Begini Ciri-ciri Shockbreaker Sepeda Motor Rusak

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

JAKARTA, 21 Desember 2023 – Sistem shock absorber atau suspensi merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi meredam benturan dan guncangan saat melintasi jalanan kasar.

Performanya yang baik mempengaruhi kestabilan dan kenyamanan berkendara, terutama pada kecepatan tinggi atau saat bermanuver.

Namun seiring penggunaan, efek shockbreaker tersebut bisa berkurang bahkan rusak. Tentu saja kondisi tersebut mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Oleh karena itu, penting bagi pengendara sepeda motor untuk mengetahui tanda-tanda kerusakan shockbreaker agar dapat segera dilakukan perbaikan. Berikut beberapa tandanya yang dikutip gospelangolano.com Otomotif dari situs Astra Honda:

1. Guncangan yang hebat saat melewati jalan berlubang atau tidak rata, guncangan yang dirasakan lebih dari biasanya dapat menjadi tanda berkurangnya efisiensi sistem suspensi.

2. Ban terasa bergetar Jika ban sepeda motor Anda tidak stabil dan seperti kehilangan kendali, terutama di jalan mulus, bisa jadi ini pertanda shockbreaker perlu diganti.

3. Waspadai bunyi berdecit atau derit yang berasal dari suspensi. Bunyi berdecit biasanya menandakan bushing atau gesekan bushing kering atau kotor, sedangkan bunyi yang kasar bisa disebabkan oleh kebocoran oli atau berkurangnya daya redaman pegas.

4. Kebocoran oli Kebocoran oli impact yang ditandai dengan kebocoran cairan di sekitar sistem suspensi, menandakan adanya kerusakan seal. Hal ini dapat mengurangi redaman dan membuat mesin tidak stabil.

Mengabaikan tanda-tanda kerusakan shockbreaker tidak hanya berdampak pada kenyamanan berkendara, namun juga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Pemeriksaan tepat waktu dan penggantian peredam kejut memastikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Oleh karena itu bawalah sepeda motor anda untuk diperiksa dan dirawat secara berkala di service center AHASS terdekat. Bisnis oli motor bukan hanya soal pelumasan. PT Topindo Atlas Asia sebagai distributor tunggal oli merk Top 1 di Indonesia baru-baru ini meluncurkan produk terbarunya Top 1 Zenzation dengan SAE 5W-40. gospelangolano.com.co.id 24 Juli 2024

happy Begini Ciri-ciri Shockbreaker Sepeda Motor Rusak
Happy
0 %
sad Begini Ciri-ciri Shockbreaker Sepeda Motor Rusak
Sad
0 %
excited Begini Ciri-ciri Shockbreaker Sepeda Motor Rusak
Excited
0 %
sleepy Begini Ciri-ciri Shockbreaker Sepeda Motor Rusak
Sleepy
0 %
angry Begini Ciri-ciri Shockbreaker Sepeda Motor Rusak
Angry
0 %
surprise Begini Ciri-ciri Shockbreaker Sepeda Motor Rusak
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D