Menkeu: Utang Indonesia Relatif Terjaga di Tengah Ketidakpastian Dunia

0 0
Read Time:1 Minute, 28 Second

gospelangolano.com, JAKARTA — Utang Indonesia bertahan relatif baik di tengah ketidakpastian global dan tingginya ketegangan geopolitik, kata Menteri Keuangan (MANKU) Muliani Indrawati. Muliani mengatakan utang di negara-negara maju telah meningkat dari 70 persen produk domestik bruto (PDB) menjadi 112 persen, sementara utang di negara-negara berkembang telah meningkat dari 47 persen PDB pada awal tahun 2000an menjadi 71 persen saat ini. di seluruh dunia .

“Jadi kalau dilihat dari segi ini Indonesia masih relatif terjaga,” kata Muliani dalam rapat kerja dengan Komite IV DPD RI di Jakarta, Senin (2/9/2024).

Diketahui, pada akhir Juli 2024, rasio utang kembali turun menjadi 38,68 persen yang berarti masih jauh di bawah batas aman sebesar 60 persen yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Menurut Bapak Muliani, ruang fiskal dan ruang finansial menjadi sangat sempit akibat meningkatnya utang di berbagai negara, yang belum sepenuhnya pulih dari pandemi di seluruh dunia dan menjadi sangat sempit akibat insiden perang dan ketegangan geopolitik. .

Dikatakannya, belum ada perbaikan atau optimisme terhadap situasi global pada tahun 2024 karena situasi global masih sama dan cenderung memburuk akibat ketegangan geopolitik dan peperangan di beberapa negara.

“Konflik antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang diikuti dengan fenomena fragmentasi dan proteksionisme yang dijadikan proksi persaingan ini juga melemahkan perekonomian global,” ujarnya.

Selain itu, gangguan yang disebabkan oleh perang menyebabkan inflasi yang lebih tinggi dan selanjutnya menaikkan suku bunga global, meskipun suku bunga diperkirakan akan menurun mulai September 2024, khususnya di Amerika. Perang juga dapat mengganggu pasokan sehingga harga barang naik. Kondisi tersebut menurunkan pertumbuhan ekonomi global. Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2024 akan melambat menjadi hanya 3,2 persen dari tahun lalu dan meningkat menjadi 3,3 persen pada tahun 2025, sama seperti pada tahun 2023.

happy Menkeu: Utang Indonesia Relatif Terjaga di Tengah Ketidakpastian Dunia
Happy
0 %
sad Menkeu: Utang Indonesia Relatif Terjaga di Tengah Ketidakpastian Dunia
Sad
0 %
excited Menkeu: Utang Indonesia Relatif Terjaga di Tengah Ketidakpastian Dunia
Excited
0 %
sleepy Menkeu: Utang Indonesia Relatif Terjaga di Tengah Ketidakpastian Dunia
Sleepy
0 %
angry Menkeu: Utang Indonesia Relatif Terjaga di Tengah Ketidakpastian Dunia
Angry
0 %
surprise Menkeu: Utang Indonesia Relatif Terjaga di Tengah Ketidakpastian Dunia
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D