Ini Niat Puasa Rajab 2024 dan Keutamaannya yang Sangat Spesial

0 0
Read Time:2 Minute, 0 Second

Jakarta – Puasa Rajab merupakan ibadah yang dilakukan umat Islam di bulan Rajab. Menurut penanggalan Hijriah, bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam rangkaian 12 bulan.

Umat ​​Islam diperkirakan akan memasuki bulan Rajab 1445 Hijriah pada hari Sabtu, 13 Januari 2024 besok. Bagi umat Islam, puasa Rajab pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja asalkan dalam bulan tersebut.

Namun dianjurkan untuk tidak berpuasa Rajab sebulan penuh karena dapat mengubah status puasa dari sunnah menjadi makruh.

Berdasarkan penanggalan Hijriah, awal bulan Rajab 1444 H jatuh pada tanggal 33 Januari 2024. Oleh karena itu, puasa Rajab 2024 sudah dapat dilaksanakan:

Sedangkan Ayyamul Bidha atau pertengahan bulan merupakan waktu terbaik untuk menjalankan Puasa Rajab. Bisa juga dilakukan setiap hari Senin, Kamis, dan Jumat, atau bergantian satu hari puasa dan satu hari tidak puasa, di bulan Rajab.

Umat ​​Islam yang mempunyai hutang puasa di bulan Ramadhan dan ingin melunasinya diperbolehkan membayarnya bersamaan dengan puasa khitanan Rajab.

Selain itu, dalam menjalankan ibadah, umat Islam disarankan untuk berekspektasi terlebih dahulu. Untuk puasa Rajab, niatnya bisa dibaca secara lisan atau diam-diam pada malam hari hingga waktu Imsak.

Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillâhi ta’âlâ.

Itu berarti:

“Aku niat mempercepat bulan Rajab, sunnah karena Allah ta’âlâ.”

Selain nazar di malam hari, nazar puasa Rajab juga bisa dibaca di siang hari jika orang lupa nazar di malam hari. Sumpah ini boleh diucapkan mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari asalkan tidak ada orang yang melakukan sesuatu yang dapat membatalkan puasanya.

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i syahri rajaba lillâhi ta’âlâ.

Itu berarti:

“Saya niat puasa sunat bulan Rajab hari ini, sunnah karena Allah ta’âlâ.”

Mengenai keutamaan puasa Rajab, sebagaimana dikemukakan Imam al-Ghazali dalam Ihyâ ‘Ulumiddîn (vol. 3, p. 431) menyebutkan dua hadis yang menjelaskan keutamaan puasa Rajab, yaitu: 1. Puasa di bulan Rajab. Rajab lebih utama dibandingkan puasa 30 hari pada bulan lainnya.

Itu berarti:

Puasa satu hari di bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab) lebih utama dibandingkan puasa 30 hari di bulan lainnya. Puasa satu hari di bulan Ramadhan lebih utama dari 30 hari di bulan Ramadhan. .-bulan haram.” 2. Setiap hari berpuasa di bulan Rajab, anda akan mendapatkan pahala yang setara dengan 900 tahun ibadah.

Itu berarti:

“Barangsiapa berpuasa tiga hari di bulan suci, Jumat dan Sabtu, maka Allah akan membalas setiap harinya dengan pahala ibadah 900 tahun. “Membaca Sumpah Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Muharram, Begini Tata Caranya. Begitulah maksud dan maknanya dibaca. gospelangolano.com.co.id 16 Juli 2024

happy Ini Niat Puasa Rajab 2024 dan Keutamaannya yang Sangat Spesial
Happy
0 %
sad Ini Niat Puasa Rajab 2024 dan Keutamaannya yang Sangat Spesial
Sad
0 %
excited Ini Niat Puasa Rajab 2024 dan Keutamaannya yang Sangat Spesial
Excited
0 %
sleepy Ini Niat Puasa Rajab 2024 dan Keutamaannya yang Sangat Spesial
Sleepy
0 %
angry Ini Niat Puasa Rajab 2024 dan Keutamaannya yang Sangat Spesial
Angry
0 %
surprise Ini Niat Puasa Rajab 2024 dan Keutamaannya yang Sangat Spesial
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D