Tidak Hanya Burung, 9 Hewan Ini Dipercaya Bisa Terbang di Udara

0 0
Read Time:3 Minute, 18 Second

gospelangolano.com, Malang Jika kita berbicara tentang hewan yang bisa terbang, pastinya yang pertama kali terlintas di benak kita adalah burung. Burung terkenal dengan kemampuannya terbang. Namun tahukah Anda kalau beberapa hewan tersebut juga memiliki kemampuan terbang seperti burung?

Meski tidak memiliki sayap seperti burung, namun ternyata hewan ini bisa terbang. Bahkan, ada pula yang hidup di udara! Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (5/7/2024), berikut hewan-hewan yang mampu terbang di udara seperti burung.

Ular terbang dari genus Chrysopelea, hidup di Hindia Barat dan kepulauan Indonesia, panjangnya mencapai 4 meter. Meski terbang seperti hewan lainnya, mereka lebih cepat dari tupai terbang dan colugo.

Seringkali di puncak pohon, ular terbang melompat dari dahan untuk menghindari predator atau mencari mangsa. Saat terbang, mereka menggunakan tubuh memutarnya untuk menangkap udara dan bertahan di udara lebih lama, menggunakan gerakan tubuh yang tidak menentu untuk berbalik.

Ikan pari terbang, juga dikenal sebagai pari Mobula atau pari setan, merupakan bagian dari genus Mobula dan berkerabat dekat dengan pari manta.

Ikan pari terbang berdiameter 17 kaki dan melompat hingga 6 kaki di udara. Meskipun mereka tidak bisa terbang dengan mantap, mereka dapat melakukan perjalanan jarak jauh dan kembali ke air dengan sentakan yang kuat.

Colugos yang sering disebut lemur terbang sebenarnya tidak berkerabat dengan lemur. Colugo memiliki jaring yang menghubungkan anggota badan dan ekornya, seperti halnya kelelawar.

Hal ini memungkinkan mereka meluncur lebih dari 230 kaki tanpa kehilangan ketinggian yang dapat diukur. Hewan arboreal ini aktif di malam hari dan terutama memakan makanan nabati, yang merupakan ciri unik di antara hewan yang disebutkan sebelumnya.

Katak terbang Wallace (Rhacophorus nigropalmatus), katak terbang terbesar dan paling terkenal, berasal dari hutan Malaysia dan Kalimantan.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di pepohonan, turun hanya untuk bertelur atau bersarang. Katak ini menggunakan jaring di antara kedua kakinya untuk meluncur hingga 50 meter setelah melompat dari dahan, baik saat terancam maupun saat berburu serangga.

Cumi-cumi terbang Jepang memiliki sirip dada yang khas pada tubuhnya. Meskipun sirip ini tidak dimaksudkan untuk digerakkan, namun membantu mereka untuk meluncur. Mereka tersebar di Samudera Pasifik Utara, dekat Jepang, Rusia, Cina dan Alaska.

Tupai terbang merupakan bagian dari genus Pteromyini yang mencakup lebih dari 50 spesies. Mereka tidak dapat terbang terus menerus seperti burung atau kelelawar, namun dapat terbang antar pepohonan dalam jarak yang jauh. 

Kulit yang fleksibel dan otot yang kendur di antara kedua kakinya memungkinkan beberapa spesies meluncur hingga 1.500 meter. Aktif di malam hari, mereka melompat dari puncak pohon dan bebatuan untuk mulai terbang, mengontrol arah dan kecepatan dengan mengubah posisi tubuh dan menggunakan tulang rawan kecil di tangan.

Flying fox, atau kelelawar Dunia Lama, adalah sekelompok kelelawar yang hidup di pulau-pulau tropis dan di benua Asia, berbeda dengan kelelawar lainnya karena mereka melakukan perjalanan melalui jalan darat untuk melihat dan memakan buahnya. Spesies terkecil, seperti kelelawar berlidah panjang, hanya berukuran panjang 2 hingga 3 inci, dengan lebar sayap 10 inci, sedangkan spesies yang lebih besar, seperti rubah terbang bermahkota emas, memiliki lebar sayap enam meter dan sering diburu oleh manusia.

Ikan ini memiliki sirip dada khusus yang memungkinkannya muncul dari air dan meluncur dengan kecepatan hingga 37 mph. Dengan tenaganya, ikan tersebut membubung tinggi, kemudian menggunakan siripnya untuk meluncur sejauh 600 meter dan mencapai ketinggian 4 meter.

Kelelawar, satu-satunya mamalia terbang dalam ordo Chiroptera, berukuran mulai dari lebah kecil dengan berat 0,07 ons hingga rubah terbang bermahkota emas yang beratnya bisa mencapai 3 kilogram. Mereka memakan serangga, buah, jus, dan darah hewan.

Dengan mengepakkan sayapnya, hewan seperti nyamuk, kupu-kupu, burung, kunang-kunang, lalat, dan tawon dapat terbang kemanapun mereka mau.

 

Itu ada. Hewan seperti ikan pari, kelelawar, capung, dan ular memiliki kemampuan terbang yang sama seperti burung.

Ikan terbang, tupai terbang, katak terbang Wallace, ular terbang, dan pari setan raksasa merupakan hewan yang dapat terbang tanpa menggunakan sayap.

Rhea, burung mirip burung unta terbesar di Amerika Selatan, tidak bisa terbang.

Meskipun burung, serangga, dan kelelawar memang dapat terbang, beberapa hewan dapat terbang atau terlihat seperti terbang.

happy Tidak Hanya Burung, 9 Hewan Ini Dipercaya Bisa Terbang di Udara
Happy
0 %
sad Tidak Hanya Burung, 9 Hewan Ini Dipercaya Bisa Terbang di Udara
Sad
0 %
excited Tidak Hanya Burung, 9 Hewan Ini Dipercaya Bisa Terbang di Udara
Excited
0 %
sleepy Tidak Hanya Burung, 9 Hewan Ini Dipercaya Bisa Terbang di Udara
Sleepy
0 %
angry Tidak Hanya Burung, 9 Hewan Ini Dipercaya Bisa Terbang di Udara
Angry
0 %
surprise Tidak Hanya Burung, 9 Hewan Ini Dipercaya Bisa Terbang di Udara
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D