BP2MI Pastikan tidak Berlaku lagi Pembatasan Barang Milik Pekerja Migran

0 0
Read Time:1 Minute, 13 Second

gospelangolano.com, JAKARTA – Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Beni Ramazani mengatakan pembatasan jenis dan jumlah barang yang dikirim pekerja migran Indonesia (PMI) tidak berlaku lagi.

Dalam jumpa pers daring di Jakarta, Selasa, Kepala BP2MI Beni mengatakan rapat terbatas yang digelar hari ini membahas tentang kebijakan pelaksanaan dan regulasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023, yang salah satu produknya adalah adalah GPMI yang dipimpin oleh Menteri Koordinator (MINCO) Bidang Perekonomian Erlinga Hararto.

“Dalam rapat tersebut diputuskan dan diberitahukan langsung oleh Menteri Perdagangan bahwa Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Ketentuan Impor dicabut dan peraturan kebijakan impor terkait diganti. Menteri Perdagangan Nomor 25. Benny mengatakan pembatasan barang dan jasa terkait PMI tidak akan berlaku.

Dengan demikian, lanjutnya, aturan yang sebelumnya mengatur pembatasan barang yang dikirim TKI dari suatu negara kini berdampak pada aturan sebelumnya.

Jadi aturan yang berlaku adalah berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 25 Tahun 2022 tentang Kebijakan dan Ketentuan Impor, barang milik PMI dibebaskan bea masuk sebesar USD 1.500.

“Dalam aturan ini, ada pembebasan pajak sebesar US$1.500 setahun atas barang PMI atau pekerja migran. Bisa dibagi tiga angsuran, satu angsuran, atau dua angsuran,” kata Beni.

Selain itu, kelebihan PMI terkait ketentuan yang berlaku saat ini tidak dikembalikan ke negara pengirim atau pemusnahan, melainkan dimasukkan ke dalam kategori umum.

Tentu saja manfaat keringanan pajak itu harus membayar bea masuk. Jadi PMI tidak perlu lagi pulang ke negara tempatnya bekerja, untuk binasa, kata Benny Ramadanani.

happy BP2MI Pastikan tidak Berlaku lagi Pembatasan Barang Milik Pekerja Migran
Happy
0 %
sad BP2MI Pastikan tidak Berlaku lagi Pembatasan Barang Milik Pekerja Migran
Sad
0 %
excited BP2MI Pastikan tidak Berlaku lagi Pembatasan Barang Milik Pekerja Migran
Excited
0 %
sleepy BP2MI Pastikan tidak Berlaku lagi Pembatasan Barang Milik Pekerja Migran
Sleepy
0 %
angry BP2MI Pastikan tidak Berlaku lagi Pembatasan Barang Milik Pekerja Migran
Angry
0 %
surprise BP2MI Pastikan tidak Berlaku lagi Pembatasan Barang Milik Pekerja Migran
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D