Virginie Viard Mundur dari Posisi Direktur Kreatif Chanel Usai Mengabdi Selama 30 Tahun, Siapa Penggantinya?

0 0
Read Time:3 Minute, 23 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Pada Rabu, 5 Juni 2024, Chanel mengumumkan direktur kreatif mereka, Virginie Viard, akan mundur dari jabatannya. Mengutip Harpers Bazaar, Kamis (6/6/2024), Viard sudah menduduki posisi tersebut selama lima tahun terakhir setelah menggantikan Karl Lagerfeld yang meninggal. 

Wanita kelahiran Dijon, Prancis ini bekerja di Chanel selama tiga dekade. Dalam sebuah pernyataan, Chanel mengonfirmasi keputusan Virginie Viard untuk mundur setelah kemitraan yang kaya selama lima tahun sebagai direktur artistik koleksi fesyen tersebut. Selama masa jabatannya, Viard berinovasi sekaligus menghormati warisan Chanel. 

Tim Chanel juga berterima kasih kepada Viard atas kontribusinya yang luar biasa terhadap fashion, kreativitas, dan energi Chanel. Mereka mengatakan penggantinya akan segera diumumkan.

Meski belum diumumkan, namun rumor mengenai penerus Viard sudah beredar. Nama Hedi Slimane, desainer yang pernah bekerja di Dior dan Celine, muncul sebagai kandidat kuat pengganti Viard untuk memimpin tim artistik rumah mode ternama asal Prancis tersebut.

Ini akan menjadi awal baru yang menarik bagi Chanel. Namun, bakat luar biasa Viard dan visi masa depan Chanel tentu saja berbicara banyak. Memiliki seorang wanita yang memimpin Chanel akan membuat bangga pendiri merek tersebut. 

Viard dikenal sebagai salah satu orang kepercayaan desainer Karl Lagerfeld. Pemain kedua berperan penting dalam mengambil alih desain setelah kematian Lagerfeld pada tahun 2019. 

Pada tahun 2019, industri fesyen global diliputi awan kesedihan. Ikon fesyen kenamaan merek fesyen Chanel, Karl Lagerfeld, menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 85 tahun di sebuah rumah sakit di Paris, Prancis, pada Selasa, 19 Februari 2019.

Mengutip Harper Bazaar, 20 Februari 2019, Karl Lagerfeld mengasuh Chanel sejak tahun 1983 hingga kematiannya. Setelah kematian Karl, banyak pertanyaan muncul mengenai siapa yang akan menggantikan Karl di Chanel. Terakhir, rumah mode asal Prancis tersebut memilih Virginie Viard, tangan kanan Karl, untuk mengambil alih tugas kreatif Chanel agar warisan Gabrielle Chanel dan Karl Lagerfeld tetap berlanjut.

Selama masa jabatannya sebagai direktur artistik di Chanel, Viard berupaya melanjutkan warisan desain Lagerfel. Ia menghadirkan pendekatan berjiwa muda, menghadirkan desain yang mewakili generasi baru pelanggan Chanel dengan desain yang tajam dan koleksi pakaian yang elegan namun sederhana.

Viard adalah sosok kunci di balik terpilihnya Jennie BLACKPINK sebagai wajah Chanel. Ia bahkan mengenakan gaun rancangan Viard di karpet merah saat melakukan debutnya di Festival Film Cannes pada tahun 2023.

Viard dilahirkan dalam keluarga yang modis. Kakek dan neneknya adalah produsen sutra. Ia pun memulai karirnya sebagai perancang busana dan mendesain pakaian untuk Camile Claudel dan film Play hingga akhirnya Karl menawarkan diri untuk bergabung dengan Chanel dan Chloe.

Viard juga sukses besar dan membuat heboh dalam pembuatan film Real, dengan kostum untuk aktris Isabelle Adjani dan sutradara Bruno Nuytten. Selain itu, ia juga turut berkontribusi dalam sejumlah film seperti Three Colours: Blue pada tahun 1993, Three Colours: White pada tahun 1994, dan lain-lain.

Melihat kiprahnya di industri fashion dan bagaimana karirnya berkembang serta kedekatannya dengan Karl Lagerfeld, tidak perlu diragukan lagi bagaimana warisan Gabrielle Chanel dan Karl Lagerfeld tetap hidup. 

Dalam film dokumenter berjudul 7 Days Out, Karl berbicara tentang kedekatannya dengan Viard. Menurutnya, orang terpenting dalam hidupnya adalah kepala Karl. Bahkan, ia mengaku selalu menyempatkan diri untuk bertemu atau sekadar ngobrol lewat telepon.

Mengutip Telegraph, Viard memulai karirnya di Chanel dengan magang sebagai penyulam haute-couture pada tahun 1987. Hal itu bertepatan dengan Karl yang pernah bekerja sebagai direktur desain rumah mode tersebut selama empat tahun. Pekerjaan Viard berkembang dan dia dipromosikan oleh Bendahara Pangeran Rainier dari Monaco ke proyek tersebut.

Setelah bekerja dengan Chanel, Viard bergabung dengan Karl Lagerfeld di merek fesyen Chloe pada tahun 1992 dan bekerja selama 5 tahun, sebelum kembali ke Chanel sebagai koordinator dan saya mulai mengerjakan koleksi pakaian siap pakai pada tahun 2000. 

“Saya membuat koleksi dari studio dan rumah Métiers d’Art, berdasarkan gambar yang dibuat oleh Karl Legerfeld. Saya juga berkoordinasi dengan tim, memilih pemasok, mencari kain yang tepat dan membuat setting dengan Karl,” kata Viard kepada The Telegraph. . 2017.

Viard mengaku kerap melakukan perubahan pada rencana Karl sehingga karyanya kerap mengejutkan Karl namun ia selalu puas. Viard bahkan mengaku meluangkan waktu setiap harinya untuk berbincang dan bertukar pikiran dengan Karl. Berbagi gambar dengan foto yang dikirim melalui ponsel adalah hal yang umum.

happy Virginie Viard Mundur dari Posisi Direktur Kreatif Chanel Usai Mengabdi Selama 30 Tahun, Siapa Penggantinya?
Happy
0 %
sad Virginie Viard Mundur dari Posisi Direktur Kreatif Chanel Usai Mengabdi Selama 30 Tahun, Siapa Penggantinya?
Sad
0 %
excited Virginie Viard Mundur dari Posisi Direktur Kreatif Chanel Usai Mengabdi Selama 30 Tahun, Siapa Penggantinya?
Excited
0 %
sleepy Virginie Viard Mundur dari Posisi Direktur Kreatif Chanel Usai Mengabdi Selama 30 Tahun, Siapa Penggantinya?
Sleepy
0 %
angry Virginie Viard Mundur dari Posisi Direktur Kreatif Chanel Usai Mengabdi Selama 30 Tahun, Siapa Penggantinya?
Angry
0 %
surprise Virginie Viard Mundur dari Posisi Direktur Kreatif Chanel Usai Mengabdi Selama 30 Tahun, Siapa Penggantinya?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D