Doa Setelah Sholat Tahajud, Tata Cara, dan Keutamaannya bagi Umat Islam

0 0
Read Time:4 Minute, 19 Second

gospelangolano.com, Jakarta Doa setelah Tahajjud wajib diketahui oleh setiap umat Islam. Selain itu, salat Tahajjud merupakan salat sunnah yang maknanya sangat luar biasa bagi umat Islam. Padahal, salat Tahajjud merupakan salat sunah yang paling istimewa.

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk mengamalkan Sunnah Sholat Tahajjud. Telah disebutkan pula dalam Al-Qur’an bahwa shalat Tahjud dapat mengangkat seseorang pada kedudukan terpuji dan terpuji di sisi Allah.

Sholat setelah salat Tahajjud merupakan salah satu tata cara yang patut ditaati. Sholat Sunnah ini dikerjakan 2 rakaat dan 2 rakaat dengan jumlah rakaat yang tidak terbatas. Namun menurut hadits Bukhari dan Muslim, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam tidak pernah melaksanakan shalat Tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat dengan witir).

Berikut gospelangolano.com pada Selasa (12/4/2022) rangkuman doa usai salat Tahajud dari berbagai sumber.

Sebelum memahami doa setelah shalat Tahajjud, Anda harus memahami terlebih dahulu tata caranya. Berikut tata cara shalat Tahajud yang benar:

1. Niat Sholat Tahajud

Ashli ​​al-Dhiin al-Dhii Rakatin (Kiblati masa depan) kepada Allah SWT.

Yaitu:

Aku niat salat sunnah dua rakaat Tahajjud (menghadap kiblat) karena keridhaan Allah.

2. Membaca Takbirat al-Ihram yang dilanjutkan dengan shalat Ifta

3. Membaca Surat Fatihah

4. Membaca surat-surat Al-Qur’an. Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) biasa membaca huruf besar.

5. Sajdah dengan curiga saat salat Idul Fitri

6. Laut dengan membaca doa Tawaf

7. Sujud dengan penuh keyakinan saat shalat Sajdah

8. Ulangi gerakan yang sama seperti rakaat pertama

9. Membacakan doa salam terakhir pada salam terakhir

10. Lakukan gerakan salam.

11. Disunnahkan membaca doa setelah Salam, Tasbih, Tahmid, Takbir, Shalawat, Istighfar dan kemudian setelah Tahajjud.

Sholat setelah salat Tahajjud juga sangat penting, yaitu salah satu tata cara salat Tahajjud. Dalam hadis Bukhari, Muslim dan Abu Dawud, ada doa setelah shalat Tahajjud yang biasanya diucapkan di akhir. Seusai salat Tahajjud, salatnya memohon perlindungan dan ketundukan.

Setelah salat Tahajjud berikut doanya:

“Ya Allah, puji bagi-Mu, Engkau Yang Maha Tinggi, dan Maha Tinggi, dan Maha Tinggi, dan Maha Tinggi.” kebenaran qqu, waqulukal haiqu, wa liqaa ukal haqqun.

Semoga Allah memberikan kedamaian. Waalikam Tuklat, Wabika Amanat, Waalika Anbat, Wabika Khashamtu. wa ilaika hakamtu. Maafkan masa laluku dan masa laluku serta rahasiaku dan wahyuku antara yang pertama dan yang terakhir.

Arti Doa Setelah Sholat Tahajjud :

“Ya Allah, segala puji bagiMu, Engkaulah penerang langit dan bumi dan segala isinya, segala puji bagiMu, Engkaulah penguasa langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Tuhan langit dan bumi dan segala isinya, dan bagi-Mulah kerajaan langit dan bumi dan segala isinya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah yang benar. Janjimu benar, perkataanmu benar, pertemuanmu benar, surga benar, neraka benar, kewajiban para nabi benar, Rasulullah SAW benar. peristiwa hari kiamat itu nyata adanya.

Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku kembali kepada-Mu, dengan bantuan-Mu aku berselisih (dengan orang-orang kafir), Pedoman) Aku mengesahkan hukum. Maka ampunilah dosaku yang lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang pertama dan yang terakhir, tidak ada hak lain untuk disembah kecuali Engkau, Engkaulah Tuhanku, tidak ada hak untuk disembah kecuali Engkau.”

Setelah shalat Tahajjud, selain mengetahui tata cara shalat yang benar, perlu juga menentukan waktu dan jumlah shalat. Sholat Tahajjud wajib dilakukan pada sepertiga malam. Doa ini bisa dilakukan di awal, tengah, dan akhir malam.

Adapun waktu-waktu sunnah shalat Tahajjud adalah sebagai berikut:

– Sepertiga malam pertama, setelah shalat ashar sampai pukul 10.30.

– Selasa kedua malam itu, mulai pukul 10:30 hingga 01:30.

– Sepertiga malam terakhir, dari pukul 01:30 hingga subuh.

Waktu utama shalat Tahajud adalah sepertiga malam terakhir. Menurut hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Tuhan kami Tabarak wa Talala akan turun di langit dunia setiap malam ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Barangsiapa berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. meminta pengampunan dariku.” Doanya terkabul

Rasulullah SAW bersabda: Tuhan kami yang diberkati, turun ke langit setiap malam ketika tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: Barangsiapa meminta ampun kepada-Ku, Saya pasti akan memaafkannya. Barangsiapa meminta sesuatu kepadaku, pasti aku berikan. Dan barang siapa yang berdoa kepadaku, niscaya aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari). Jembatan Menuju Surga

Berikut hadits Rasulullah SAW yang menceritakan kepada Abdullah bin Muslim tentang keutamaan shalat Tahajjud saat itu. Sebarkan salam, bagikan makanan, dan salat magrib ketika orang lain sedang tidur, niscaya kamu akan masuk surga (H. Ibnu Majah).

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada di surga dan sungai-sungai air, mengambil apa yang telah diberikan Allah (swt) kepada mereka. Mereka berbuat baik (kepada dunia), mereka adalah orang-orang yang biasa tidur sedikit di malam hari dan di waktu di penghujung malam, dia akan memohon ampun kepada Allah (QS. al-Zari’at: 15-18).

Sholat tahajjud merupakan kebiasaan orang yang bertakwa. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut:

“Biasakanlah shalat malam, karena itu sunah orang-orang shaleh sebelum kamu, mendekatkan kamu kepada Allah, menghapus dosa, menghilangkan penyakit dan mencegah dosa.” (HR.Ahmad). Menjaga kesehatan mental

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: Dan hamba-hamba Yang Maha Penyayang adalah orang-orang yang hidup dengan rendah hati di muka bumi dan berbicara baik-baik ketika orang-orang jahil menyapanya. Dan orang-orang yang bermalam dengan sujud dan berdiri di sisi Tuhannya.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

happy Doa Setelah Sholat Tahajud, Tata Cara, dan Keutamaannya bagi Umat Islam
Happy
0 %
sad Doa Setelah Sholat Tahajud, Tata Cara, dan Keutamaannya bagi Umat Islam
Sad
0 %
excited Doa Setelah Sholat Tahajud, Tata Cara, dan Keutamaannya bagi Umat Islam
Excited
0 %
sleepy Doa Setelah Sholat Tahajud, Tata Cara, dan Keutamaannya bagi Umat Islam
Sleepy
0 %
angry Doa Setelah Sholat Tahajud, Tata Cara, dan Keutamaannya bagi Umat Islam
Angry
0 %
surprise Doa Setelah Sholat Tahajud, Tata Cara, dan Keutamaannya bagi Umat Islam
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D