Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital

0 0
Read Time:2 Minute, 31 Second

gospelangolano.com Edukasi – Jutaan informasi beredar di Internet setiap detiknya, sebuah tren yang penting bagi 204,7 juta pengguna Internet, setara dengan 73,7% populasi Indonesia, pada tahun 2022 menurut data We Are Social Hootsuite. Workshop internet bertajuk ‘Cek Fakta Sederhana’ yang digelar hari ini di Maluku-Papua menjadi perbincangan hangat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kehati-hatian dalam beraktivitas di kancah digital.

Dalam lokakarya ini, tiga aspek utama literasi digital, yaitu keterampilan digital, etika digital, dan keamanan digital, menjadi fokus utama untuk meningkatkan pemahaman guru dan siswa tentang cara menghadapi tantangan di dunia maya. Gulir terus, oke?

Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Budi Ari Setiadi membuka resmi webinar tersebut dan menjelaskan tujuan dari workshop online “Makin Kecap Digital 2024 Episode 6”. Dalam sambutannya, beliau menekankan peningkatan signifikan jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya. Faktanya, Indonesia mencetak indeks literasi digital sebesar 3,59 dari 5 tahun ini, naik dari indeks sebelumnya sebesar 3,54. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan indeks literasi digital agar Indonesia dapat berperan lebih baik di mata internasional.

Webinar online ini diselenggarakan secara gratis sebagai wujud komitmen Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada seluruh masyarakat Indonesia. Peserta yang disebut Digifriends hanya perlu mendaftar melalui link yang telah disediakan. Setelah registrasi, peserta akan mendapatkan link Zoom dan password melalui email untuk mengikuti acara webinar ini.

General Manager Aptika Samuel Abrijani Pangrapan menyambut baik keikutsertaan Digifriends dalam workshop online ini dan mengatakan bahwa respon masyarakat terhadap program literasi digital ini sangat positif. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan literasi digital masyarakat di Indonesia dari tahun ke tahun seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna internet.

Pada tanggal 1 April 2024, webinar “Makin Kecap Digital 2024” yang mengangkat tema “Cek Fakta Mudah” menghadirkan tiga pembicara yang ahli di bidangnya masing-masing, yaitu Sophie Tubili, Iham Baladraf, dan Sondang Pratama. Mereka masing-masing membahas keterampilan digital, etika digital, dan keamanan digital. Acara dipandu oleh moderator Grace Miles.

Sondang Pratama menekankan pentingnya keamanan digital, terutama untuk menghadapi pesatnya perkembangan dunia maya saat ini. Ia mengingatkan Digifriends untuk selalu waspada terhadap potensi ancaman di lingkungan digital, serta memberikan beberapa tips praktis untuk menjaga keamanan akunnya.

“Khusus bagi kita yang memiliki akun media sosial yang saat ini juga mewakili identitas kita, kita harus menjaga keamanannya agar tidak diretas oleh orang lain karena tidak hanya reputasi kita yang rusak, tetapi juga konten kita.” kata Sundang Pratama dalam keterangan tertulisnya, Senin 1 April 2024.

Workshop online “Makin Cakap Digital 2024 Episode 7” yang digelar pada 1 April 2024 ini khusus menyasar sektor pendidikan di wilayah Maluku-Papua. Workshop yang bertemakan “Keahlian Sederhana” ini diselenggarakan sebagai respon atas semakin maraknya penggunaan media sosial di masyarakat Indonesia. Tujuan dari lokakarya ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peluang dan ancaman positif di dunia maya, serta mendorong masyarakat untuk meningkatkan literasi digital agar dapat memanfaatkan Internet secara maksimal. Dear Gen Z, Ini persiapan yang sering terlewatkan dalam mencari kerja. Pentingnya jejak digital di media sosial telah menjadi faktor penting dalam rekrutmen. Banyak perusahaan memantau profil media sosial calon karyawannya. gospelangolano.com.co.id 11 Juli 2024

happy Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital
Happy
0 %
sad Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital
Sad
0 %
excited Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital
Excited
0 %
sleepy Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital
Sleepy
0 %
angry Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital
Angry
0 %
surprise Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D