Apa Bahayanya Jika Ambeien Tingkat 4 tak Segera Diobati?

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

REPUBLIK JAKARTA – Aktris Sandra Devi baru saja menjalani operasi wasir stadium 4, namun kondisinya tampak semakin membaik dengan unggahan di akun Instagram story miliknya. Menurut Mayo Clinic, ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah. SAYA

Wasir mirip dengan varises. Wasir dapat berkembang di dalam rektum dan disebut wasir internal. Wasir juga bisa berkembang di bawah kulit sekitar anus, yang disebut wasir eksternal. Gejala wasir biasanya berbeda-beda tergantung jenis wasirnya.

Wasir internal terletak di dalam rektum. Pasien biasanya tidak dapat melihat atau merasakannya dan jarang menimbulkan rasa sakit. Namun, stres dan iritasi saat buang air besar bisa menimbulkan dampak yang beragam.

Ini mirip dengan pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar. Pasien mungkin melihat sejumlah kecil darah merah cerah di tinja. Wasir yang menonjol dari anus disebut wasir prolaps dan dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Berikutnya, wasir luar terletak di bawah kulit sekitar anus. Gejalanya berupa rasa gatal atau perih, nyeri atau rasa tidak nyaman di area anus, bengkak di sekitar anus, pendarahan, dan wasir trombosis.

Wasir luar dapat mengumpulkan darah dan membentuk bekuan darah yang disebut trombus. Wasir trombosis dapat menyebabkan nyeri hebat, bengkak, peradangan, dan benjolan keras tidak berwarna di dekat anus.

Wasir disebabkan oleh peningkatan tekanan di bagian bawah rektum, mengejan saat buang air besar, terutama duduk terlalu lama di toilet, diare kronis atau sembelit, obesitas, kehamilan, seks anal, dan mengonsumsi makanan rendah serat dan benda berat secara teratur diangkat.

Seiring bertambahnya usia, risiko terkena wasir meningkat. Ini karena jaringan yang menopang pembuluh darah di rektum dan anus Anda bisa melemah dan membesar. Kondisi ini juga bisa terjadi selama kehamilan karena berat bayi memberikan tekanan pada area anus.

Komplikasi Wasir…

SAYA

SAYA

happy Apa Bahayanya Jika Ambeien Tingkat 4 tak Segera Diobati?
Happy
0 %
sad Apa Bahayanya Jika Ambeien Tingkat 4 tak Segera Diobati?
Sad
0 %
excited Apa Bahayanya Jika Ambeien Tingkat 4 tak Segera Diobati?
Excited
0 %
sleepy Apa Bahayanya Jika Ambeien Tingkat 4 tak Segera Diobati?
Sleepy
0 %
angry Apa Bahayanya Jika Ambeien Tingkat 4 tak Segera Diobati?
Angry
0 %
surprise Apa Bahayanya Jika Ambeien Tingkat 4 tak Segera Diobati?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D