11 Fitur Baru iOS 18 yang Wajib Diketahui Fans Apple, Lengkap dengan Tanggal Rilis

0 0
Read Time:5 Minute, 5 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Apple mengumumkan beberapa fitur baru yang akan tersedia di iOS 18, versi terbaru dari iPhone OS.

Diluncurkan pada Konferensi Pengembang Seluruh Dunia (WWDC) 2024, iOS 18 menghadirkan sejumlah fitur menarik yang meningkatkan personalisasi, konektivitas, dan kecerdasan buatan.

Dengan fitur baru iOS 18, Apple ingin menjadikan iPhone lebih pintar dan personal bagi penggunanya.

Mari kita lihat fitur-fitur baru yang dihadirkan iOS 18, dan bagaimana fitur-fitur tersebut dapat meningkatkan pengalaman pengguna iPhone.

1. Layar beranda lebih istimewa

Terakhir, kini iPhone Anda tidak akan sama dengan teman, keluarga, atau kolega Anda yang menggunakan perangkat Apple.

Setelah 17 tahun, perusahaan akhirnya mengizinkan pengguna iPhone untuk mengubah gaya dan warna ikon aplikasi.

Agar semuanya tetap teratur, ikon aplikasi di ponsel Apple akan tetap terkunci dalam kotak yang tidak terlihat. Namun, pengguna memiliki kebebasan untuk membuat ruang, kolom, dan baris kosong antar ikon aplikasi.

Fitur baru lainnya di layar beranda iOS 18 adalah ikon aplikasi bisa gelap atau berwarna.

Ya, Anda dapat mengatur ikon aplikasi agar muncul dalam mode gelap atau terang, atau ikon tersebut dapat berubah secara otomatis berdasarkan apakah Anda mengaktifkan mode gelap di iPhone atau tidak.

 

Pengguna iOS 18 kini dapat mengubah ikon di layar kunci iPhone ke hal lain seperti pintasan, pemindai kode QR, kalkulator, atau mode gelap.

Selain itu, pengguna juga dapat menghilangkan ikon Senter di layar kunci.

3. Kunci dan sembunyikan aplikasi

Salah satu peningkatan besar yang diperkenalkan Apple di iOS 18 adalah fitur menutup aplikasi di iPhone.

Saat ini, perusahaan Cupertino menawarkan dua cara untuk melindungi aplikasi dan data sensitif ketika seseorang ingin menggunakan iPhone.

Pengguna dapat membuka kunci aplikasi yang tersembunyi dan terkunci menggunakan Face ID, Touch ID, atau kata sandi.

Saat fitur baru ini diaktifkan, informasi dari aplikasi lain, termasuk pencarian, Siri, dan notifikasi, tidak akan ditampilkan.

Dengan ini, pengguna dapat yakin bahwa informasi atau data pribadinya tidak akan bocor secara tidak sengaja.

Pembaruan iOS 18 lainnya memperkenalkan Pusat Kontrol yang diperbarui dengan grup kontrol baru, dan Anda dapat menggeser ke bawah untuk mengakses layar Pusat Kontrol yang berbeda.

Galeri kontrol kemudian akan muncul menampilkan semua opsi di satu tempat, termasuk kontrol baru untuk musik, halaman beranda, dan aplikasi favorit.

Anda juga dapat memilih untuk mengatur ulang, mengubah ukuran kontrol, atau membuat grup kontrol Anda sendiri, sehingga semua yang Anda perlukan hanya dengan menggeseknya.

5. Penerapan password baru

Apple akhirnya memperbarui fitur kata sandi pada aplikasi Kata Sandi. Dengan aplikasi yang baru dibuat ini, pengguna iPhone dapat menyimpan kata sandi, kata sandi, kata sandi, kata sandi Wi-Fi, dan lainnya di satu tempat.

Untuk membuatnya lebih aman, Apple mengklaim aplikasi tersebut mendukung enkripsi ujung ke ujung dan sinkronisasi dengan perangkat Apple lainnya.

Jadi, jika Anda mengubah kata sandi Netflix, X Twitter, atau Facebook di iPhone, kata sandi tersebut akan diperbarui di semua perangkat Apple, seperti iPad dan Mac.

Tampilan aplikasi Foto telah ditingkatkan sepenuhnya, di mana pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengingat momen spesial.

Kini, pengguna iPhone dapat mengkategorikan foto yang diinginkan dan cukup menggeser ke kanan untuk menemukan tombol atau fitur yang disukai.

Aplikasi Foto baru juga akan memperkenalkan fitur Koleksi, yang secara otomatis mengelompokkan foto berdasarkan tanggal, perjalanan, dan orang serta hewan peliharaan.

7. RCS, Tapback, Efek Teks, dan iMessages

Aplikasi messenger Apple kini memiliki editor teks baru, percakapan menjadi lebih hidup dengan menyorot huruf, kata, frasa, atau emoji dengan gambar dinamis dan animasi.

