7 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia 2024: Apache Guardian Masih Teratas?

0 0
Read Time:2 Minute, 48 Second

JAKARTA – Pada tahun 2024, setidaknya akan ada tujuh helikopter tempur yang lebih canggih. Helikopter ini berasal dari berbagai negara dan dilengkapi dengan kemampuan yang mumpuni.

Helikopter tempur militer awalnya hanya digunakan untuk transportasi pasukan. Namun, seiring berjalannya waktu, helikopter mulai berevolusi sama mematikannya dengan pesawat tempur.

7 Helikopter Tempur Tercanggih 1. Agusta A129 Mangusta

Agusta A129 Mangusta atau A129 adalah helikopter serang yang dirancang dan diproduksi oleh Agusta di Italia. Helikopter ini merupakan helikopter tempur pertama yang dirancang dan diproduksi di Eropa Barat.

Dilansir dari Arrow Time, helikopter ini dilengkapi dengan senjata standar NATO seperti Hellfire dan TOW ATGM. Sebanyak 60 unit A129 diproduksi, lebih dari 30 di antaranya masih aktif dalam layanan hingga saat ini.

2. Kamov Ka-52

Kamov Ka-50 “Black Shark” adalah helikopter serang sistem rotor koaksial satu kursi Rusia dari Biro Desain Kamov. Saat ini helikopter ini tercatat sebagai manuver terbesar di dunia.

Dengan sistem manajemen medan perang yang canggih, Ka-52 dapat menjalankan peran komando dan kontrol sebagai detektor dan penanda target untuk kelompok besar helikopter Mi-24 dan Mi-28. Tak heran jika helikopter asal Rusia ini memiliki banyak penggemar, Mesir dan Makedonia Utara menjadi dua negara yang sudah memiliki armada ini.

3. TAI T129 ATAK Helikopter Türkiye ini terinspirasi dari kecanggihan Agusta A129 Mangusta. Helikopter yang dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries (TAI) ini dilengkapi dengan senapan mesin 20 mm dan dapat membawa roket 70 mm (2,75 in).

Dengan minat dari beberapa negara seperti Qatar, Pakistan dan Brazil, T129 merupakan versi internasional yang terlihat lebih sukses dibandingkan pendahulunya di Italia.

4. Eurocopter Harimau

Eurocopter Tiger adalah helikopter serang bermesin ganda dan berbilah empat yang pertama kali mulai beroperasi pada tahun 2003. Helikopter ini, diproduksi oleh Airbus Helicopters (sebelumnya Eurocopter), adalah desain Eropa yang paling sukses dan tersebar luas.

Tiger dapat dilengkapi dengan berbagai senjata, termasuk roket, meriam, dan rudal udara-ke-udara dan udara-ke-darat yang dikendalikan oleh komputer kendali senjata khusus.

5. Lonceng Viper AH-1Z

Bell AH-1Z Viper adalah helikopter serang bermesin ganda yang didasarkan pada AH-1W SuperCobra. Dikembangkan oleh Bell Helicopter, helikopter ini menggabungkan teknologi rotor baru dengan peningkatan avionik militer, sistem senjata, dan sensor elektro-optik pada platform senjata terintegrasi.

Peningkatan ini menghasilkan peningkatan kemampuan bertahan hidup dan kemampuan menemukan target pada jarak yang lebih jauh serta menyerang dengan senjata presisi.

6. Malapetaka Mil Mi-28NM

Mil Mi-28 adalah helikopter serang anti-lapis baja segala cuaca yang diproduksi oleh Mil Rusia. Helikopter ini dilengkapi dengan menara NPPU-28 yang dipasang di dagu dengan meriam otomatis Shipunov 2A42 30 mm.

Senjata ini mempunyai tembakan selektif dan umpan ganda, memungkinkan laju tembakan siklik antara 200 dan 800 putaran per menit. Jangkauan efektif bervariasi dari 1.500 meter untuk kendaraan darat hingga 2.500 meter untuk target udara.

7. Unggul – 1 Penjaga Apache AH-64E

Apache adalah helikopter serang yang paling banyak dan tersebar luas di dunia Barat dan sekutunya. Hingga saat ini, lebih dari 2.400 unit telah dibangun untuk Amerika Serikat dan mitranya, dengan 18 operator pada tahun 2024.

Sebagai pesawat tempur barat yang paling berpengalaman dan terbukti di kelasnya saat ini, Apache telah terlibat dalam setiap konflik besar Amerika dan NATO sejak pertama kali diperkenalkan.

AH-64E Apache Guardian merupakan versi terbaru dan tercanggih dari seri helikopter serang Apache AH-64. Ini adalah versi dari versi AH-64D Apache Longbow sebelumnya dengan mesin yang ditingkatkan dan bilah rotor komposit baru.

happy 7 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia 2024: Apache Guardian Masih Teratas?
Happy
0 %
sad 7 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia 2024: Apache Guardian Masih Teratas?
Sad
0 %
excited 7 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia 2024: Apache Guardian Masih Teratas?
Excited
0 %
sleepy 7 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia 2024: Apache Guardian Masih Teratas?
Sleepy
0 %
angry 7 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia 2024: Apache Guardian Masih Teratas?
Angry
0 %
surprise 7 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia 2024: Apache Guardian Masih Teratas?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D