Paparan Fentanil Saat Kehamilan Berisiko Bayi Lahir dengan Cacat Fisik

0 0
Read Time:2 Minute, 23 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Penelitian terbaru menunjukkan penyalahgunaan fentanil diduga menjadi penyebab cacat lahir.

Baru-baru ini, seperti dilansir NBC News, setidaknya 30 bayi telah lahir di Amerika Serikat dengan “sindrom fentanil janin”. Sindrom ini merupakan kondisi langka yang disebabkan oleh ibu yang menggunakan narkoba selama kehamilan.

Dr Miguel Del Campo, ahli genetika medis dan spesialis kecanduan anak di Rumah Sakit Anak Rady di San Diego, mengatakan dia telah mengidentifikasi 20 pasien.

“Saya telah mengidentifikasi 20 pasien,” kata Del Campo.

“Saya khawatir ini bukan hal yang aneh, dan saya khawatir anak-anak tidak akan dikenali.”

Sindrom fentanil janin awalnya dijelaskan oleh ahli genetika di Nemours Children’s Health di Wilmington, Delaware. Ia memeriksa 10 anak dengan cacat fisik serupa, termasuk langit-langit mulut sumbing, kepala sangat kecil, kelopak mata terkulai, jari melengkung, dan sendi hilang. Sulit untuk makan apa pun.

Del Campo, yang pernah membaca laporannya tentang sindrom fentanil janin, pernah mengalami gejala serupa pada beberapa persalinan yang ia tangani dari ibu yang menolak minum selama hamil. Sindrom alkohol janin diketahui menyebabkan gejala serupa pada bayi.

Anak-anak tersebut juga tidak memenuhi kriteria untuk kondisi genetik langka yang disebut Smith-Laemmli-Opitz, yang mengganggu produksi kolesterol janin sehingga menghambat perkembangan otak janin.

“Setelah membaca makalah dan memikirkan semuanya, saya menyadari bahwa fentanil berpotensi untuk terpapar,” katanya. 

 

Del Campo mendesak agar penelitian lebih lanjut segera dilakukan. “Kita perlu tahu bahwa anak-anak ini ada di luar sana. Saya punya banyak anak berusia 2 tahun yang sangat khawatir,” katanya.

“Mereka tidak tumbuh atau berkembang.”

Ahli genetika Nemours, Karen Gripp dan timnya di Pusat Medis Universitas Nebraska mampu menunjukkan hubungan antara penggunaan fentanil dan produksi kolesterol pada bayi baru lahir, dan temuan mereka dipublikasikan bulan lalu di jurnal Molecular Psychiatry.

“Orang-orang tidak mengetahui sebelumnya bahwa fentanil secara spesifik mempengaruhi metabolisme kolesterol,” kata Gripp kepada NBC News.

“Ini sangat penting karena kolesterol harus menumpuk seiring perkembangan janin.”

 

 

Penyalahgunaan fentanil diketahui merupakan faktor risiko terjadinya kelahiran prematur dan lahir mati, serta dapat menyebabkan kejang, muntah, diare, dan sembelit pada bayi. Selain itu, gejala sindrom fentanil janin biasanya tidak berhubungan dengan ibu yang kecanduan.

Namun penelitian baru menunjukkan adanya hubungan antara obat kuat dan cacat lahir terkait Smith-Laemmli-Opitz.

Penyakit bawaan ini dapat terjadi jika terdapat dua salinan gen Smith-Laemmli-Opitz, namun paparan fentanil dalam sel yang hanya memiliki satu salinan gen tersebut sudah cukup untuk menyebabkan cacat lahir yang terkait dengan penyakit tersebut.

“Tidak semua orang memiliki kerentanan yang sama,” kata penulis studi Dr. Crowley Mernicks, direktur Institut Monroe-Meyer di Pusat Medis Universitas Nebraska, dalam rilis beritanya. “Potensi dampak buruk obat atau senyawa kimia apa pun bergantung pada gen, gaya hidup, dan faktor lingkungan. Suatu obat mungkin tidak menjadi masalah bagi saya dan mungkin menjadi bencana bagi Anda.

Hasilnya diharapkan dapat membantu mengidentifikasi lebih banyak kasus sindrom fentanil janin.

“Grup ini berkembang,” kata Grupp. “Kami berharap akan ada lebih banyak pasien.”

happy Paparan Fentanil Saat Kehamilan Berisiko Bayi Lahir dengan Cacat Fisik
Happy
0 %
sad Paparan Fentanil Saat Kehamilan Berisiko Bayi Lahir dengan Cacat Fisik
Sad
0 %
excited Paparan Fentanil Saat Kehamilan Berisiko Bayi Lahir dengan Cacat Fisik
Excited
0 %
sleepy Paparan Fentanil Saat Kehamilan Berisiko Bayi Lahir dengan Cacat Fisik
Sleepy
0 %
angry Paparan Fentanil Saat Kehamilan Berisiko Bayi Lahir dengan Cacat Fisik
Angry
0 %
surprise Paparan Fentanil Saat Kehamilan Berisiko Bayi Lahir dengan Cacat Fisik
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D