Tak Siram Air Panas atau Gunakan Microwave, Begini Cara Cepat Cairkan Ayam Beku dalam 1 Menit

0 0
Read Time:2 Minute, 43 Second

gospelangolano.com, Jakarta Daging ayam kerap menjadi hidangan favorit keluarga dengan berbagai macam masakannya, seperti ayam goreng, ayam bakar, ayam goreng, ayam merica dan lain-lain. Rasa lezat dan tekstur daging ayam yang lembut selalu menggoda selera.

Selain kelezatannya, daging ayam diakui sebagai sumber protein yang bermanfaat bagi tubuh. Healthline.com menyebutkan bahwa daging ayam mengandung lemak, selenium, fosfor, vitamin B6 dan B12, zinc dan nutrisi lainnya. Nutrisi ini dapat membuat perut kenyang lebih lama, membantu penurunan berat badan, menguatkan otot dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan memasak, banyak orang yang menyimpan stok daging ayam beku yang sudah ditutup atau dimasak terlebih dahulu. Artinya daging ayam beku bisa langsung dicairkan dan dimasak dengan cepat menggunakan teknik berbeda.

Namun, sebagian orang kesulitan mencairkan ayam beku karena potongan dagingnya menempel dan sulit dikeluarkan. Selain itu, jika dibiarkan di suhu ruangan, daging ayam membutuhkan waktu berjam-jam untuk kembali ke kondisi mentahnya.

Untuk mengatasinya, orang biasanya memanaskan ayam di microwave atau merendamnya di air panas. Namun, ada cara lain yang tak kalah simpelnya seperti yang disarankan Devina, salah satu pengguna TikTok. Setelah diselidiki, terungkap bahwa Devina hanya menggunakan alat agar daging ayamnya bisa dicairkan dalam waktu singkat, hanya 1 menit.

Yuk simak informasi lengkapnya yang diutarakan salah satu pengguna TikTok dengan akun @devinasalim13, pada Rabu (5/06/2024).

Dalam video TikToknya, Devina menggunakan pengering rambut untuk mencairkan daging ayam.

Keluarkan ayam beku dari freezer untuk memulai langkah pencairan. 

Setelah itu gunakan pengering untuk mengalirkan udara selama 1 menit. Dengan menggunakan alat ini secara merata, lapisan es yang menempel pada daging ayam langsung meleleh.

Setelah daging ayam benar-benar mencair, langkah selanjutnya adalah mengambil dan memisahkan potongan ayam. Terlihat jelas potongan daging ayam yang tadinya menempel satu sama lain kini terpisah dan tidak lengket lagi.

72 ribu orang menonton video ini dan meninggalkan berbagai komentar antusias di TikTok, mengungkapkan keinginan mereka untuk mencoba mencairkan daging ayam dengan pengering rambut.

“Besok ada pengering yang menganggur, aku hanya ingin menebang hutannya,” tulis TikTok @sandrandindot08.

“Yah, aku tidak memikirkannya,” kata @saltedboba_ dari TikTok.

“Iya iya, aku nggak kepikiran soal itu,” imbuh TikTok @nic__87.

Dikutip dari berbagai sumber, sebaiknya hindari merendam daging ayam beku langsung di dalam air, karena cara ini dapat mengaktifkan pertumbuhan bakteri yang cepat dan mengurangi kelezatan daging ayam. Jika Anda memilih untuk mencairkan es dengan air, masukkan ayam ke dalam wadah tertutup sebelum merendamnya di dalam wadah tersebut.

Di dalam lemari es (freezer), potongan ayam mentah bisa disimpan hingga 9 bulan, sedangkan ayam utuh bisa dibekukan hingga 1 tahun. Ayam matang bisa bertahan antara 2 hingga 6 bulan jika disimpan di freezer.

Daging giling baik daging sapi, domba atau ayam hanya bisa bertahan 1 hingga 2 hari di lemari es. Jika disimpan di freezer, daging cincang bisa bertahan hingga 3 – 4 bulan.

Dikutip dari dailymail.co.uk Daging ayam yang dihasilkan melalui proses pembekuan memiliki kemampuan membunuh bakteri Campylobacter yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan potensi keracunan. Proses pembekuan ini juga membantu “menidurkan” bakteri lain yang kemudian mati jika dipanaskan selama proses memasak.

Daging ayam sebaiknya disimpan dalam plastik atau wadah kedap udara lalu dimasukkan ke dalam lemari es. Dengan disimpan di lemari es, daging ayam bisa bertahan hingga 2 hingga 3 hari. Sedangkan di dalam freezer, daging ayam bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

happy Tak Siram Air Panas atau Gunakan Microwave, Begini Cara Cepat Cairkan Ayam Beku dalam 1 Menit
Happy
0 %
sad Tak Siram Air Panas atau Gunakan Microwave, Begini Cara Cepat Cairkan Ayam Beku dalam 1 Menit
Sad
0 %
excited Tak Siram Air Panas atau Gunakan Microwave, Begini Cara Cepat Cairkan Ayam Beku dalam 1 Menit
Excited
0 %
sleepy Tak Siram Air Panas atau Gunakan Microwave, Begini Cara Cepat Cairkan Ayam Beku dalam 1 Menit
Sleepy
0 %
angry Tak Siram Air Panas atau Gunakan Microwave, Begini Cara Cepat Cairkan Ayam Beku dalam 1 Menit
Angry
0 %
surprise Tak Siram Air Panas atau Gunakan Microwave, Begini Cara Cepat Cairkan Ayam Beku dalam 1 Menit
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D