Kurangi Minun Air Sebelum Tidur, Bantu Cegah Beser di Malam Hari

0 0
Read Time:2 Minute, 45 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Sangat penting bagi sebagian orang untuk minum air putih setiap hari dan memperhatikan berapa banyak air yang diminum pada waktu tertentu saat ingin tidur. Spesialis gangguan tidur Jessica Wensel Rundo, MD, MS, menjelaskan mengapa Anda harus memperhatikan berapa banyak air yang Anda minum sebelum tidur.

“Secara umum, kami tidak menyarankan minum banyak air sebelum tidur, tapi sedikit saja sudah cukup,” kata Wensel Rundo, Selasa, 26 Maret 2024, dilansir Cleveland Clinic.

Jika Anda berhenti minum air dua jam sebelum tidur, Anda tidak akan membanjiri tubuh Anda dengan cairan berlebih yang dapat menyebabkan Anda ke kamar mandi di tengah malam. Jika Anda memang perlu minum air putih sebelum tidur, entah karena mulut kering atau perlu minum obat di malam hari, sedikit saja ada baiknya.

“Secara umum, minumlah kurang dari segelas air putih dalam dua jam terakhir sebelum tidur. Dan minumlah secukupnya,” saran Wensel Rundo. Hal ini juga berlaku untuk minuman lainnya. Usahakan untuk menghindari minuman seperti alkohol, jus, dan teh pada dua jam terakhir tidur.

Menurut Medical News Today, hanya ada sedikit bukti bahwa minum air sebelum tidur memiliki manfaat kesehatan tertentu selain hidrasi secara umum. Minum air dalam jumlah banyak sebelum tidur meningkatkan kebutuhan seseorang untuk buang air kecil di malam hari, suatu kondisi yang disebut nokturia.

Nokturia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan keinginan untuk buang air kecil di malam hari atau biasa dikenal dengan inkontinensia. Saat tidur, tubuh manusia memproduksi lebih banyak hormon yang memperlambat aktivitas ginjal dan mengurangi keluaran urin. Kombinasi ini mengurangi kebutuhan orang untuk buang air kecil di malam hari dan membantu mereka tidur tanpa gangguan. 

Tidur seseorang yang terganggu akibat nokturia akan berdampak signifikan terhadap kualitas hidupnya. Kurang tidur dapat berdampak negatif pada daya ingat, konsentrasi, dan suasana hati seseorang. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan depresi. Nokturia dapat terjadi pada semua usia, namun lebih sering terjadi pada orang lanjut usia. 

Hal-hal berikut ini dapat meningkatkan risiko nokturia: Hipertrofi prostat jinak Kandung kemih yang terlalu aktif Diabetes Infeksi kandung kemih Penyakit jantung Sembelit Obat-obatan tertentu

Meskipun minum banyak air penting untuk tetap terhidrasi, istirahat malam yang baik juga sama pentingnya. Meskipun bangun setiap kali Anda ke kamar mandi tidak berbahaya bagi kesehatan Anda, penting untuk diingat bahwa terus-menerus mengganggu tidur Anda dapat menyebabkan sejumlah masalah.

“Itu (nokturia) bisa mengganggu tidur Anda dan membuat Anda sulit tidur kembali,” kata Wensel Rundo. Jika tidur Anda terus-menerus terganggu dan Anda harus ke toilet setiap malam, hal ini dapat menyebabkan insomnia dan memperburuk kualitas tidur Anda.

“Sistem kekebalan tubuh Anda tidak seefisien setelah Anda mengalami kurang tidur,” jelas Vencel Rundo. Tidur dikaitkan dengan segala hal mulai dari sistem kekebalan hingga kesehatan mental. 

“Tidak ada waktu tertentu dalam sehari yang ideal untuk memenuhi seluruh asupan cairan Anda. Ini lebih tentang waktu yang konsisten sepanjang hari dan memastikan Anda konsisten,” kata Wensel Rundo. Jika Anda mengalami nokturia, hindari minum air pada larut malam. Anda bisa mencoba meminum gelas terakhir beberapa jam lebih awal dari biasanya.

Hal penting yang perlu diingat adalah Anda harus minum air putih terus menerus sepanjang hari. Namun bukan berarti minum banyak air sekaligus, apalagi sebelum tidur. Sebaliknya, tetap terhidrasi sepanjang hari dengan cara berikut, menurut Klinik Cleveland: Minumlah air setiap kali makan. Tetap terhidrasi setelah berolahraga. Dapatkan air ekstra dari buah-buahan dan sayuran.

happy Kurangi Minun Air Sebelum Tidur, Bantu Cegah Beser di Malam Hari
Happy
0 %
sad Kurangi Minun Air Sebelum Tidur, Bantu Cegah Beser di Malam Hari
Sad
0 %
excited Kurangi Minun Air Sebelum Tidur, Bantu Cegah Beser di Malam Hari
Excited
0 %
sleepy Kurangi Minun Air Sebelum Tidur, Bantu Cegah Beser di Malam Hari
Sleepy
0 %
angry Kurangi Minun Air Sebelum Tidur, Bantu Cegah Beser di Malam Hari
Angry
0 %
surprise Kurangi Minun Air Sebelum Tidur, Bantu Cegah Beser di Malam Hari
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D