Tanpa Baking Soda, Ini Trik Bikin Pisang Goreng Renyah dan Tahan Sampai 4 Hari

0 0
Read Time:2 Minute, 12 Second

gospelangolano.com, Jakarta Pisang goreng bisa dikatakan sangat unik rasa manis dan gurihnya dibandingkan gorengan lainnya seperti tempe, tahu, dan bakwan.

Gorengan lainnya lebih baik dimakan sendiri atau sebagai pelengkap sarapan. Namun pisang goreng terasa lebih nikmat jika disantap berkelompok sambil ngobrol dan bercanda.

Seperti gorengan lainnya, pisang goreng juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah ditemukan di dalam panci. Pisang panggang makin nikmat jika dibuat sendiri.

Namun jika dibuat sendiri, seringkali pisang gorengnya tidak renyah. Meski renyah, hanya bertahan beberapa jam saja.

Sebenarnya, ada cara mudah memanggang pisang agar tetap renyah setidaknya selama empat hari. Hal inilah yang dilakukan pengguna Instagram @koleksiresepsj dan dia bahkan tidak menggunakan soda atau margarin.

Apakah ada rahasia khusus yang dia gunakan? Temukan jawabannya pada diskusi umum pada Minggu (16 Juni 2024).

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan pisang goreng sangat sederhana.

● 100 gram tepung terigu.

● 70 gram tepung beras.

● 1/2 sendok teh garam.

● 1/2 sendok teh bubuk vanila.

● 120ml air.

Segera tambahkan bahan satu per satu ke dalam mangkuk. Aduk dengan sendok atau garpu hingga adonan mengental dan tercampur rata.

Langkah selanjutnya siapkan sekitar 6 buah pisang kepok. Anda bisa menggunakan pisang apa pun yang Anda suka, tapi pisang kepok yang lembut adalah yang terbaik.

Potong pisang memanjang menjadi tiga bagian dan letakkan langsung di atas adonan. Pisang goreng dengan irisan seperti itu akan menjadi lebih renyah. Aduk pisang sampai semua bagian terlumuri adonan

Panaskan minyak secukupnya dalam wajan dengan api kecil dan masukkan pisang satu per satu. Jangan lupa balikkan pisang gorengnya agar matangnya merata.

Jika pisang goreng sudah berubah warna menjadi coklat, segera matikan kompor dan angkat pisang yang sudah matang ke piring. Pisang goreng renyahnya siap disantap bersama kopi dan bisa disimpan hingga 4 hari ke depan.

Meski pisang goreng mengandung nutrisi yang menyehatkan, namun kandungan lemak, kolesterol, dan karbohidratnya yang tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan, apalagi jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, lebih sehat mengonsumsi pisang mentah dibandingkan yang digoreng.

Makanan pasar tradisional yang populer, yaitu pisang goreng, sering dijual oleh pedagang keliling dari gerobak atau panggung kecil. Biasanya juga disajikan dengan gula pasir.

Pisang goreng disukai sebagian besar orang karena lapisan luarnya yang renyah dan bagian dalamnya yang lembut, manis dan nikmat.

Pisang yang sering dijadikan pisang goreng ini memiliki banyak manfaat karena mengandung vitamin A, B6, dan C. Bagi ibu hamil, pisang kepok mengurangi rasa mual dan muntah, memberi energi, dan melancarkan sirkulasi darah. Meringankan tekanan dan mengurangi kemungkinan bayi Anda dilahirkan dengan cacat.

Kulit pisang kepoko sangat tebal dan berwarna hijau cerah hingga kuning. Saat matang, daging buahnya berubah warna menjadi kuning kemerahan dan teksturnya agak keras. Rasanya manis, namun aromanya tidak terlalu harum.

happy Tanpa Baking Soda, Ini Trik Bikin Pisang Goreng Renyah dan Tahan Sampai 4 Hari
Happy
0 %
sad Tanpa Baking Soda, Ini Trik Bikin Pisang Goreng Renyah dan Tahan Sampai 4 Hari
Sad
0 %
excited Tanpa Baking Soda, Ini Trik Bikin Pisang Goreng Renyah dan Tahan Sampai 4 Hari
Excited
0 %
sleepy Tanpa Baking Soda, Ini Trik Bikin Pisang Goreng Renyah dan Tahan Sampai 4 Hari
Sleepy
0 %
angry Tanpa Baking Soda, Ini Trik Bikin Pisang Goreng Renyah dan Tahan Sampai 4 Hari
Angry
0 %
surprise Tanpa Baking Soda, Ini Trik Bikin Pisang Goreng Renyah dan Tahan Sampai 4 Hari
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D