Stres Bisa Bikin Nafsu Makan Hilang, Ini 3 Tips agar Tetap Berselera

0 0
Read Time:2 Minute, 31 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Kehilangan minat karena stres adalah hal biasa. Terkadang stres membuat perut terasa kenyang meski tidak makan selama beberapa jam, sehingga membuat banyak orang kesulitan makan padahal tubuh membutuhkan nutrisi.

Stres dapat menimbulkan masalah pada kesehatan fisik, terutama pada sistem pencernaan, dan gejala yang ditimbulkannya berbeda-beda pada setiap orang.

“Dampak stres terhadap nafsu makan sangatlah kompleks dan bervariasi dari orang ke orang,” Christina Gentile, PsyD, psikolog kesehatan klinis bersertifikat yang berspesialisasi dalam gangguan makan di UCLA Health, mengatakan kepada DIRI.

Beberapa penderita depresi merasa sangat ingin makan saat sedang cemas karena kortisol (hormon stres) dapat membuat mereka mendambakan sumber energi cepat seperti karbohidrat.

Sementara yang lain mungkin kehilangan nafsu makan. Hal ini disebabkan oleh hormon lain yang dikeluarkan tubuh saat Anda stres, seperti hormon pelepasan adrenalin dan kortikotropin yang mampu menekan rasa lapar.

“Orang mungkin mengalami gejala gastrointestinal sebagai respons terhadap stres, seperti mual, nyeri, atau sakit perut yang membuat sulit makan,” tambah Gentile.

Perlu diingat bahwa ketika tubuh tidak mengonsumsi makanan, dapat menyebabkan perubahan suasana hati, kelelahan, dan mual.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Gentiles memberikan tiga tips mengelola makanan saat stres agar lebih efektif menjaga kesehatan fisik dan emosional, seperti dilansir DIRI pada Jumat, 31 Mei 2024.

 

Stres jangka pendek dapat menurunkan nafsu makan. Menurut orang bukan Yahudi, hal ini terjadi karena situasi menakutkan menstimulasi sistem saraf simpatik, yang mengontrol respons melawan-atau-lari, sehingga mengurangi perekrutan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mencoba pernapasan diafragma, yang juga dikenal sebagai pernapasan dalam atau perut. Metode ini merangsang sistem saraf parasimpatis, yang membantu tubuh memasuki mode “istirahat dan pencernaan”.

Latihan pernapasan cepat sebelum makan ini terbukti secara ilmiah mampu mengurangi stres. Untuk melakukan ini, duduk atau berbaring dengan nyaman, letakkan satu tangan di perut di bawah tulang rusuk dan tangan lainnya di dada.

Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan rasakan perut mendorong lengan keluar tanpa menggerakkan dada. Kemudian kerutkan bibir Anda seperti sedang bersiul. Berlatihlah selama lima menit atau lebih untuk menenangkan pikiran dan perasaan Anda.

Ketika nafsu makan hilang karena stres, memasak menjadi sulit. Oleh karena itu Nation menganjurkan agar makanan dibuat sederhana.

Menemukan keseimbangan antara makanan yang disukai tubuh dan makanan yang nyaman bagi tubuh adalah kuncinya. Hindari makanan berat dan berlemak.

Sebaliknya, pilihlah camilan yang hambar namun mengenyangkan seperti yogurt dengan buah segar, sayuran cincang, ayam dan nasi, atau selai kacang.

Meski tidak terlalu menarik, makanan yang tersedia dan enak di perut akan membuat Anda makan sesuatu, kata Dr. Seorang kafir.

Gentiles merekomendasikan untuk mematikan notifikasi, mematikan komputer, dan duduk untuk makan tanpa terganggu oleh tugas lain. Ini karena memfokuskan kembali seluruh perhatian Anda pada makanan dapat membantu mengurangi stres dan sakit perut.

Mengunyah makanan secara menyeluruh merangsang pelepasan enzim pencernaan dalam air liur, memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil sehingga lebih mudah dicerna.

Makan dengan penuh kesadaran dapat mengganggu pikiran yang membuat stres dan memicu respons “istirahat dan cerna” tubuh.

Jika stres menyebabkan Anda terus-menerus kehilangan minat, konsultasikan dengan dokter atau dokter. Mereka dapat membantu menentukan penyebabnya dan menyarankan cara-cara sehat untuk mengatasi stres.

happy Stres Bisa Bikin Nafsu Makan Hilang, Ini 3 Tips agar Tetap Berselera
Happy
0 %
sad Stres Bisa Bikin Nafsu Makan Hilang, Ini 3 Tips agar Tetap Berselera
Sad
0 %
excited Stres Bisa Bikin Nafsu Makan Hilang, Ini 3 Tips agar Tetap Berselera
Excited
0 %
sleepy Stres Bisa Bikin Nafsu Makan Hilang, Ini 3 Tips agar Tetap Berselera
Sleepy
0 %
angry Stres Bisa Bikin Nafsu Makan Hilang, Ini 3 Tips agar Tetap Berselera
Angry
0 %
surprise Stres Bisa Bikin Nafsu Makan Hilang, Ini 3 Tips agar Tetap Berselera
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D