecanduan kafein juga dapat menimbulkan efek samping negatif seperti sakit maag, sakit perut, dan tekanan darah tinggi.

Berikut cara alami meningkatkan energi dilansir Health.

1. Hindari Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih lelah dan kurang waspada secara kognitif di pagi hari.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, orang yang membaca e-book sebelum tidur kurang waspada di pagi hari dibandingkan mereka yang membaca buku cetak. Membaca e-book juga membuat mereka sulit tidur.

Tips mengurangi penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur: Kurangi kecerahan layar jika Anda harus menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur. Pilih buku cetak daripada e-book untuk bersantai. Batasi penggunaan elektronik Anda kurang dari 30 menit sebelum tidur.

 

Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif dan tingkat kewaspadaan Anda, kapan pun waktunya. Para ahli merekomendasikan waktu tidur yang diperpanjang (misalnya 1,5 jam) hanya untuk orang yang bekerja berjam-jam. Tidur terlalu lama bisa membuat Anda sulit tertidur di malam hari.

Tips tidur siang yang efektif: Waktu: Jangan tidur siang terlalu larut. Usahakan untuk tidur sekitar 3 jam di tengah hari. Durasi: Setel alarm agar Anda tidak tertidur lebih dari 30 menit. Lingkungan: Gunakan masker mata atau penutup telinga untuk menghalangi cahaya atau gangguan apa pun yang menghalangi Anda untuk tidur.

3. Menghilangkan stres

Stres memengaruhi kesehatan Anda dalam banyak hal, termasuk kelelahan. Stres kronis (kronis) dapat menyebabkan masalah tidur dan berkontribusi terhadap kelelahan. Hal ini bisa membuat Anda lelah saat bekerja dan bahkan semakin lelah sepanjang hari.

Berikut beberapa cara untuk mengurangi stres dan meningkatkan energi Anda: Hindari kafein: Kafein mengganggu tidur, yang dapat memperburuk rasa lelah. Berolahraga secara teratur: Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres. Tidur yang cukup: Orang dewasa membutuhkan 7 hingga 8 jam tidur setiap malam. Meditasi: Meditasi membantu menenangkan pikiran dan tubuh serta membantu mengurangi stres.

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, pusing, mulut dan kulit kering, serta iritasi. Hal ini juga mempengaruhi perhatian dan memori jangka pendek.

Tip: Minumlah 91 hingga 125 ons cairan (fl oz) air per hari. Pilih air daripada minuman manis. Makanlah makanan yang menghidrasi seperti seledri, selada, stroberi, dan semangka. Minumlah air ketika Anda haus dan saat makan.

Meningkatkan asupan air dapat membantu meningkatkan energi dan fungsi otak Anda.

5. Latih pernapasan Anda

Teknik pernapasan yoga memberikan efek positif pada pikiran dan energi. Penelitian menunjukkan bahwa pernapasan yang cepat dan dipaksakan seperti “kapalabhati” dapat meningkatkan waktu reaksi dan meredakan kecemasan.

Cara melakukan Kapalabhati: Duduklah di kursi dengan tulang belakang lurus dan perut dimasukkan. Tarik bahu Anda ke belakang dan jaga dagu tetap lurus. Bernapaslah sebentar dan cepat melalui hidung, kontraksikan diafragma dan perut dengan kuat. Jangan lakukan ini lebih dari 5 menit.

Ingatlah bahwa kapalbhati merupakan latihan pernapasan yang intens, jadi hindari melakukannya terlalu sering untuk mengurangi risiko cedera.

Pola makan yang seimbang akan memberi Anda energi yang Anda butuhkan sepanjang hari. Makan secara teratur, setiap tiga hingga empat jam, meningkatkan kewaspadaan.

Contoh camilan untuk energi jangka panjang: Kacang tanpa garam Apel dalam jumlah kecil Wortel Buah beri segar Yoghurt rendah lemak Keju

Hindari minuman dengan tambahan gula, seperti minuman energi dan soda. Minuman ini memberikan energi dalam waktu singkat, namun setelah satu jam Anda akan mengalami penurunan energi dan merasa lebih lelah dari sebelumnya.

7. Memenuhi kebutuhan vitamin D

Vitamin D, dari matahari, merupakan vitamin penting yang meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D menyebabkan kelelahan dan kelemahan. Meningkatkan asupan vitamin D dapat membantu mengurangi kelelahan otot dan menjaga kesehatan sel otot.

Cara meningkatkan asupan vitamin D: Makanlah makanan yang kaya vitamin D, seperti kuning telur, hati, dan makanan laut. Mengonsumsi suplemen (konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum memulai suplemen).

Jika Anda menatap komputer dan kehilangan fokus, mungkin ini saatnya untuk istirahat sejenak. Bangun dan berjalan-jalan untuk meningkatkan energi Anda. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga singkat dengan intensitas sedang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kelelahan tanpa memengaruhi performa kerja.

Berikut adalah beberapa cara untuk memasukkan lebih banyak olahraga ke dalam hari Anda: Pilihlah untuk menggunakan tangga daripada lift. Naik sepeda Anda ke sekolah atau bekerja. Berjalan-jalanlah sebentar di sekitar lingkungan atau kantor Anda.

9. Dapatkan lebih banyak vitamin B12

Vitamin B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan darah dan sel saraf. Orang dewasa umumnya membutuhkan 2,4 mikrogram (mcg) vitamin B12 per hari. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan.

Tingkatkan energi Anda dengan vitamin B12: Makanlah makanan yang kaya vitamin B12 seperti daging sapi, susu, kerang, sarden, dan yogurt. Orang vegetarian/vegan mungkin memerlukan suplemen vitamin B12 karena sumber alami vitamin ini terutama berasal dari hewan. Konsultasikan dengan dokter/ahli gizi jika Anda mencurigai adanya kekurangan B12. Suplemen mungkin direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin Anda.

10. Tetapkan rutinitas

Membiasakan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari akan membantu Anda menjaga energi sepanjang hari dan merasa istirahat saat hendak tidur. Rutinitas terbukti meningkatkan tenaga dan menunjang kemampuan dalam menyelesaikan tugas.

Berikut beberapa kebiasaan lain yang dapat Anda tambahkan ke dalam rutinitas Anda untuk membantu meningkatkan energi Anda: Keluarlah untuk menikmati sinar matahari alami selama 30 menit setiap hari. Batasi asupan kafein dan nikotin, terutama enam hingga delapan jam sebelum tidur. Jadwalkan waktu untuk aktivitas fisik setiap hari. Hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

 

happy Tak Perlu Kafein, Ini 10 Cara Sederhana Meningkatkan Energi
Happy
0 %
sad Tak Perlu Kafein, Ini 10 Cara Sederhana Meningkatkan Energi
Sad
0 %
excited Tak Perlu Kafein, Ini 10 Cara Sederhana Meningkatkan Energi
Excited
0 %
sleepy Tak Perlu Kafein, Ini 10 Cara Sederhana Meningkatkan Energi
Sleepy
0 %
angry Tak Perlu Kafein, Ini 10 Cara Sederhana Meningkatkan Energi
Angry
0 %
surprise Tak Perlu Kafein, Ini 10 Cara Sederhana Meningkatkan Energi
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D