Anak Buah Erick Thohir Bidik Transaksi PaDi UMKM Expo 2024 Tembus Rp 20 Miliar

0 0
Read Time:2 Minute, 45 Second

gospelangolano.com, Jakarta Kementerian BUMN dan beberapa perusahaan pemerintah kembali menggelar Pameran dan Konferensi Pasar Digital atau PaDi UMKM 2024. Acara tersebut bertujuan untuk mencatatkan transaksi lebih dari Rp 20 miliar.

Luto Serenita Genting, Spesialis Pengembangan UKM dan Kementerian Keuangan, mengatakan ini merupakan acara tahunan. Jumlah transaksi terdaftar meningkat setiap tahunnya. “Tahun 2023, total keberhasilan transaksinya adalah Rp18,7 miliar. Kami berharap bisa melampaui jumlah tersebut,” kata Luto pada Pameran dan Konferensi UKM PaDi 2024, Serina, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Jumlahnya terus bertambah, katanya. Pada tahun 2022 tercatat perdagangan sebesar Rp 15,8 triliun di pameran yang sama. Selain itu, transaksi tahun 2024 diharapkan bisa lebih dari Rp 20 miliar.

“Tahun 2024 saya harapkan kalau bisa 2 kepala. Sekali lagi, bukan 1 kepala,” ujarnya.

Lotto menjelaskan, Menteri BUMN Eric Thor telah menginstruksikan seluruh BUMN untuk meningkatkan belanja MCO. Hal inilah yang menjadi dasar berdirinya PaDi UMKM.

“Ada peluang bagi OMS untuk menaikkan biaya, kami tidak menawarkan platform untuk memfasilitasi pertemuan.” Ada juga Pertamina-Jasa Marga

Informasi: Banyak BUMN yang mengikuti Pameran dan Konferensi Hibrida UMKM PaDi 2024. Diantaranya PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Disusul PT Angkasa Pura II, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Bio Farma (Persero).

Memanfaatkan peluang ini, lebih dari 500 UKM didukung oleh perusahaan pelat merah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, PaDi SME Expo and Conference 2024 diselenggarakan di Jakarta dan Balikpapan. Ini akan online hingga 10 Agustus 2024.

Sebelumnya, Kementerian BUMN mencatat transaksi di Pasar Digital atau PaDi UMKM mencapai 13,5 triliun pada Januari hingga awal Juli 2024. Namun separuhnya dibeli oleh PT Pertamina (Persero).

Perlu diketahui, PaDi merupakan platform digital yang mendukung pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh BUMN UMKM. Melalui platform ini, perusahaan pelat merah dapat memilih sejumlah UKM sebagai pemasok sesuai kebutuhan perusahaan.

Luto Serenita Genting, Spesialis Kementerian Keuangan dan Pengembangan UKM, mengatakan transaksi awal tahun ini sangat menarik. Nilainya tercatat mencapai Rp 13,5 triliun pada 2 Juli 2024.

Artinya, nota itu sudah diterbitkan invoice, bukan sekedar transaksi yang tercatat Rp 13,5 triliun pada 2 Juli, ujarnya. /7/2024) Tujuannya untuk meningkatkan jumlah transaksi di platform, ujarnya. Pada tahun 2023 saja, transaksinya mencapai Rp 44 triliun.

Selain itu, kategori yang paling banyak dibeli BUMN antara lain jasa perawatan peralatan dan mesin, souvenir dan merchandise, forum dan jasa tenaga kerja, pembelian dan persewaan kendaraan, bahan bangunan, dan event organizer.

Selain itu, alat tulis kantor (ST), kantin, produk makanan, elektronik komputer, dan jasa manajemen acara (EO) merupakan yang tertinggi dalam hal frekuensi pembelian.

Kembali ke transaksi tahun 2024, PT Lotto memuji Pertamina (Persero) yang mencatatkan transaksi sangat tinggi. Angka tersebut mencapai Rp 5,7 triliun.

Artinya, kalau kesepakatan sebesar 5,7 triliun itu kita tandatangani, maka setengahnya akan diterima oleh Pertamina, ujarnya.

 

Sementara itu, SVP akuisisi Pertamina Harry Merhamanta mengatakan, transaksi tertulis perseroan melalui PaDi UMKM mencapai Rp 5,7 triliun.

Lalu tahun 2024 kita tutup, transaksinya mencapai Rp5,7 triliun. Artinya masih ada tantangan untuk kita akselerasi lagi. Kita selalu dukung, kata dia.

PaDi mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan pemegang saham Pertamina untuk memperluas transaksi di UMKM.

“Saya sudah sampaikan hal ini kepada teman-teman kita di divisi akuisisi dan sudah instruksikan mereka untuk segera mempercepat prosesnya,” ujarnya.

Harry melanjutkan, “Kami selalu mengatur agar uang tersebut disalurkan kepada teman-teman UMKM.

happy Anak Buah Erick Thohir Bidik Transaksi PaDi UMKM Expo 2024 Tembus Rp 20 Miliar
Happy
0 %
sad Anak Buah Erick Thohir Bidik Transaksi PaDi UMKM Expo 2024 Tembus Rp 20 Miliar
Sad
0 %
excited Anak Buah Erick Thohir Bidik Transaksi PaDi UMKM Expo 2024 Tembus Rp 20 Miliar
Excited
0 %
sleepy Anak Buah Erick Thohir Bidik Transaksi PaDi UMKM Expo 2024 Tembus Rp 20 Miliar
Sleepy
0 %
angry Anak Buah Erick Thohir Bidik Transaksi PaDi UMKM Expo 2024 Tembus Rp 20 Miliar
Angry
0 %
surprise Anak Buah Erick Thohir Bidik Transaksi PaDi UMKM Expo 2024 Tembus Rp 20 Miliar
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D