Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

0 0
Read Time:2 Minute, 42 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir mengingatkan BUMN untuk mewaspadai dampak gejolak ekonomi dan geopolitik global. Eric mencontohkan, inflasi di AS sebesar 3,5 persen membuat langkah The Fed menurunkan suku bunga dasar (Fed Funds Rate) tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Situasi geopolitik juga semakin bergejolak akibat memanasnya konflik Israel dan Iran beberapa hari lalu, kata Eric di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Eric mengatakan, situasi tersebut menyebabkan penguatan dolar AS terhadap rupee dan tentu saja kenaikan harga minyak WTI dan Brent yang mencapai US$85,7 dan US$90,5 per barel. 

“Beberapa ekonom memperkirakan harga minyak bisa mencapai $100 per barel jika konflik meluas dan melibatkan Amerika Serikat,” lanjutnya. 

Eric mengatakan, kedua hal tersebut membuat nilai tukar rupiah melemah hingga Rp 16.000-16.300 terhadap dolar AS dalam beberapa hari terakhir. Jika ketegangan geopolitik tidak mereda, nilai tukar ini bisa mencapai lebih dari Rs 16.500.

Eric memperkirakan situasi ekonomi dan geopolitik telah dan akan terus mempengaruhi Indonesia melalui keluarnya investasi asing yang akan menyebabkan nilai tukar rupiah melemah dan imbal hasil obligasi meningkat. Selain itu, biaya impor bahan baku dan pangan menjadi lebih mahal karena terganggunya rantai pasok.

“Dan itu akan menggerus neraca perdagangan Indonesia,” lanjut Eric. 

Oleh karena itu, Eric meminta BUMN mengambil langkah cepat untuk mengurangi paparan global dengan mengkaji biaya operasional belanja modal, pembayaran utang, rencana aksi korporasi, dan melakukan stress test untuk meninjau posisi BUMN saat ini.

Erick meminta bank-bank BUMN mempertahankan porsi pinjaman yang terkena dampak volatilitas rupee, suku bunga, dan harga minyak. Eric mengatakan, BUMN yang terkena dampak impor bahan baku dan BUMN yang porsi utang luar negerinya besar (dalam USD) seperti Pertamina, PLN, BUMN Farmasi, MIND ID, sebaiknya mengakuisisi USD dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

“Selain menguji sensitivitas pembayaran pokok dan/atau bunga atas utang berdenominasi dolar yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat,” lanjut Eric. 

Lebih lanjut, lanjut Eric, BUMN yang fokus di pasar ekspor seperti MIND ID Mining dan perkebunan PTPN dapat memanfaatkan tren kenaikan harga tersebut untuk mengurangi memburuknya neraca perdagangan. Eric mengatakan, BUMN yang memiliki utang luar negeri atau berencana menerbitkan instrumen dolar AS sebaiknya mengkaji opsi lindung nilai untuk mengurangi dampak fluktuasi nilai tukar.

“Seluruh BUMN diharapkan waspada dan waspada, memantau situasi saat ini, mengingat kemungkinan kenaikan suku bunga dalam waktu dekat,” kata Eric. 

Direktur Utama PT Pertamina Nike Vidyavati mengatakan, Pertamina terus mencermati perkembangan terkini dan dampak geopolitik yang memanas terhadap rantai pasokan energi global. Nicke mengatakan fluktuasi harga minyak dunia akan semakin dinamis seiring dengan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. 

“Kami akan terus meningkatkan upaya mitigasi risiko untuk mengurangi potensi dampak dinamika ekonomi dan geopolitik, termasuk pengendalian biaya, memilih manajemen inventaris terbaik dan efektif, meningkatkan produksi produk berkinerja tinggi, dan efisiensi di seluruh area operasi. “ucap Nick.

Direktur Utama Bank PT Rakyat Indonesia (BRI), Direktur Sunars, menegaskan BRI akan mengambil tindakan tegas dalam rencana aksi korporasinya ke depan. BRI, seperti Sunarso, juga akan secara hati-hati dan terukur mendukung alokasi kredit yang secara proporsional dipengaruhi oleh volatilitas rupee, suku bunga, dan harga minyak.

Tentu saja atas instruksi Pak Menteri, kami akan melakukan stress test, serta menyiapkan berbagai skenario peluang yang mungkin timbul dalam perekonomian negara sehubungan dengan dinamika situasi ekonomi dan geopolitik global, kata Sunarso.

happy Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global
Happy
0 %
sad Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global
Sad
0 %
excited Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global
Excited
0 %
sleepy Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global
Sleepy
0 %
angry Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global
Angry
0 %
surprise Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D