Alasan Orang Nekat Konsumsi Kecubung Meski Berbahaya

0 0
Read Time:2 Minute, 21 Second

gospelangolano.com, JAKARTA — Kecubung banyak tersedia di berbagai wilayah Indonesia. Tanaman ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Batu kecubung harus digunakan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan ahli dalam pengobatan tradisional. Sebelum menggunakan batu kecubung penting untuk memahami manfaat dan risikonya serta mengikuti peraturan yang berlaku Namun, ada pula orang yang makannya “sembarangan”. 

Persatuan Dokter Pengembang Obat Herbal Tradisional Indonesia (PDPOTJI) mengatakan ada banyak alasan mengapa seseorang mencoba mengonsumsi kecubung dan menjadi kecanduan. Saat dihubungi di Jakarta, Senin, Ketua PDPOTJI Dr. (Cond.) Dr. Ingrid Tania, M.Si mengatakan, “Alasan orang menggunakan batu kecubung biasanya adalah orang-orang dengan kondisi mental atau emosional yang tidak stabil, misalnya remaja dan dewasa muda” 7/ ). 2024)

Ingrid mengatakan, mengonsumsi buah kecubung sering kali terjadi ketika kondisi mental atau emosi seseorang sedang tidak stabil. Biasanya digunakan untuk menghindari depresi atau stres.

Menurutnya, situasi coba-coba ini ibarat rasa penasaran jika ingin mencicipi rokok, obat keras, atau minuman keras. Sedangkan dalam situasi kecanduan, pecandu menyalahgunakan batu kecubung dan mencampurkannya dengan obat keras Zenith yang mengandung zat bernama carnophen.

“Itu adalah obat psikoaktif atau obat yang membuat ketagihan dan sebenarnya ilegal.” Sudah tidak lagi diedarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dulunya digunakan sebagai obat kelainan tulang, tapi dilarang karena bersifat psikoaktif dan membuat ketagihan,” kata Ingrid.

Namun Zenith dengan campuran menggunakan buah kecubung masih tersedia di pasaran umum dengan harga lebih murah. Ingrid mengingatkan, mengonsumsi minuman tersebut menimbulkan risiko kesehatan karena dapat menyebabkan halusinasi, peningkatan gairah seks secara tiba-tiba, gangguan irama jantung, dan bahkan kematian.

Durasi keparahan efek samping juga berbeda-beda pada setiap orang, sehingga penggunaannya tidak dianjurkan. Terkait penanganan dampaknya, kata dia, masyarakat tidak punya pilihan selain membawa pasien mabuk tersebut ke rumah sakit terdekat.

“Masyarakat tidak bisa menolong dari segi medis, satu-satunya cara adalah dengan membawa ke rumah sakit karena orang yang meminum kecubung harus diberikan obat penawar alkohol atau senyawa halusinogen,” ujarnya.

Hari ini, Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel, Kombes Pol Kelana Jaya, mengatakan hasil tes Laboratorium Forensik (LabFOR) Mabes Polri Cabang Surabaya positif mengandung atropin dan skopolamin. “Merugikan narkotika, psikotropika, dan obat-obatan berbahaya lainnya, penggunaan batu kecubung tidak baik berdasarkan kandungannya, apalagi jika dicampur dengan obat-obatan terlarang dan alkohol,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Kalsel, Kompol Dr. Muhammad El Yandiko mengatakan kandungan atropin dan skopolamin pada buah kecubung berbahaya bagi kesehatan, apalagi buah dan akarnya memiliki kandungan paling tinggi antara 0,4 hingga 0,9. persen, disusul daun dan bunga sebesar 0,2 hingga 0,3 persen.

Secara alami, kecubung juga mengandung alkaloid, yang secara medis dikenal sebagai obat antikolinergik, yang bekerja pada sistem saraf pusat sehingga menyebabkan peningkatan detak jantung, efek sedatif, dan halusinasi yang berlangsung hingga dua hari.

“Ketika pengguna kesulitan membedakan antara kenyataan dan ilusi yang mereka alami, efek ketergantungan akan mengikuti, dan penggunaan berulang-ulang pada akhirnya menyebabkan kecanduan,” kata Yandiko.

happy Alasan Orang Nekat Konsumsi Kecubung Meski Berbahaya
Happy
0 %
sad Alasan Orang Nekat Konsumsi Kecubung Meski Berbahaya
Sad
0 %
excited Alasan Orang Nekat Konsumsi Kecubung Meski Berbahaya
Excited
0 %
sleepy Alasan Orang Nekat Konsumsi Kecubung Meski Berbahaya
Sleepy
0 %
angry Alasan Orang Nekat Konsumsi Kecubung Meski Berbahaya
Angry
0 %
surprise Alasan Orang Nekat Konsumsi Kecubung Meski Berbahaya
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D