Kiat Jaga Kesehatan di Tempat Kerja, Termasuk Jaga Asupan Gizi dan Cukup Istirahat

0 0
Read Time:1 Minute, 29 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Kerja (PERDOKI), dr. Astrid B. Sulistomo menjelaskan prinsip dasar pencegahan penyakit menular di tempat kerja. Menurut dia, upaya ini bertujuan untuk memutus rantai penularan.

Prinsipnya tentu saja memutus rantai penularan. Dengan adanya COVID kita banyak belajar bagaimana cara mencegah penyakit menular, kata Astrid saat ditemui, Sabtu, di sela-sela Temu Ilmiah Tahunan PERDOKI ke-16 di Jakarta Selatan. dilansir Antara.

Upaya preventif yang dapat dilakukan antara lain penggunaan alat pelindung diri seperti masker, menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan dengan pola makan seimbang, dan dianjurkan untuk menambah daya tahan tubuh terhadap penyakit melalui penggunaan vaksin.

Astrid juga menekankan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala di tempat kerja mengingat risiko pekerjaan yang dilakukan.

“Tidak perlu dilakukan pengecekan seluruh pekerja, tergantung risikonya, ada pekerjaan khusus yang perlu diperiksa. Misalnya paparan kebisingan mungkin memerlukan pemeriksaan pendengaran,” kata Astrid.

Oleh karena itu, penting bagi pelaku industri untuk merencanakan pemeriksaan kesehatan dengan dibekali pengetahuan tentang risiko yang dihadapi pekerjanya. 

Menurut Astrid, dokter spesialis penyakit akibat kerja dr Wening Tri Mawanti, Sp.OK, juga menganjurkan untuk tetap menjaga asupan nutrisi seimbang ditambah istirahat yang cukup untuk menjaga kapasitas penyembuhan tubuh selama bekerja.

Menurutnya, tidak ada batasan porsi makan yang dibutuhkan, asalkan makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang meliputi karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

 

 

Dokter yang juga merupakan penyelenggara utama Pertemuan Ilmiah Tahunan PERDOKI ke-16 ini juga menganjurkan untuk melengkapi makanan dengan susu dan buah-buahan.

“Sebenarnya dalam makanan kita sehari-hari, asal ada buah-buahan dan susu saja sudah cukup, tapi terkadang kita masih bisa makan dengan lidah yang pilih-pilih,” kata Wening.

 

Jika daya tahan tubuh melemah, kata Wening, disarankan mengonsumsi suplemen vitamin.

“Kalau kondisi badan kita menurun, tambahan, yaitu buatan, vitamin boleh. Kalau alami, makanan sehari-hari cukup,” ujarnya.

happy Kiat Jaga Kesehatan di Tempat Kerja, Termasuk Jaga Asupan Gizi dan Cukup Istirahat
Happy
0 %
sad Kiat Jaga Kesehatan di Tempat Kerja, Termasuk Jaga Asupan Gizi dan Cukup Istirahat
Sad
0 %
excited Kiat Jaga Kesehatan di Tempat Kerja, Termasuk Jaga Asupan Gizi dan Cukup Istirahat
Excited
0 %
sleepy Kiat Jaga Kesehatan di Tempat Kerja, Termasuk Jaga Asupan Gizi dan Cukup Istirahat
Sleepy
0 %
angry Kiat Jaga Kesehatan di Tempat Kerja, Termasuk Jaga Asupan Gizi dan Cukup Istirahat
Angry
0 %
surprise Kiat Jaga Kesehatan di Tempat Kerja, Termasuk Jaga Asupan Gizi dan Cukup Istirahat
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D