FKK UMJ Gelar Sunat Massal

0 0
Read Time:2 Minute, 43 Second

gospelangolano.com, JAKARTA — Departemen Pendidikan dan Pelatihan Kelompok Penunjang Kesehatan Meridien (Diklat TBM), Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) melaksanakan kegiatan Kotinga Nui pada Sabtu (22/22). 06). /2024). Kotinga Nui yang diikuti oleh 16 peserta ini dilaksanakan di lantai 3 gedung FKK UMJ. Wakil Dekan I FKK UMJ Dr.dr. Rahmini Shabaria, Sp. A. mendukung kegiatan program reproduksi dan khitanan bagi remaja melalui pelatihan Meridien.

“Sunat sangat penting dan mempunyai implikasi kesehatan karena banyak pasien anak yang menderita infeksi saluran kemih. “Saya sungguh bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan hasil panen kepada FKK UMJ,” kata Rahmini dalam keterangan tertulis, Sabtu (22 Juni 2024).

Proyek ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2023 bekerja sama dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Makiyah di Tangsel. Namun kali ini, Presiden TBM Meridien FKK UMJ Adilah Hana mengatakan, panen massal dilakukan secara terpisah.

Selain membantu masyarakat mengakses layanan kesehatan, program ini juga memberikan pendidikan dan pelatihan bagi anggota TBM Meridien untuk mempraktikkan keterampilan bedah dasar.

“Anggota TBM Meridien terlibat dalam membantu ahli bedah selama operasi, mulai dari anestesi, menyiapkan instrumen, dan bahkan menjahit,” kata Hannah “Asisten ahli bedah ini dilatih terlebih dahulu.”

Kami berharap program ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

Berdasarkan keterangan Tondi Muhammad Al-Yamin, Sekretaris Jenderal Sunatan Umum, 16 anak korban sunat tersebut berusia antara 3 hingga 13 tahun. Dokter yang turut serta dalam operasi tersebut adalah Dr. Hadir pula pengajar FKK UMJ antara lain Dr. Robiah Khairani Hasibuan, Sp.S., Ph.D. Heryanto Syamsuddin, Sp.KK. dan dr. Muhammad Dwi Putra, M. Biomed.

“Kami bekerja sama dengan Puskesmas Cirendeu sebagai titik rujukan pasien jika ada keluhan serius. Kami juga akan mengatur komunikasi antara pasien dan dokter melalui aplikasi WhatsApp,” kata Tondi.

Nurliatin, salah satu orang tua pasien mengaku bersyukur dan bahagia mendapat informasi dan kesempatan khitanan gratis di FKK UMJ. “Agak bermasalah karena anak saya mau disunat. Dia berkata, “Saya berharap sunatnya berjalan lancar dan anak itu selamat.”

Setelah disunat, orang tua diberikan edukasi mengenai perawatan luka pasca sunat, meliputi pemberian obat, cara minum obat, dan perawatan luka. Pasien yang sebagian besar adalah siswa sekolah dasar ini memiliki respons berbeda setelah disunat.

Tak sedikit yang menitikkan air mata, ada pula yang terlihat tenang dan bahagia setelah menerima bingkisan dan mainan dari panitia penyelenggara. Hal itu didengar oleh seorang pasien bernama Gilang Rizky Ramadhan. Bocah sembilan tahun asal Rempoa ini mengaku senang disunat meski lukanya menyakitkan.

“Awalnya saya tidak tahu akan disunat. Aku sedang bermain Free Fire (FF) tiba-tiba ibuku menelfonku dan menyuruhku untuk disunat. “Saya senang ibu saya memberi tahu saya bahwa saya akan menerima hadiah berlian free fire setelah panen,” kata Guillain.

Universitas Muhammadiyah Jakarta mendapat akreditasi unggul dari Komisi Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tanggal 5 Maret 2024. Tahun ini UMJ menjadi perguruan tinggi tertua di antara 173 PTMA dan memiliki 22 guru besar, salah satunya masih berusia muda, bahkan 33 tahun. Bidang hukum.  UMJ mempunyai 16 program akademik dengan akreditasi lebih baik dan dua program akademik dengan akreditasi A.

Akreditasi yang lebih baik akan memungkinkan UMJ, perguruan tinggi tertua Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA), meningkatkan profesionalisme dan efisiensi serta membangun budaya keilmuan Al Islam Kemuhammadiyahan yang lebih baik.  UMJ memiliki lebih dari 51.093 alumni yang aktif di berbagai bidang dan berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat dan pemerintahan India.

happy FKK UMJ Gelar Sunat Massal
Happy
0 %
sad FKK UMJ Gelar Sunat Massal
Sad
0 %
excited FKK UMJ Gelar Sunat Massal
Excited
0 %
sleepy FKK UMJ Gelar Sunat Massal
Sleepy
0 %
angry FKK UMJ Gelar Sunat Massal
Angry
0 %
surprise FKK UMJ Gelar Sunat Massal
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D