9 Fakta Menarik The Simpsons yang Jarang Orang Tahu

0 0
Read Time:5 Minute, 52 Second

gospelangolano.com, Jakarta – The Simpsons adalah salah satu serial animasi paling populer dan berpengaruh dalam sejarah pertelevisian. Pertunjukan ini mengikuti kehidupan keluarga Simpson, khususnya Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie, di kota fiksi Springfield.

Dikenal karena humornya yang khas dan komedi sosial yang tajam, The Simpsons telah menjadi pokok budaya populer sejak debutnya pada tahun 1989. The Simpsons saat ini sedang memasuki musim ke-35, dan telah diperbarui untuk musim ke-36.

Ketika pertunjukan berakhir di musim 36, The Simpsons akan mengakhiri penayangannya dengan total 801 episode. Ini tidak termasuk film The Simpsons tahun 2007.

The Simpsons membuka jalan bagi serial animasi populer lainnya seperti Family Guy dan South Park, yang keduanya sudah ada sejak lebih dari dua dekade.

Namun, hanya sedikit pertunjukan lain yang berhasil bertahan dan memiliki dampak budaya yang sama seperti The Simpsons. Meski popularitasnya tak setinggi dulu, namun serial ini masih memiliki banyak penggemar setia.

Acara ini telah memenangkan banyak penghargaan dan diakui secara luas sebagai salah satu program televisi terbaik sepanjang masa. Dengan daya tariknya yang abadi dan penggemar setianya, The Simpsons tetap menjadi kekuatan yang tak terbantahkan dalam dunia hiburan.

Dan berikut beberapa fakta mengejutkan serial animasi The Simpsons yang jarang diketahui, seperti dilansir Digital Trends, Selasa (14/5/2024).

Rumah Simpson yang terkenal di 742 Evergreen Terrace mungkin tidak berada di Portland, tetapi masih berdiri di Henderson, Nevada.

Rumah itu dibangun pada tahun 1997 sebagai bagian dari kampanye iklan Pepsi dan Fox Show. Rumah itu dirancang, dibangun, dicat, dan didekorasi mirip dengan rumah keluarga Simpson dalam animasi. Bahkan rumah pohon Bart dibuat ulang di halaman belakang.

Rumah tersebut masih ada hingga saat ini, meskipun pemiliknya saat ini telah menyembunyikannya di Google Maps untuk mencegah wisatawan mengunjunginya dan menjaga privasi mereka.

Pada tahun 1990, hanya satu tahun setelah The Simpsons tayang perdana, album spin-off, The Simpsons Sing the Blues, dirilis dan dijual di toko musik. Single utama album, Do The Bartman, ditulis oleh salah satu penyanyi legendaris dan penggemar berat acara tersebut, Michael Jackson.

Jackson juga kemudian meminjamkan suaranya untuk episode pertama musim ketiga bertajuk Stark Raving Dead, di mana dia memerankan karakter bernama Leon Kompowski yang percaya bahwa dia adalah Michael Jackson.

Jackson tidak hanya menulis lagu Selamat Ulang Tahun Lisa untuk episode ini, tetapi juga dinyanyikan oleh Kip Lennon. Namun karena tuduhan pelecehan seksual terhadap Jackson, episode Stark Raving Dad ditarik dari sindikasi dan platform streaming.

Saat ini, satu-satunya cara untuk mendapatkan salinan resmi adalah dengan menemukan DVD yang sudah tidak lagi dicetak untuk musim ketiga The Simpsons.

Sebelum The Simpsons muncul, kata “D’oh!” Kata ini tidak memiliki arti khusus, meskipun telah ada dalam bahasa Inggris selama beberapa dekade.

Namun, penggunaan kata tersebut oleh Dan Castellanietta (pengisi suara Homer) sebagai ekspresi kekesalan menjadikannya istilah yang populer. Pada tahun 1998, kata “D’oh!” Ditambahkan ke Kamus Bahasa Inggris Oxford, lengkap dengan tanda seru.

Selain itu, The Simpsons menciptakan kata “chocotastic” dan “cromulent”, serta mempopulerkan istilah-istilah yang sebelumnya jarang digunakan seperti “cryptocular”, “embiggen”, “impossible”, “meh” dan “yoink”. Hal ini merupakan konsekuensi tak terduga dari dampak budaya acara tersebut.

Meskipun penggemar biasa The Simpsons mungkin tidak terlalu memperhatikan kredit penulis, John Swartzwelder adalah sosok legendaris di kalangan penggemar beratnya.

Swartzwelder menulis 59 episode selama 14 musim pertama acara tersebut, meskipun episode terakhirnya ditunda hingga musim ke-15.

Swartzwelder sendiri muncul dalam beberapa episode, dan dia kembali sebentar pada tahun 2007 untuk membantu pembuatan The Simpsons Movie.

Swartzwelder dikenal sebagai orang yang sangat tertutup dan jarang memberikan wawancara.

Setelah pensiun dari The Simpsons pada tahun 2003, Swartzwelder mulai menulis novel komik yang diterbitkan sendiri. Banyak novelnya berkisar pada karakter asli seperti detektif Frank Burley.

Swartzwelder juga menjual novelnya langsung melalui situs resminya.