Kini pengguna dapat mengirim pesan ke seluruh pengguna melalui koneksi satelit.

Pengguna juga dapat mengatur kapan pesan dikirim, merespons pesan dengan Tapbacks, dan menerapkan efek animasi pada setiap pesan, frasa, atau emoji.

Selain itu, iOS 18 akhirnya menghadirkan RCS (Rich Communication Services) ke iPhone. Fitur iOS 18 ini akan memudahkan komunikasi bagi pengguna iPhone dan Android.

Tak hanya itu, pengguna iPhone 14 ke atas bisa mengirim pesan dengan koneksi satelit.

IOS 18 baru juga akan memperkenalkan rekaman selama panggilan. Kemudian, Anda dapat mengaktifkan fitur perekaman ini di iPhone Anda langsung dari aplikasi telepon.

Fitur ini dapat diaktifkan setelah melakukan atau menerima panggilan. Agar lebih etis, semua peserta akan diberi tahu saat percakapan mereka direkam.

Saat merekam panggilan, iPhone pengguna juga akan menyediakan fitur transfer. Berbekal kecerdasan Apple, pengguna akhir dapat meminta ringkasan percakapan selama panggilan berlangsung.

9. Fitur baru di Safari

Safari telah menerima banyak fitur dan peningkatan baru dengan iOS 18. Salah satunya adalah fitur highlight, dimana browser akan melihat informasi penting pada halaman web.

Misalnya, ringkasan, petunjuk arah, atau tautan cepat untuk mempelajari lebih lanjut tentang orang, film, musik, dan acara TV.

Berikutnya adalah mode Smarter Reader yang kini telah didesain ulang untuk memberikan pengalaman membaca lebih baik dan juga menampilkan daftar isi artikel yang lebih panjang.

Sebagai seorang gamer, Mode Game adalah salah satu fitur yang paling dinanti dan menarik untuk dinikmati.

Tidak diragukan lagi, ini akan menjadi langkah pertama Apple memasuki dunia game dengan iOS 18.

Perusahaan menyatakan bahwa Mode Game mengurangi gerakan latar belakang untuk memberikan FPS yang konsisten untuk gameplay yang lebih lancar.

Selain itu, ini akan mengurangi kelambatan audio dan memberikan respons yang lebih baik dengan kontrol game dan AirPods.

11. Pembaruan Aplikasi Asli

Aplikasi Kalkulator mendapat pembaruan besar dengan kalkulator Catatan Matematika, fitur baru seperti konversi satuan dan riwayat, serta orientasi potret untuk kalkulator ilmiah.

IOS 18 Apple juga sangat meningkatkan aplikasi Notes, dengan dukungan rekaman suara yang ditujukan untuk Notes.

Selain itu, kini Anda dapat mengerjakan persamaan matematika yang lebih kompleks di aplikasi Notes. Cukup masukkan soal matematika dan itu akan diselesaikan saat mengetik.

Aplikasi Mail di iOS 18 secara otomatis mengurutkan email ke dalam kategori untuk memprioritaskan pesan.

Apple Maps menyertakan peta topografi dengan jaringan jalur pendakian, termasuk 63 taman nasional AS.

Selain itu, aplikasi Kalender dan Jurnal telah diperbarui untuk pengguna iPhone dengan iOS 18.

Rencananya iOS 18 akan diluncurkan secara global pada September 2024. Namun bagi pengguna yang penasaran, bisa mengunduh iOS 18 versi Developer Beta pada 10 Juni dan melanjutkannya hingga Public Beta Juli mendatang.

Perangkat ini mendukung iOS 18

Jadi, iPhone mana saja yang akan diupdate ke iOS 18? Lihat daftar lengkapnya di bawah ini. iPhone XR iPhone XS dan Pro Max iPhone 15 dan 15 Plus iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max iPhone SE (generasi ke-2) iPhone SE (generasi ke-3)

happy 11 Fitur Baru iOS 18 yang Wajib Diketahui Fans Apple, Lengkap dengan Tanggal Rilis
Happy
0 %
sad 11 Fitur Baru iOS 18 yang Wajib Diketahui Fans Apple, Lengkap dengan Tanggal Rilis
Sad
0 %
excited 11 Fitur Baru iOS 18 yang Wajib Diketahui Fans Apple, Lengkap dengan Tanggal Rilis
Excited
0 %
sleepy 11 Fitur Baru iOS 18 yang Wajib Diketahui Fans Apple, Lengkap dengan Tanggal Rilis
Sleepy
0 %
angry 11 Fitur Baru iOS 18 yang Wajib Diketahui Fans Apple, Lengkap dengan Tanggal Rilis
Angry
0 %
surprise 11 Fitur Baru iOS 18 yang Wajib Diketahui Fans Apple, Lengkap dengan Tanggal Rilis
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D