Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris

0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

JAKARTA – Ada beberapa pesawat tempur andalan Inggris yang menarik untuk dipelajari. Masing-masing memiliki kemampuan berbeda dan dapat digunakan untuk banyak misi.

Secara status, Inggris merupakan salah satu negara dengan tentara terkuat di dunia. Tak hanya prajurit, skill mereka pun didukung dengan berbagai senjata ampuh.

Contohnya adalah pada jet tempur. Inggris memiliki beberapa jenis pesawat tempur yang diandalkannya untuk menjalankan misi. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Pesawat tempur utama Inggris 1. Eurofighter Typhoon

Royal Air Force (RAF) telah menggunakan berbagai pesawat tempur sepanjang sejarahnya. Saat ini senjata utamanya adalah Eurofighter Typhoon.

Mengutip AeroCorner, Eurofighter Typhoon diperkenalkan pada tahun 2003. Pesawat tempur multiperan ini diklaim mampu menjalankan berbagai misi mulai dari pertempuran udara hingga pertempuran darat dengan fokus pada superioritas udara.

Dari segi spesifikasi, varian standar Eurofighter Typhoon ditenagai mesin Eurojet EJ200. Pengaturan ini berarti dapat mencapai radius tempur 1.390 km dan kecepatan tertinggi hingga 2.125 km/jam.

Dari segi persenjataan, pesawat tempur ini dibekali meriam Mauser BK 27mm. Selain itu, terdapat kurang lebih 13 cantelan yang dapat digunakan untuk membawa senjata lain tergantung peran atau misinya.

Misalnya saja dalam misi pendukung serangan darat, pesawat tempur ini dapat dilengkapi dengan rudal anti-armor AMRAAM, ASRAAM dan Brimstone. Sementara itu, beberapa varian baru Eurofighter Typhoon dapat membawa rudal jelajah dan bom berpemandu.

2. Lockheed Martin F-35B Petir II

F-35B Lightning II sebenarnya merupakan varian dari Lockheed Martin F-35 yang diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Seperti kita ketahui, pesawat tempur ini merupakan salah satu yang paling mumpuni di era saat ini.

Lightning II dirancang sebagai pesawat tempur siluman bermesin tunggal. Kemampuan luar biasa lainnya adalah cocok untuk misi superioritas udara hingga pertempuran udara ke darat.

Dalam pelayanannya, pesawat tempur ini dapat mendarat dan dikerahkan dari kapal induk. Royal Air Force (RAF) melakukannya sendiri di atas kapal HMS Queen Elizabeth pada tahun 2019.

3. Harrier Laut Dirgantara Inggris

Berikutnya adalah British Aerospace Sea Harrier. Pesawat tempur ini dioperasikan oleh Royal Navy atau Angkatan Laut Inggris.

Dalam penggunaannya, Sea Harrier dapat lepas landas dan mendarat di pangkalan pesawat. Hal ini dilakukan dalam pertempuran selama Perang Falklands.

happy Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris
Happy
0 %
sad Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris
Sad
0 %
excited Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris
Excited
0 %
sleepy Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris
Sleepy
0 %
angry Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris
Angry
0 %
surprise Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D