Fakta Minuman Kolagen, Apa Iya Bisa Mengurangi Keriput?

0 0
Read Time:4 Minute, 6 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Minuman kolagen semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Minuman ini disebut-sebut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, seperti meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, dan menguatkan persendian.

Minuman kolagen sedang menjadi bintang di ranah media sosial, khususnya platform berbagi video seperti TikTok dan Instagram. Buktinya hashtag #collagen sudah dilihat lebih dari 4,7 miliar kali di TikTok saja. Popularitas tersebut didorong oleh klaim manfaat yang menggiurkan, yakni kulit lebih lembut dan cerah.

Banyak orang yang masih belum cukup mengetahui tentang minuman kolagen. Apakah ini benar-benar berguna? Apakah aman dikonsumsi?

Apa itu minuman kolagen?

Kolagen adalah protein khusus yang kaya akan asam amino esensial yang berfungsi sebagai perekat yang menjaga jaringan dan tulang tetap kuat. Kolagen memberi kekuatan dan elastisitas kulit serta merangsang produksi asam hialuronat.

Ada berbagai jenis kolagen di dalam tubuh, mulai dari tulang dan otot hingga rambut dan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa banyak jenis kolagen bertanggung jawab atas struktur dan elastisitas kulit. Setelah usia 25 tahun, produksi kolagen alami tubuh menurun sekitar 1,5% per tahun.

Faktor-faktor seperti penuaan, merokok, konsumsi gula berlebihan, paparan sinar UV, konsumsi alkohol berlebihan, dan makanan olahan memperlambat produksi kolagen. Hal ini dapat menyebabkan kulit kendur dan garis-garis halus, menurut Medical News Today.

Meskipun perubahan ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan, perusahaan memanfaatkan ketakutan akan penuaan dini dengan memasarkan minuman kolagen secara massal.

Kolagen merupakan protein yang berperan penting dalam menjaga struktur dan elastisitas kulit. Banyak brand yang mengklaim bahwa konsumsi kolagen setiap hari dapat memberikan berbagai manfaat, seperti: Meningkatkan elastisitas kulit. Memperkuat rambut dan kuku. Meningkatkan hidrasi kulit. Kerutan halus menjadi lebih pendek.

Menurut Elle, beberapa penelitian menunjukkan bukti yang mendukung klaim tersebut. Penelitian laboratorium menunjukkan potensi peptida kolagen dalam minuman atau suplemen untuk meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kerutan dengan memperkuat jaringan kolagen. Sebuah studi independen pada tahun 2019 menemukan bahwa suplemen kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit dan kepadatan kolagen dermal.

Namun, hanya ada sedikit bukti efektivitas kolagen cair pada kulit manusia di luar penelitian laboratorium. 

Mahto, ahli gizi menjelaskan, kolagen dipecah menjadi asam amino selama proses pencernaan, sehingga tidak ada jaminan kolagen utuh akan sampai ke kulit dan memberikan efek yang signifikan.

Namun, beberapa orang mengklaim manfaatnya seperti kuku yang lebih kuat. Hal ini mungkin karena kolagen terkonsentrasi di area yang paling membutuhkannya. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada minuman kolagen meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jika Anda ingin mencoba minuman kolagen, pilihlah versi hidrolisis berkualitas tinggi dengan kemungkinan penyerapan lebih baik. Hindari produk dengan kandungan gula tinggi. Perhatikan bahwa banyak penelitian shake kolagen disponsori oleh produsen shake kolagen, sehingga objektivitas penelitian tersebut dipertanyakan.

Minuman kolagen disebut-sebut sebagai solusi keajaiban awet muda, diklaim dapat mengurangi garis-garis halus dan mencegah kerutan. Meski penjualan produk ini terus meningkat, masih banyak yang mempertanyakan keefektifannya.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minuman kolagen dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Namun, penelitian tersebut tidak dapat memastikan apakah kolagen atau bahan lain dalam formula, seperti asam hialuronat atau vitamin, menjadi penyebab perbaikan estetika.

Faktor penting yang perlu diperhatikan adalah penyerapan kolagen. Para ahli masih memperdebatkan berapa banyak kolagen yang bisa diserap tubuh melalui pencernaan.

Beberapa orang percaya bahwa kolagen yang terhidrolisis (terdegradasi) mungkin bisa menjadi solusinya. Molekul kolagen terhidrolisis berukuran lebih kecil dan mudah diserap tubuh.

“Banyak minuman kolagen mengandung kolagen yang telah dihidrolisis untuk memecah struktur protein. Hal ini membuat kolagen lebih mudah diserap dan meningkatkan bioavailabilitas peptida kolagen,” jelas ahli gizi Griggs.

Meskipun penelitian tentang kolagen shake masih berlangsung, penting untuk dicatat bahwa efeknya mungkin tidak sedramatis yang diklaim.

Selain mengonsumsi kolagen, Anda juga bisa meningkatkan elastisitas kulit dengan perawatan topikal. Namun, perlu diingat bahwa produk perawatan kulit kolagen mungkin tidak seefektif yang diklaimnya, karena molekul kolagen seringkali terlalu besar untuk menembus kulit. Berhati-hatilah dengan merek yang menjanjikan kulit Anda menyerap lebih banyak kolagen.

Sebaiknya, pilihlah produk yang mengandung bahan yang mendukung produksi kolagen alami kulit Anda. Carilah bahan-bahan seperti retinol, asam hialuronat, vitamin C, dan peptida yang terbukti membantu merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Retinoid

Para ahli sepakat bahwa retinoid adalah pilihan pertama untuk perawatan kulit. Zat ini sering disebut standar emas karena kemampuannya mendorong migrasi sel secara cepat.

Retinoid adalah sekelompok senyawa yang berasal dari vitamin A.

Mahto mengatakan retinoid adalah satu-satunya obat topikal yang terbukti secara ilmiah memiliki efek antipenuaan. Retinoid dapat mengurangi kerutan, memperlambat pemecahan kolagen, dan menghilangkan bintik-bintik penuaan. Ia bekerja dengan meningkatkan pembaruan sel kulit dan merangsang produksi kolagen. Vitamin C

Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen yang memberi kekuatan pada kulit. dr. Mahto menjelaskan, vitamin C berperan sebagai antioksidan, mencerahkan kulit, anti inflamasi, serta berperan dalam sintesis kolagen yang mendukung struktur kulit.

Namun, saat memilih produk perawatan kulit vitamin C, penting untuk mempertimbangkan formulasi produknya. Konsentrasi, kekuatan, dan potensi vitamin C di pasaran sangat bervariasi. 

Mahto menyarankan penggunaan vitamin C dengan konsentrasi hingga 20% untuk perawatan kulit. Konsentrasi yang lebih tinggi dapat menyebabkan iritasi. Pilih juga produk yang kuat untuk memastikan penyerapan kulit maksimal.

happy Fakta Minuman Kolagen, Apa Iya Bisa Mengurangi Keriput?
Happy
0 %
sad Fakta Minuman Kolagen, Apa Iya Bisa Mengurangi Keriput?
Sad
0 %
excited Fakta Minuman Kolagen, Apa Iya Bisa Mengurangi Keriput?
Excited
0 %
sleepy Fakta Minuman Kolagen, Apa Iya Bisa Mengurangi Keriput?
Sleepy
0 %
angry Fakta Minuman Kolagen, Apa Iya Bisa Mengurangi Keriput?
Angry
0 %
surprise Fakta Minuman Kolagen, Apa Iya Bisa Mengurangi Keriput?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D