Mengenal Yamaha Turbo, Model Barunya Bakal Meluncur di Indonesia Pekan Depan?

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

JAKARTA – PT Yamaha Indonesia Motorcycle Mfg. (YIMM) akan meluncurkan sepeda motor barunya pada Rabu (12/6/2024). Pabrikan Jepang telah meluncurkan sepeda motor baru yang diberi nama “Turbo”.

Yamaha mengunggah video pendek di akun Instagram resminya dengan tagline “Turbo, Bikin Hatimu Sakit Turbo”. Video pendek tersebut juga menampilkan suara sepeda motor yang melaju kencang, dan suaranya terdengar seperti sepeda sport.

Tak hanya satu, bocoran lainnya diungkap Yamaha dengan mengubah tampilan bahwa motor barunya bakal punya tenaga besar. Bahkan, pernyataan itu berbunyi, “Kekuatan, ramuan baru.”

Banyak yang menduga motor terbaru yang akan diluncurkan Yamaha adalah Nmax generasi terbaru. Tapi, dengan mesin 155 cc, apakah bisa menghasilkan tenaga besar dan menghasilkan suara unik dari sebuah motor sport?

Setelah diteliti, ternyata dulu Yamaha pernah mempunyai sepeda motor dengan kode nama Turbo. Ini adalah motor sport yang sangat kuat dan telah dihentikan produksinya selama dua puluh tahun terakhir.

Menurut laman Yamaha Global, motor sport tersebut diberi nama Yamaha XJ650 yang memulai debutnya di Tokyo Motor Show 1981. Ini merupakan sepeda motor pertama di dunia yang bersistem turbo.

Sepeda motor ini mempunyai tampilan yang unik, khas sepeda motor sport pada masa lalu. Meski diluncurkan pada tahun 80an, motor ini sudah memiliki mesin 4 tak. Mesinnya DOHC in-line 4 silinder berkapasitas 653 cc dan dua katup.

Sistem pemanasnya masih menggunakan karburator. Tenaga besar yang dihasilkan motor ini berkat bantuan turbocharger Mitsubishi. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 85 PS pada 5.000-8.000 rpm dan torsi maksimum 73,6 Nm pada 5.000-8.000 rpm.

Dari segi dimensi, Yamaha Turbo memiliki panjang 2.170 mm, lebar 730 mm, dan tinggi 1.305 mm, serta bobot 225 kg Dual cakram di depan dan rem tromol di belakang.

happy Mengenal Yamaha Turbo, Model Barunya Bakal Meluncur di Indonesia Pekan Depan?
Happy
0 %
sad Mengenal Yamaha Turbo, Model Barunya Bakal Meluncur di Indonesia Pekan Depan?
Sad
0 %
excited Mengenal Yamaha Turbo, Model Barunya Bakal Meluncur di Indonesia Pekan Depan?
Excited
0 %
sleepy Mengenal Yamaha Turbo, Model Barunya Bakal Meluncur di Indonesia Pekan Depan?
Sleepy
0 %
angry Mengenal Yamaha Turbo, Model Barunya Bakal Meluncur di Indonesia Pekan Depan?
Angry
0 %
surprise Mengenal Yamaha Turbo, Model Barunya Bakal Meluncur di Indonesia Pekan Depan?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D