7 Jalur Mandiri Unnes, Pilihan jika Belum Lulus SNBP dan SNBT 2024

0 0
Read Time:2 Minute, 15 Second

SEMARANG – Unnes membuka 7 jalur seleksi mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2024. Tujuh SNBP dan SNBT dapat dijadikan alternatif jika terjadi kegagalan pada tahun 2024.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan pendidikan setara dengan sebagian besar lulusan SMA dan melanjutkan pendidikan. Saat ini menurut BPS, jumlah PTN di Indonesia sebanyak 184.

Baca Juga: 8 Jalur Mandiri Menuju UNJ 2024 Bisa Jadi Pilihan Jika SNBP-SNBT Gagal

Jalur awal masuknya peserta didik baru adalah SNBP atau Jalur Sukses dan Jalur Ujian atau SNBT. Keduanya merupakan jalur nasional yang diikuti seluruh PTN, termasuk Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Pengumuman hasil SNBP akan dilakukan serentak pada tanggal 26 Maret 2024. Sedangkan pemberitahuan penghentian SNBT akan diterima pada 13 Juni 2024.

Baca Juga: 8 Cara Pemilu Mandiri UNS 2024 dan Biaya Pendaftarannya

Calon SNBP dan SNBT juga sedang menunggu Tanggal Pengumuman Lulus SNBP dan SNBT. Namun bagaimana jika Anda tidak bisa melakukan kedua cara tersebut?

Bagi yang ingin masuk Unnes namun gagal SNBP dan SNBT, jangan khawatir karena Unnes menyediakan 7 mata kuliah pilihan mandiri yang dapat dipilih oleh mahasiswa baru.

Baca Juga: IPB Buka 3 Kawasan Mandiri Awal Mei 2024, Ini Syaratnya

Berikut petikan dari situs Unnes: 7 Panduan Independen Pemilu Unnes. Pemilu Independen (SM-Unnes)

Unnes membekali mahasiswa baru jalur SM Unnes ke program Diploma (D3), S1, S2 dan S3. SM Unnes juga membuka penerimaan mahasiswa program Profesi. Jalur ini dijalankan secara mandiri oleh PTN di Jawa Tengah melalui tes tertulis dan tes bakat seni/olahraga.

2. Rapor Independen Pemilu (SMJR-Unnes)

Bagi yang gagal SNBP, Unnes merupakan kesempatan kedua untuk menambah rapor dimana bisa menjadi mahasiswa baru pilihan mandiri jenjang S1 dan/atau jenjang 3.

Pemilu Independen Internasional ke-3 (SMI-Unnes)

Unnes yang juga dikenal secara internasional sebagai daerah pemilihan mandiri, memberikan SM3-Unnes kondisi yang berbeda dengan daerah pemilihan independen lainnya mulai dari D3 hingga S1.

4. Seleksi Mandiri UTBK-SNPTN (SM-UTBK) Jalur ini dirancang sebagai landasan untuk D3 dengan menggunakan nilai UTBK-SNBT SMA/SMK/MA atau untuk penerimaan mahasiswa baru di Unnes.

5. Seleksi Seni Mandiri (SMS-Unnes)

Calon D3 dan mahasiswa S1 menggunakan jalur SMS-Unnes yang meliputi seni rupa, musik, tari, teater dan lainnya. Mereka dapat mencoba program seni dan desain seperti:

6. Seleksi Mandiri Program Pendidikan Luar Biasa (SMPS-Unnes)

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana dan D3 pada bidang ini dilakukan secara mandiri oleh Unnes untuk program studi yang ditetapkan khusus oleh Unnes.

7. Seleksi Mandiri Olahraga (SMO-Unnes)

Seleksi ini diperuntukkan bagi penerimaan mahasiswa baru S1 dan D3 jurusan olahraga untuk bidang olah raga, pelatih, wasit/penyiar televisi dan lain-lain.

Itulah 7 mata kuliah pilihan mandiri di Unnes. Hal ini diharapkan dapat memberikan calon mahasiswa berbagai pilihan dalam menentukan jalur pendaftaran yang paling diminati.

happy 7 Jalur Mandiri Unnes, Pilihan jika Belum Lulus SNBP dan SNBT 2024
Happy
0 %
sad 7 Jalur Mandiri Unnes, Pilihan jika Belum Lulus SNBP dan SNBT 2024
Sad
0 %
excited 7 Jalur Mandiri Unnes, Pilihan jika Belum Lulus SNBP dan SNBT 2024
Excited
0 %
sleepy 7 Jalur Mandiri Unnes, Pilihan jika Belum Lulus SNBP dan SNBT 2024
Sleepy
0 %
angry 7 Jalur Mandiri Unnes, Pilihan jika Belum Lulus SNBP dan SNBT 2024
Angry
0 %
surprise 7 Jalur Mandiri Unnes, Pilihan jika Belum Lulus SNBP dan SNBT 2024
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D