Ingin Masuk Gaza, Ini Jarak dari Perbatasan Rafah ke Mesir

0 0
Read Time:1 Minute, 23 Second

Jakarta – Isu Gaza kian memanas. dan membuat banyak pihak harus menyalurkan bantuan. Akses ke Gaza hanya melalui Mesir melalui Rafah. Jarak yang harus ditempuh dari perbatasan Rafah ke Mesir adalah 380 kilometer.

Rafah dan Mesir termasuk di antara rute masuk dan keluar Gaza. Jarak perbatasan Rafah ke Mesir relatif dekat dan terus menerus Rafah menjadi satu-satunya penyeberangan yang belum pernah dicapai Israel. dan menyediakan jalur konektivitas bagi warga Palestina di Jalur Gaza.

Rafah kini menjadi topik hangat dunia akibat serangan Israel. Akses melalui penyeberangan Rafah kini dikuasai langsung oleh Mesir, namun pemerintah Israel terus memantau seluruh aktivitas di Gaza selatan dari pangkalan militer Kerem Shalom yang terletak di persimpangan antara Gaza, Mesir, dan Israel.

Jarak perbatasan Rafah ke Mesir adalah 380 kilometer melalui jalan darat melalui gurun pasir Semenanjung Sinai. Israel mengontrol akses laut dan udara ke Jalur Gaza dan sebagian besar perbatasan daratnya. Untuk mencapai Rafah Junction, dibutuhkan waktu kurang lebih 5-6 jam dari Kairo melalui jalur darat.

The Times of Israel melaporkan pada Rabu (6/5/2024) bahwa Mesir telah memperketat pembatasan hingga lockdown penuh. Menyusul serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 yang berujung pada serangan militer Israel di Jalur Gaza.

Bulan lalu Israel menguasai seluruh perbatasan Gaza dengan Mesir. Ini termasuk penyeberangan saat serangan Hamas di Rafah. Penyeberangan tersebut tetap menjadi satu-satunya jalan menuju dunia luar bagi 2,3 juta penduduk wilayah yang diblokir oleh Israel.

Ketika penyeberangan perbatasan Israel ditutup, Rafah menjadi satu-satunya jalan bagi warga Gaza untuk meninggalkan garis pantai seluas 360 kilometer persegi. dan menjadi titik fokus upaya bantuan kemanusiaan. Serta memperbolehkan warga yang terluka dan pemegang paspor asing untuk pergi.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

happy Ingin Masuk Gaza, Ini Jarak dari Perbatasan Rafah ke Mesir
Happy
0 %
sad Ingin Masuk Gaza, Ini Jarak dari Perbatasan Rafah ke Mesir
Sad
0 %
excited Ingin Masuk Gaza, Ini Jarak dari Perbatasan Rafah ke Mesir
Excited
0 %
sleepy Ingin Masuk Gaza, Ini Jarak dari Perbatasan Rafah ke Mesir
Sleepy
0 %
angry Ingin Masuk Gaza, Ini Jarak dari Perbatasan Rafah ke Mesir
Angry
0 %
surprise Ingin Masuk Gaza, Ini Jarak dari Perbatasan Rafah ke Mesir
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D