Tips Aman Berkendara saat Puasa, Paling Penting Kontrol Diri

0 0
Read Time:2 Minute, 15 Second

JAKARTA – Penting untuk memahami tips berkendara aman saat berpuasa agar sampai tujuan dengan selamat dan ibadah dimudahkan.

Berkendara pada bulan puasa Ramadhan lebih sulit dibandingkan pada hari-hari biasa karena membutuhkan kesabaran, tenaga dan konsentrasi yang lebih.

Saat puasa, masyarakat lebih emosional karena lapar, mengantuk, dan haus, sedangkan lalu lintas saat Ramadhan juga lebih padat dibandingkan hari-hari biasa.

Berikut beberapa tips berkendara aman saat puasa, seperti dilansir situs Suzuki, Rabu (3/12/2024): 1. Istirahat yang cukup

Tubuh manusia memerlukan istirahat yang cukup agar tetap sehat. Waktu istirahat setiap orang berbeda-beda, namun biasanya 7-8 jam sehari. Selama bulan puasa, ritme kerja seseorang seringkali berubah karena jadwal kerja yang ikut berubah. Penting untuk berhati-hati dan tidak menyia-nyiakan waktu luang Anda. Sebab jika tubuh kurang istirahat pasti akan berpengaruh pada pengendaraan Anda. Kegelisahan akibat rasa kantuk memang berbahaya di jalan.

2. Makan makanan yang benar

Meskipun hal ini tampaknya tidak berhubungan dengan puasa dan mengemudi, mengonsumsi makanan yang tepat juga memiliki dampak. Jika makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan puasa tidak sehat dan tidak bergizi, pasti akan mempengaruhi olahraga berkendara Anda. Perhatikan pola makan yang sehat dan bila perlu konsumsi suplemen.

3. Luangkan waktu Anda

Tips berkendara aman dan puasa selanjutnya adalah jangan berakselerasi dan berkendara dengan pola zigzag. Sebab, orang yang berpuasa biasanya tidak sesehat saat tidak berpuasa. Apalagi saat menjelang sore, nafsu makan tubuh berkurang dan rasa haus bertambah. Dalam keadaan seperti ini, bisa dipastikan tubuh menjadi melemah dan konsentrasi menurun. Oleh karena itu, mengemudi secara agresif tidak disarankan.

4. Suhu AC tidak boleh terlalu rendah

Kurang tidur seringkali menjadi masalah bagi banyak orang saat menjalani puasa. Pada siang hari, saat berkendara, hindari menyalakan AC di mobil karena akan membuat Anda semakin mengantuk. Anda juga sebaiknya menghindari memilih musik bertempo rendah karena dapat membingungkan pengemudi.

Baca Juga: Mengenal Sepatu Riding, Sudah Ada Sejak Tahun 1963

5. Jangan memaksakan diri

Memahami kekuatan fisik dan mental merupakan kunci penting agar tetap aman di jalan. Jika Anda sangat lelah atau mengantuk, sebaiknya berhenti untuk mencari tempat istirahat. Tidak masalah jika Anda tiba di tujuan nanti, asalkan Anda aman.

6. Perilaku

Jalanan tidak pernah sepi, apalagi menjelang masa Prapaskah, selalu dipenuhi mobil dan pejalan kaki lainnya. Selain meningkatkan daya tahan tubuh saat berpuasa, berkendara tentu akan berbahaya.

Dalam situasi seperti ini, tindakan terbaik adalah menarik napas dalam-dalam dan mempertimbangkan betapa pentingnya bersabar dan mematuhi rambu lalu lintas. Karena emosi akan membuat anda kehilangan akal.7. Gunakan dukungan teknis

Tips berkendara aman saat puasa lainnya adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan perjalanan. Dengan menggunakan Waze atau Google Maps, pengemudi akan menemukan rute terbaik menuju tujuan.

Demikian tips berkendara aman saat berpuasa agar kita sampai tujuan dengan selamat dan ibadah kita diterima di sisi Allah SWT.

happy Tips Aman Berkendara saat Puasa, Paling Penting Kontrol Diri
Happy
0 %
sad Tips Aman Berkendara saat Puasa, Paling Penting Kontrol Diri
Sad
0 %
excited Tips Aman Berkendara saat Puasa, Paling Penting Kontrol Diri
Excited
0 %
sleepy Tips Aman Berkendara saat Puasa, Paling Penting Kontrol Diri
Sleepy
0 %
angry Tips Aman Berkendara saat Puasa, Paling Penting Kontrol Diri
Angry
0 %
surprise Tips Aman Berkendara saat Puasa, Paling Penting Kontrol Diri
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D