Dokter Imbau Calon Jamaah Haji tak Takut Lakukan Vaksin Meningitis

0 0
Read Time:1 Minute, 34 Second

gospelangolano.com, Jakarta — Pakar penyakit dalam dari Persatuan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dirga Sakti Rambe meminta para jamaah tidak perlu takut untuk mendapatkan vaksin meningitis sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Dalam diskusi mengenai vaksin meningitis yang digelar secara online di Jakarta, Selasa (23/4/2024), Dirga menegaskan, vaksin meningitis wajib bagi seluruh jamaah. Padahal Indonesia bukan negara endemik bakteri Neisseria meningitidis penyebab penyakit tersebut.

“Bayangkan jika jamaah haji dari seluruh dunia berkumpul. Dari Indonesia, Asia, Afrika, semuanya selama sebulan lebih di sana. Kami akan berinteraksi dengan jamaah. Termasuk jamaah haji dari negara yang diketahui memiliki beberapa kasus meningitis –

Dirga mengatakan, vaksin tersebut bertujuan untuk melindungi jamaah dari penyakit meningitis yang bisa ditularkan oleh jamaah dari negara lain. Demi kenyamanan dan kelancaran ibadah haji Anda di Indonesia serta upaya pencegahan penyakit masuk ke dalam negeri

Dia menilai seluruh jemaah haji berisiko terkena meningitis. Khususnya bagi jamaah haji lanjut usia atau jamaah dengan kondisi kesehatan tertentu.

Dirga menghimbau seluruh jamaah untuk mendapatkan vaksin meningitis untuk melindungi diri. Bukan kegiatan yang membatalkan kewajiban jemaah haji sebelum pemberangkatan.

“Jadi kami tidak melakukan vaksinasi tanpa pamrih. Tapi kami tahu ini untuk melindungi kesehatan kami. dan sebelumnya Ketika berbicara tentang meningitis Yang dipertaruhkan adalah kehidupan Karena melibatkan otak,” tegasnya.

Untuk informasi Anda Pemerintah Indonesia akan memberikan vaksin meningitis gratis kepada jamaah. Vaksin meningitis akan diberikan kepada jamaah pada saat proses pengajuan visa.

Mereka yang tiba di Arab Saudi dengan visa haji wajib menerima vaksinasi meningitis. Persyaratan ini merupakan bagian dari upaya memberikan perlindungan dan mencegah penyebaran penyakit.

Sebelumnya, Kepala Pusat Kesehatan Haji (Kapuskes) Kementerian Kesehatan Masyarakat Republik Indonesia (Kemenkes) Liliek Marhaendro Susilo meminta jemaah mendapat vaksinasi meningitis sebelum berangkat ke Tanah Suci.

“Meningitis berarti jika kita mendapat vaksin, Ini akan melindungi kita sehingga kita bisa terhindar dari penyakit ini. Karena pada saat upacara haji Jutaan orang dari seluruh dunia datang,” kata Lileek (23/3/2024).

happy Dokter Imbau Calon Jamaah Haji tak Takut Lakukan Vaksin Meningitis
Happy
0 %
sad Dokter Imbau Calon Jamaah Haji tak Takut Lakukan Vaksin Meningitis
Sad
0 %
excited Dokter Imbau Calon Jamaah Haji tak Takut Lakukan Vaksin Meningitis
Excited
0 %
sleepy Dokter Imbau Calon Jamaah Haji tak Takut Lakukan Vaksin Meningitis
Sleepy
0 %
angry Dokter Imbau Calon Jamaah Haji tak Takut Lakukan Vaksin Meningitis
Angry
0 %
surprise Dokter Imbau Calon Jamaah Haji tak Takut Lakukan Vaksin Meningitis
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D