BP Batam Paparkan RKP dan RKAKL Bersama Komisi VI DPR RI

0 0
Read Time:2 Minute, 16 Second

gospelangolano.com, JAKARTA — Badan Pengusahaan Kota Batam (BP Batam) pada Rabu (5) mengumumkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) tahun anggaran 2025. /6/2024). Pemaparan ini disampaikan dalam konsinyasi di bawah pimpinan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Golongan Karya M Sarmuji di Hotel Sari Pacific, Jakarta.

Untuk pertama kalinya, Direktur Utama BP Batam melalui Wakil Direktur Utama BP Batam Purviyanto memaparkan capaian beberapa indikator makroekonomi di KPBPB Batam yang menunjukkan perbaikan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pertama, rata-rata pertumbuhan ekonomi Kota Batam pada tahun 2021 hingga 2023 mencapai 6,1 persen dengan jumlah investasi kumulatif sebesar Rp116,82 triliun.

“Rata-rata pertumbuhan yang tinggi akibat tingginya pertumbuhan ekonomi mencapai 7,04 persen pada tahun 2023. Indikator tersebut merupakan pencapaian tertinggi dalam 5 tahun terakhir, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan perekonomian nasional dan provinsi Kepulauan Riau.

Selain itu, Purviyanto menjelaskan lima capaian sasaran strategis BP Batam, yaitu peningkatan investasi di KPBPBB, peningkatan infrastruktur pendukung, peningkatan kualitas pelayanan perizinan, optimalisasi penggunaan aset Badan Layanan Umum (BLU) dan pengelolaan organisasi yang akuntabel dan efektif. .

Purviyanto mengatakan, “Rata-rata pencapaian indikator kinerja strategis BP Batam tahun 2020 hingga 2023 sebesar 95,70 persen. Angka tersebut terus kami upayakan untuk ditingkatkan pada tahun ini.”

Berbagai pembangunan infrastruktur menjadi fokus CEO BP Batam Mohamed Rudi dan timnya selama lima tahun terakhir. Termasuk pengembangan pelabuhan kargo Batu Ampar, revitalisasi Terminal 1 dan pembangunan Terminal 2 Bandara Internasional Hang Nadim Batam, pembangunan jalan dan drainase, pengelolaan air bersih, serta pengembangan pariwisata.

Selanjutnya pengembangan 2 (dua) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) antara lain KEK Batam Aero Technic (BAT) di kawasan Bandara Han Nadim dan KEK Nongsa Digital Park (NDP) di kawasan Nongsa, serta Pengembangan Kawasan Pulau Rempang sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco-City juga menjadi kegiatan prioritas BP Batam.

Sekadar informasi, usulan KEK Khusus Wisata Kesehatan Batam telah diterima dan diresmikan pada akhir bulan lalu oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Bapak Airlanga Hartarto. Ini akan menjadi KEK ketiga yang ada di Batam. . Provinsi Kota dan Kepulauan Riau,” kata Purviyanto.

Sedangkan perencanaan jangka panjang KPBPB Batam untuk 20 (dua puluh) tahun ke depan hingga tahun 2045 berfokus pada pengembangan industri pada tujuh sektor strategis yang memberikan nilai tambah tinggi.

Pusat Logistik Dirgantara Internasional Industri Ringan dan Bernilai Industri Digital dan Kreatif Industri dan Keuangan Internasional Industri Pariwisata Kesehatan Terpadu di Sekupang Industri Energi Baru dan Terbarukan (PLTS)

“VP Batam akan mengkaji beberapa usulan anggota dan pimpinan Komisi VI DPR RI,” kata Purviyanto.

Anggota bagian administrasi dan keuangan, Vahjoe Trividijo Koentjoro, juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini; Anggota Bidang Strategis, Enoch Suharto Pranoto; Anggota Badan Pengelola dan Investasi Daerah, Sudirman Saad; Anggota Unit Bisnis, Wan Darussalam bersama pejabat tingkat II di lingkungan BP Batam.

happy BP Batam Paparkan RKP dan RKAKL Bersama Komisi VI DPR RI
Happy
0 %
sad BP Batam Paparkan RKP dan RKAKL Bersama Komisi VI DPR RI
Sad
0 %
excited BP Batam Paparkan RKP dan RKAKL Bersama Komisi VI DPR RI
Excited
0 %
sleepy BP Batam Paparkan RKP dan RKAKL Bersama Komisi VI DPR RI
Sleepy
0 %
angry BP Batam Paparkan RKP dan RKAKL Bersama Komisi VI DPR RI
Angry
0 %
surprise BP Batam Paparkan RKP dan RKAKL Bersama Komisi VI DPR RI
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D