Mengendarai Mobil saat Pergi Terasa Lebih Lama daripada Pulang, Kok Bisa?

0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

gospelangolano.com – Bepergian bersama keluarga dengan kendaraan pribadi sepertinya menjadi keinginan sebagian orang, terutama bepergian untuk liburan.

Namun ada juga yang tidak pernah merasa bahwa perjalanan terasa lebih lama bagi mereka saat berangkat dibandingkan saat pulang ke rumah. Namun perasaan ini biasanya muncul ketika Anda baru saja mengunjungi suatu tempat yang ingin Anda kunjungi.

Fenomena tersebut ternyata menjadi bahan penelitian psikolog dari universitas Belanda yaitu Niels Van de Ven, psikolog sosial dari University of Tilburg.

Niels mengatakan, perasaan bahwa perjalanan keluar memakan waktu lebih lama dibandingkan perjalanan pulang disebut dengan retour effect (RTE). Hal ini terjadi akibat reaksi otak yang lebih sering fokus pada hal baru.

“Itu ada hubungannya dengan keakraban (kebiasaan), semakin seseorang mengetahui jalannya, maka perjalanannya akan semakin cepat,” ujarnya, seperti dikutip Urban Laboratory pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan, RTE sebenarnya merupakan fenomena psikologis yang normal terjadi pada setiap orang. Karena pengemudi sudah mengalami rute ini dalam perjalanan pulang dari kota, rasanya cepat.

Ini sebenarnya mengacu pada kebiasaan atau bagaimana seseorang mengetahui arah yang mereka tuju. Artinya, Anda akan merasa dekat jika memahami jalan yang perlu Anda ambil dan tidak perlu meraba-raba untuk mencapai tujuan.

Alasan lain mengapa perjalanan menuju atau dari jalan raya terasa lebih lama adalah karena pengemudi mengatur waktu kedatangan. Jadi, mau tidak mau, Anda harus lebih sering melihat jam. 

Hal ini mempunyai efek psikologis yang membuat perjalanan jauh terasa lebih lama. Sedangkan perjalanan pulang terasa lebih singkat, karena pengemudi tidak lagi dibebani ekspektasi mengenai waktu kedatangan. 

Menurutnya, ketika seseorang baru saja pergi ke suatu tempat, apalagi tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya, maka ia akan mencoba membaca kondisi jalan, dan otaknya hanya akan fokus pada jalur yang perlu ditempuhnya. 

Berdasarkan hal itu, menurutnya perjalanan tersebut tidak akan ada habisnya atau diperpanjang, lanjutnya. Terungkap harga dan spesifikasi Hyundai Santa Fe yang akan diluncurkan di Indonesia besok. Hyundai Santa Fe generasi terbaru akan segera meluncur di Indonesia besok. SUV merek asal Korea Selatan ini tersedia dalam dua varian. gospelangolano.com.co.id pada 23 Oktober 2024

happy Mengendarai Mobil saat Pergi Terasa Lebih Lama daripada Pulang, Kok Bisa?
Happy
0 %
sad Mengendarai Mobil saat Pergi Terasa Lebih Lama daripada Pulang, Kok Bisa?
Sad
0 %
excited Mengendarai Mobil saat Pergi Terasa Lebih Lama daripada Pulang, Kok Bisa?
Excited
0 %
sleepy Mengendarai Mobil saat Pergi Terasa Lebih Lama daripada Pulang, Kok Bisa?
Sleepy
0 %
angry Mengendarai Mobil saat Pergi Terasa Lebih Lama daripada Pulang, Kok Bisa?
Angry
0 %
surprise Mengendarai Mobil saat Pergi Terasa Lebih Lama daripada Pulang, Kok Bisa?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D