Cara Bikin Sisa Nasi Kering di Rice Cooker Jadi Pulen dan Layak Dimakan

0 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

gospelangolano.com, Jakarta Bagi mereka yang harus tinggal di kos-kosan, sangat penting untuk memiliki rice cooker sebagai sumber makanan sehari-hari sebelum mulai bekerja.

Iya, akan efektif dan hemat biaya jika menghemat beras dalam jumlah banyak bukan? Karena nantinya Anda tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga dan uang untuk membeli beras lagi dalam waktu dekat.

Namun sayangnya, karena kesalahan atau kecerobohan, nasi yang sudah matang menjadi kering dan akhirnya menjadi sisa makanan yang sering dibuang begitu saja karena dianggap tidak layak untuk dikonsumsi.

Ternyata nasi keringnya juga masih bisa empuk, seperti yang dijelaskan pemilik channel YouTube Alunaalma dalam salah satu video berikut ini. Diberi pengarahan pada Rabu (06/03/2024), berikut prosesnya.

Cek dulu kondisi nasi di rice cooker apakah sudah kering atau belum. Jika tidak, Anda beruntung. Namun jika sudah kering, jangan langsung dibuang.

Mulailah mengaduk nasi secara perlahan menggunakan rice cooker. Terkadang ada bagian nasi yang belum dikeringkan dan bisa dimakan.

Tambahkan air ke dalam rice cooker hingga nasi terendam. Tujuannya adalah untuk melembabkan beras setelah ditambahkan air. Lalu aduk kembali hingga nasi empuk dan lembab.

Jumlah air yang ditambahkan harus sesuai dengan jumlah nasi kering yang tersisa di rice cooker, dan usahakan jangan menambahkan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Jika nasi sudah sangat basah dan lembek, keluarkan rice cooker dan masak kembali nasinya. Seperti biasa, tunggu beberapa saat hingga matang.

Jika sudah matang, lepas talinya dan buka nasinya lalu masukkan nasi ke dalam mangkuk.

Terlihat hasilnya, nasinya kembali mengembang seperti saat pertama kali dimasak. Hal ini karena air yang ditambahkan meresap ke dalam ruang di antara nasi dan mengubah teksturnya.

Jika waktu pemasakan kurang, nasi di Magikom bisa cepat kering. Memasak dalam waktu lama akan menyebabkan air pada sayuran keluar dan nasi menjadi kering. Sebaliknya, memasak nasi terlalu lama tidak akan membuat nasi matang sama sekali dan bisa membuat rasanya menjadi kering.

Dari segi logika, masalah nasi kering bisa diatasi dengan menambahkan air. Namun perlu diingat bahwa cara ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jika dilakukan sembarangan, kekentalan nasi yang diinginkan tidak akan tercapai. Cara untuk mengontrol kekeringan nasi di rice cooker adalah dengan menambahkan setengah gelas air.

Nasi yang dibiarkan di luar lebih dari 24 jam dapat menimbulkan risiko kesehatan karena suhu makanan di atas 60°C tidak dapat mendukung pertumbuhan bakteri.

Rusaknya elemen pemanas pada rice cooker dapat menyebabkan permasalahan pada pengontrolan suhu pada rice cooker. Hal ini dapat menaikkan suhu terlalu tinggi sehingga menyebabkan nasi cepat kering.

Nasi empuk memiliki kadar amilopektin 20% yang membuat nasi lengket saat dimasak. Sedangkan beras merkuri memiliki kandungan amilosa lebih dari 25% sehingga nasi menjadi kering saat dimasak.

happy Cara Bikin Sisa Nasi Kering di Rice Cooker Jadi Pulen dan Layak Dimakan
Happy
0 %
sad Cara Bikin Sisa Nasi Kering di Rice Cooker Jadi Pulen dan Layak Dimakan
Sad
0 %
excited Cara Bikin Sisa Nasi Kering di Rice Cooker Jadi Pulen dan Layak Dimakan
Excited
0 %
sleepy Cara Bikin Sisa Nasi Kering di Rice Cooker Jadi Pulen dan Layak Dimakan
Sleepy
0 %
angry Cara Bikin Sisa Nasi Kering di Rice Cooker Jadi Pulen dan Layak Dimakan
Angry
0 %
surprise Cara Bikin Sisa Nasi Kering di Rice Cooker Jadi Pulen dan Layak Dimakan
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D