Intip 4 Menu Uji Coba Makan Siang Gratis di Sekolah, Bujet Rp15 Ribu per Anak Dapat Apa?

0 0
Read Time:3 Minute, 5 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Alamat SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang menggelar uji coba makan siang gratis pada Kamis 29 Februari 2024. Liputan6 melaporkan bahwa setiap item menu dilengkapi dengan bagan fakta nutrisi. tim bisnis com pada hari Kamis.

Sekolah mempunyai beberapa menu makan siang gratis, antara lain: 1. Tepung dan Nasi Ayam

Di dalamnya terdapat lauk pauk berupa ayam giling, tahu goreng, sayur capsicum, dan pisang. 2. Nasi goreng dengan telur ayam.

Lauk pauk pada menu ini antara lain telur orak-arik, asam goreng, acar kacang hijau, wortel, dan pisang. 3. Gado-Gado

Lauk pauk dalam santapan gado-gado antara lain telur rebus dan pisang. 4. Shumei

Hidangan Siam termasuk telur goreng dan pisang.

Setiap menu mockup makan siang gratis mengandung 560 hingga 590 kalori per porsi. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang turut serta dalam simulasi tersebut memastikan pelaksanaannya akan melibatkan UKM lokal serta pedagang di sekitar sekolah.

Menko Airlanga mengatakan, simulasi makan siang gratis ini akan berdampak lebih besar terhadap perekonomian daerah. “Berdasarkan simulasi ini, kami ingin melihat inti program makan siang (gratis) tersebut,” jelasnya. Selain itu, kami juga menyertakan SOP sekolah (UMKM) (untuk menyediakan menu makanan bergizi tinggi).”

Simulasi program makan siang gratis ini juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi gizi bagi siswa sekolah, ujarnya.

 

Prinsip ini sejalan dengan tujuan program makan siang gratis di sekolah, yaitu meningkatkan gizi anak. Berdasarkan simulasi ini kita bisa melihat berapa biaya yang wajar dan bagaimana menu yang disediakan, serta protein apa yang diberikan, kata Menko Airlanga. “Protein yang berbeda telah diuji.”

“Ketahanan pangan lokal juga penting, sehingga konsumsi yang tersedia berasal dari daerah setempat,” imbuhnya.

Selain acara tersebut, Chef Arnold Poerno sebelumnya juga membagikan ide program makan siang gratis untuk beberapa calon presiden (Kaapchi) dan capres 02 Prabowo-Gibran. Ia mencoba membuat rencana makan siang gratis dengan anggaran Rp 15.000 per anak.

Seseorang yang dikenal sebagai salah satu juri acara memasak bertanya kepada para kontestan apakah mereka lebih suka itu sebagai cakar atau makanan siap saji. “Pasti ada pro dan kontra terhadap kedua desain (voucher atau siap saji) di awal pertunjukan,” cuit Chef Arnold pada Kamis, 29 Februari 2024, di akun X miliknya yang dikenal dengan Twitter.

Di antara berbagai komentar tersebut, ada yang menanyakan apakah Rp 15.000 memiliki nilai gizi untuk anak. Komentar ini menarik perhatian Chef Arnold.

Ini merinci biaya makan siang gratis mingguan dan bulanan. Chef Arnold menjawab, “Rp15.000 per anak kategori miskin. Rp 15.000 x 7 hari = Rp 105.000 per anak. Rp 105.000 x 1 bulan = Rp 420.000 per anak.

Ia mengatakan, banyak makanan bergizi yang bisa dipilih dengan anggaran Rp 15.000 per anak tanpa merinci apa saja makanan tersebut. Ucapan Chef Arnold langsung menarik perhatian rekan-rekannya.

“Masalahnya, 15 ribu bersih? Itu belum termasuk biaya masak, packing, dan logistik. Belum lagi ada orang jelek yang ketinggalan anggaran. Chef Arnold sepertinya tidak tahu apa budaya di dalamnya. Indonesia. Kayaknya,” komentar salah satu warganet.

Kelompok usaha gospelangolano.com memberitakan, pemerintah membuka kemungkinan pendanaan program makan siang gratis dari dana Badan Dukungan Sekolah (BOS). Meski demikian, Menko Airlangga mengatakan pemerintah akan terus mengkaji penggunaan dana BOS untuk program makan siang gratis tersebut seiring dengan semakin banyaknya simulasi yang dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

“Kami belum mengambil keputusan (apakah program makan siang gratis ini akan didanai BOS),” tegasnya.

Menko Airlanga juga mengatakan, program makan siang dan susu gratis ini akan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. Program makan siang dan susu gratis ini memiliki anggaran sekitar 400 triliun yuan. Namun, menurut dia, pengalokasian anggaran akan dilakukan secara bertahap.

Ia mengatakan, pemberian makan siang dan susu gratis yang diajukan calon presiden Prabowo-Gibran untuk pasangan tersebut akan dibahas dalam Pokok-Pokok Ekonomi Makro dan Kebijakan Fiskal 2025 (KEM-PPKF).

 

happy Intip 4 Menu Uji Coba Makan Siang Gratis di Sekolah, Bujet Rp15 Ribu per Anak Dapat Apa?
Happy
0 %
sad Intip 4 Menu Uji Coba Makan Siang Gratis di Sekolah, Bujet Rp15 Ribu per Anak Dapat Apa?
Sad
0 %
excited Intip 4 Menu Uji Coba Makan Siang Gratis di Sekolah, Bujet Rp15 Ribu per Anak Dapat Apa?
Excited
0 %
sleepy Intip 4 Menu Uji Coba Makan Siang Gratis di Sekolah, Bujet Rp15 Ribu per Anak Dapat Apa?
Sleepy
0 %
angry Intip 4 Menu Uji Coba Makan Siang Gratis di Sekolah, Bujet Rp15 Ribu per Anak Dapat Apa?
Angry
0 %
surprise Intip 4 Menu Uji Coba Makan Siang Gratis di Sekolah, Bujet Rp15 Ribu per Anak Dapat Apa?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D