Dokter Ingatkan Pentingnya Kontrol Kadar Gula Darah Selepas Lebaran

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Pentingnya mengontrol gula darah usai merayakan Idul Fitri atau Idul Adha. “Hal ini untuk menghindari risiko diabetes pada individu,” kata Dr. Farid Kurnivan, MD, PhD, dokter penyakit dalam RSUPN Dr. Sipto Mangukusumu dari Advanced Diabetes Center.

Anda perlu mengontrol gula darah (gula darah) agar tetap sehat, kata Farid pada acara “Penanganan Diabetes Pasca Puasa dan Idul Fitri” di Jakarta, Sabtu. Batasi makanan manis dan berkalori tinggi

Bagi masyarakat sehat dan penderita diabetes, Farid mengingatkan untuk mengatur asupan makanan pasca lebaran, terutama yang tubuhnya memiliki kemampuan untuk menaikkan kadar gula darah. Orang sehat tetap berisiko mengalami hipoglikemia atau hipoglikemia akibat makanan tinggi gula, kata Farid.

“Panasnya tinggi, asupan gulanya tinggi dan akhirnya gula darahnya jauh lebih tinggi dari sebelumnya “Jika dilanjutkan, gula darah Anda akan naik,” katanya.

Kadar gula darah dapat dikontrol dengan mengonsumsi makanan sehat dan makan dengan jadwal teratur Pola makan yang sehat dapat diatur dengan menerapkan 3J yaitu makanan, waktu, jumlah dan jenis makanan ditentukan oleh usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan dan aktivitas fisik sehari-hari.

Masyarakat disarankan memilih makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran, untuk memenuhi kebutuhan serat. 

 

Selain itu, masyarakat juga harus memperhatikan pedoman porsi makan dari Kementerian Kesehatan, yang berarti setiap piring harus diisi setengah sayur dan buah, seperempat protein, dan seperempat karbohidrat.

Yang penting adalah aktivitas fisik, olahraga dan menyeimbangkan asupan kalori, meningkatkan resistensi insulin dan mengoptimalkan pengendalian gula darah.

“Jika Anda mengonsumsi banyak kalori, berarti Anda menyeimbangkannya dengan banyak aktivitas fisik Meluangkan waktu untuk berolahraga dapat membantu menstabilkan gula darah, kata Farid.

happy Dokter Ingatkan Pentingnya Kontrol Kadar Gula Darah Selepas Lebaran
Happy
0 %
sad Dokter Ingatkan Pentingnya Kontrol Kadar Gula Darah Selepas Lebaran
Sad
0 %
excited Dokter Ingatkan Pentingnya Kontrol Kadar Gula Darah Selepas Lebaran
Excited
0 %
sleepy Dokter Ingatkan Pentingnya Kontrol Kadar Gula Darah Selepas Lebaran
Sleepy
0 %
angry Dokter Ingatkan Pentingnya Kontrol Kadar Gula Darah Selepas Lebaran
Angry
0 %
surprise Dokter Ingatkan Pentingnya Kontrol Kadar Gula Darah Selepas Lebaran
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D