5 Dosa Besar yang Tercantum Dalam Al Quran

0 0
Read Time:2 Minute, 18 Second

gospelangolano.com – Dosa akan timbul akibat perbuatan manusia yang melanggar perintah Allah SWT. Menurut ajaran Islam, dosa dibedakan menjadi dosa besar dan dosa kecil. Hendaknya setiap muslim berusaha menghindari dosa besar ini, karena jika tidak menghindarinya maka ia akan termasuk penghuni Neraka.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an: “Jika kamu menghindari dosa-dosa besar yang tidak boleh kamu lakukan, niscaya Kami akan menghapuskan kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosa kecilmu) dan memasukkanmu ke tempat yang mulia (Surga). (QS. An-Nisa : 31)

Ini lapor rahmat Dan pada hari Senin tanggal 25 Maret 2024, berikut 5 dosa besar yang tercantum dalam Al-Qur’an: 1. Ketidaktaatan kepada orang tua.

Imam Nawawi mengatakan dalam Al-Minhaj Syarh Sahih Muslim (2:77) bahwa durhaka kepada orang tua adalah segala bentuk perbuatan merugikan orang tua.

Menurut para ulama, menaati dan menaati orang tua adalah wajib dalam segala urusan asalkan tidak maksiat. Dosa durhaka kepada orang tua terkandung dalam Al-Qur’an yang artinya: 

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia, dan berbuat baiklah kepada orang tuamu semampumu. Jika salah satu atau kedua-duanya menjadi tua di bawah asuhanmu, janganlah kamu mengucapkan kata “Ah” kepada mereka, dan janganlah kamu menegur mereka dan mengucapkan kata-kata yang baik kepada mereka.” (QS. Al-Isra’: 23) 2. Lewati 5 hari. doa

Jika seorang muslim meninggalkan salat 5 waktu, maka ia melanggar perintah Allah. Orang yang tidak mengindahkan shalat juga dikatakan mengabaikan dan meremehkan perintah Allah Ta’ala. Orang-orang seperti itu akan mendapat pahala berupa lembah Neraka terdalam, Jahannam.

Dalam Al-Qur’an, meninggalkan shalat lima waktu adalah dosa, yang artinya:

Allah berfirman: “Maka celakalah orang-orang yang shalat, bagi orang-orang yang melalaikan shalatnya” (Al-Maw: 4-5) 3. Dosa Syirik.

Syirik adalah orang-orang yang menjadikan selain Allah sebagai ibadahnya. Dan orang-orang yang berpaling dari Allah disebut musyrik

Al-Qur’an mengungkapkan bahayanya syirik yaitu

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa Syirik, dan Dia mengampuni segala dosa kecuali (Syirik) yang Dia cintai.” (QS An-Nisa : 48) 4. Dosa ilmu sihir.

Ilmu sihir itu benar sebagaimana tercantum dalam ayat Al-Qur’an yang artinya

Maka mereka belajar dari kedua malaikat itu, bahwa mereka dapat memisahkan (seorang laki-laki) dari isterinya dengan ilmu sihir” (QS. Al-Bakarah: 102).

Membunuh muslim lain adalah dosa besar dan orang yang melakukannya pasti masuk neraka. Menurut Rasulullah SAW, haram membunuh seseorang kecuali karena alasan yang diridhai Allah, yang artinya: 

“Dan barangsiapa membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka pahalanya adalah Jahannam, dia kekal di dalamnya selama-lamanya, Allah murka kepadanya dan melaknatnya serta menyiapkan baginya azab yang besar.” (QS. An-Nisa: 93) Lirik Gala Bunga Matahari Sal Priadi Terinspirasi Ayat Alquran Lagu Gala Matahari Bunga merupakan track keempat belas dari album terbaru Sal Priadi bertajuk Spidol Dan Pena Semacam Flashdis yang dirilis. pada tanggal 30 April 2024. gospelangolano.com.co.id 20 Juli 2024

happy 5 Dosa Besar yang Tercantum Dalam Al Quran
Happy
0 %
sad 5 Dosa Besar yang Tercantum Dalam Al Quran
Sad
0 %
excited 5 Dosa Besar yang Tercantum Dalam Al Quran
Excited
0 %
sleepy 5 Dosa Besar yang Tercantum Dalam Al Quran
Sleepy
0 %
angry 5 Dosa Besar yang Tercantum Dalam Al Quran
Angry
0 %
surprise 5 Dosa Besar yang Tercantum Dalam Al Quran
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D