Festival Kenduri Swarnabhumi, Merayakan Warisan Budaya di DAS Batanghari

0 0
Read Time:1 Minute, 18 Second

gospelangolano.com, JAMBI – Kegiatan budaya Kenduri Swarnabhumi yang berlangsung di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari memasuki tahun ketiga dan dimulai pada Rabu (5/6/2024). Kegiatan ini mengukuhkan posisinya sebagai upaya pemajuan kebudayaan dan pelestarian lingkungan hidup di sepanjang daerah aliran sungai Batanghari yang melintasi wilayah kabupaten/kota di Provinsi Jambi dan Kabupaten Dharmasraya di Provinsi Sumatera Barat.

Kenduri Swarnabhumi 2024 mengambil tema ‘Reconnecting Communities to River Civilization’ dan lebih banyak melibatkan tokoh lokal dalam pelaksanaannya. Termasuk dengan membentuk kurator lokal yang merancang dan memastikan gagasan penyelenggaraan kegiatan di setiap daerah tetap berakar kuat pada tradisi budaya.

Direktur Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid mengatakan, Kenduri Swarnabhumi bukan sekadar festival tahunan, melainkan cara masyarakat kembali memuliakan Sungai Batanghari dengan terus menjaganya. ekosistem.

Swanabhumi Kenduri ibarat kapal yang akan mengantarkan kebahagiaan di masa depan dan mengantarkan kita menuju kejayaan Jambi, kata Hilmar dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Direktur Film, Musik, dan Media Kemendikbud Ahmad Mahendra mengatakan Kenduri Swarnabhumi merupakan salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat bahwa Jambi di masa lalu memiliki peradaban yang luar biasa maju. Beberapa kearifan lokal masih digunakan hingga saat ini.

Mahendra mengatakan, penyelenggaraan Kenduri Swarnabhumi yang dilaksanakan sejak tahun 2022 berhasil mempertemukan berbagai jaringan pelaku budaya dan komunitas lingkungan hidup di Kabupaten Jambi untuk menggaungkan peluang budaya bersama yang sejalan dengan perlindungan lingkungan hidup. 

“Semangat kerjasama yang telah terjalin antara Kemendikbud dan pemerintah daerah dalam mensukseskan Kenduri Swarnabhumi harus terus diperkuat, agar semangat kemajuan budaya khususnya di DAS Batanghari mempunyai manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat. masyarakat,” kata Mahendra.

happy Festival Kenduri Swarnabhumi, Merayakan Warisan Budaya di DAS Batanghari
Happy
0 %
sad Festival Kenduri Swarnabhumi, Merayakan Warisan Budaya di DAS Batanghari
Sad
0 %
excited Festival Kenduri Swarnabhumi, Merayakan Warisan Budaya di DAS Batanghari
Excited
0 %
sleepy Festival Kenduri Swarnabhumi, Merayakan Warisan Budaya di DAS Batanghari
Sleepy
0 %
angry Festival Kenduri Swarnabhumi, Merayakan Warisan Budaya di DAS Batanghari
Angry
0 %
surprise Festival Kenduri Swarnabhumi, Merayakan Warisan Budaya di DAS Batanghari
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D