Menariknya, butuh waktu sepuluh tahun bagi perusahaan mainan Playmates untuk melakukan upaya besar pertama mereka dalam mengadaptasi The Simpsons menjadi mainan.

Pada bulan Desember 1999, Playmates meluncurkan koleksi World of Springfield, yang berisi lebih dari 200 action figure sebelum dihentikan pada tahun 2004.

Homer paling populer dengan 23 varian, disusul Bart dengan 15 varian.

Perusahaan mainan lainnya, Jakks Pacific, bahkan dikabarkan akan memproduksi lini mainan Simpsons baru akhir tahun ini, sehingga setiap penduduk Springfield yang tidak disebutkan namanya akhirnya bisa mendapatkan action figure masing-masing.

Meskipun The Simpsons tidak muncul pada masa kegemaran video game asli pada tahun 1980-an, mereka tiba pada waktunya untuk menggemparkan dunia arcade pada tahun 1991.

Video game pertama The Simpsons dibuat oleh Konami dan merupakan game beat-em-up side-scrolling berdasarkan acara tersebut. Game ini bahkan memiliki beberapa akting cemerlang dari karakter-karakter dari komik strip Life in Hell karya pencipta The Simpsons, Matt Groening.

Sebagian besar dari 24 game yang dirilis kemudian adalah untuk konsol game rumahan seperti NES, Sega Genesis, dan lainnya. Setelah mencapai puncak popularitasnya di tahun 90an, rilis video game Simpsons melambat secara signifikan.

Game besar terakhir yang dirilis untuk konsol non-seluler adalah game The Simpsons, yang dirilis pada tahun 2007, bersamaan dengan filmnya.

Sejak saat itu, The Simpsons Arcade Game dihadirkan kembali oleh Arcade1Up, namun saat ini belum ada rencana untuk merilis judul baru.

Penduduk lama Portland, Oregon tahu bahwa banyak karakter pendukung acara tersebut diberi nama sesuai jalan di kota mereka. Misalnya, Jalan Flanders dinamai tetangga Homer, Ned Flanders.

Selain itu, Burnside Street, Lovejoy Street, Van Houten Avenue, dan Quimby Street berbagi nama dengan tokoh-tokoh seperti Mr. Burns, Pendeta Lovejoy, Van Houten’s Mill House, dan Walikota Quimby.

Faktanya, jalan tempat tinggal keluarga Simpson, Evergreen Terrace, dinamai sesuai nama jalan sebenarnya di Portland. Namun sayangnya, rumah keluarga Simpson yang kita ketahui dari pertunjukannya tidak ada di sini.

Selama musim keenam The Simpsons, Matt Groening sangat marah dengan episode A Star Is Burns sehingga dia meminta namanya dihapus dari episode tersebut.

Hal ini disebabkan adanya persilangan dengan The Critic, sebuah serial pendek animasi yang dibintangi Jon Lovitz sebagai kritikus film Jay Sherman. Kritikus awalnya hanya memiliki satu musim di ABC sebelum Fox mengambilnya untuk musim kedua, dan The Simpsons digunakan untuk mempromosikan tambahan baru pada jajaran jaringan.

Ironisnya, A Star Is Burns adalah episode tercinta yang menampilkan salah satu baris paling terkenal dalam sejarah Simpsons, “I say boo-urns.”

Sejak itu, The Simpsons menampilkan bintang tamu dari acara seperti The X-Files, 24, dan Futurama yang mengulangi karakter mereka untuk episode crossover.

Duo utama Rick dan Morty juga muncul sebentar di adegan pembuka The Simpsons ketika mereka secara tidak sengaja membunuh keluarga Simpson. Selain itu, tamu The Simpsons membintangi dua episode Family Guy.

Peringatan 40 tahun serial TV The Simpsons akan jatuh pada tahun 2029, tetapi peringatan 40 tahun sebenarnya dari serial tersebut akan terjadi dua tahun sebelumnya, pada tahun 2027.

Pasalnya, karakter tersebut pertama kali debut dalam film pendek di Tracey Ullman Show pada 19 April 1987. Fox kemudian memberi The Simpsons acara TVnya sendiri berdasarkan popularitas film pendek tersebut.

Meskipun Tracey Ullman mempermasalahkan hak cipta karakter tersebut dan mengajukan gugatan terhadap Fox pada tahun 1992, dengan alasan bahwa dia berhak mendapat bagian dari keuntungan acara tersebut karena karakter tersebut pertama kali muncul dalam serialnya, dia berperan sebagai Tamu di musim kedua The Simpsons. Namun pada akhirnya kasus Al-Oman ditolak pengadilan.

happy 9 Fakta Menarik The Simpsons yang Jarang Orang Tahu
Happy
0 %
sad 9 Fakta Menarik The Simpsons yang Jarang Orang Tahu
Sad
0 %
excited 9 Fakta Menarik The Simpsons yang Jarang Orang Tahu
Excited
0 %
sleepy 9 Fakta Menarik The Simpsons yang Jarang Orang Tahu
Sleepy
0 %
angry 9 Fakta Menarik The Simpsons yang Jarang Orang Tahu
Angry
0 %
surprise 9 Fakta Menarik The Simpsons yang Jarang Orang Tahu
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D