Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim

0 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Presiden Jokowi menunjuk Menteri Kelautan dan Investasi Luhut Binsar Pandzaitan sebagai Ketua Tim Percepatan Pembangunan Olahraga Nasional.

Hal itu tertuang dalam Pasal 5 Perpres Nomor 19 Tahun 2024, Perpres Percepatan Pembangunan Industri Game Nasional yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada Senin, 12 Februari 2024.

Berdasarkan Peraturan Presiden tersebut, Tim Percepatan Pengembangan Industri Olahraga Nasional mempunyai tugas melakukan koordinasi dan koordinasi, menetapkan langkah-langkah dan kebijakan untuk mengatasi permasalahan dan hambatan, melakukan pemantauan dan evaluasi, serta merekomendasikan perubahan Program Pengembangan Industri Olahraga Nasional.

Sesuai Pasal 5 ayat (2) Perpres tersebut, tim percepatan pengembangan industri game nasional terdiri atas tim direksi dan pelaksana harian.

Berdasarkan Keputusan Presiden tersebut, secara berkala para pengurus Tim Pembinaan Industri Olahraga Nasional diutus untuk memberikan petunjuk, saran dan gagasan terhadap Program Percepatan Pembangunan Industri Olahraga Nasional dan laporan pelaksanaan Program Percepatan Pembangunan Industri Olahraga Nasional. Langsung ke Presiden.

Sebagai ketua umum, ia akan membentuk gugus tugas khusus Luhut, termasuk kelompok kepentingan jika diperlukan.

Sebagai Ketua Umum tim ini, Luhut juga memantau dan mengevaluasi pelaksanaan percepatan pembangunan industri olahraga nasional yang menjadi kewenangannya.

Pemantauan dan evaluasi dilakukan setiap enam bulan sekali. Selanjutnya, hasil pemantauan dan evaluasi dilaporkan secara berkala setiap enam bulan atau sewaktu-waktu apabila diperlukan.

Pada pasal 9 disebutkan, Luhut selaku ketua tim akan didukung oleh Sekretaris Bidang Koordinasi Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi dalam menjalankan tugasnya.

Sekretaris ini mengepalai Sekretariat dan bertanggung jawab memberikan dukungan material, teknis dan administratif berdasarkan pembagian kelompok.

Struktur organisasi dan proses kerja sekretariat kini akan ditentukan oleh Direktur Utama.

Selain Luhut selaku Ketua Tim Percepatan Pengembangan Industri Olahraga Nasional, beberapa menteri lainnya menjabat sebagai wakil direktur tim ini. Di antaranya Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kepala Staf Presiden, Gubernur BI, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

Selanjutnya, tim pelaksana sehari-hari dalam Tim Percepatan Pengembangan Industri Olahraga Nasional dipimpin oleh Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Industri Kreatif, Wakil Ketua, Menteri Komunikasi dan Informatika.

Anggotanya kini antara lain Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Keuangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, dan Menteri Perindustrian. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. Kepala Bappenas, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Dr.

 

 

Perpres ini juga menjelaskan bahwa pembiayaan pelaksanaan percepatan pengembangan industri game nasional bersumber dari APBN, APBD dan sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

Pendanaan melalui APBN dan APBD diberikan sesuai dengan kemampuan keuangan negara dan kemampuan keuangan daerah. Hal ini mulai berlaku sejak tanggal dikeluarkannya Peraturan Presiden ini.

happy Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim
Happy
0 %
sad Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim
Sad
0 %
excited Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim
Excited
0 %
sleepy Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim
Sleepy
0 %
angry Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim
Angry
0 %
surprise Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Ketua Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Industri Gim
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D