Konsultasi Pasein Lansia Meningkat, RSU Bunda Jakarta Buka Klinik Geriatri

0 0
Read Time:1 Minute, 45 Second

gospelangolano.com – Penyakit yang diderita masyarakat lanjut usia (lansia) seringkali tidak cukup hanya ditangani oleh dokter saja. Gejala penyakit yang dikeluhkan para lansia ini biasanya berbeda-beda pada organ tubuh yang berbeda. 

Untuk mendorong masyarakat menjadi lansia yang produktif, RSU Bunda Jakarta telah mendirikan klinik khusus geriatri untuk merawat pasien lanjut usia. 

Direktur RSU Bunda Jakarta Dr. Amiruddin Hamigu, MM. mengungkapkan bahwa jumlah pasien lansia justru meningkat selama pandemi. Menurutnya, hal tersebut juga bisa dipicu oleh tertundanya rawat inap di awal pandemi.

“Faktanya, jumlah pasien geriatri yang dikonsultasikan meningkat signifikan sejak pandemi. Mungkin hampir 10 sampai 12 persen,” kata dr Amir saat soft launching Klinik Geriatri di RSU Bunda Jakarta baru-baru ini. Ilustrasi orang lanjut usia yang kesepian. (Unsplash.com/Artem Labunsky)

Ia menambahkan, rata-rata pasien lanjut usia mengeluh ke dokter tentang hilangnya nafsu makan, nyeri di beberapa bagian tubuh, atau hal lainnya. Namun setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa penyakit.

Jika iya, Anda memerlukan beberapa dokter dengan spesialisasi berbeda untuk menanganinya. Untuk itu didirikanlah klinik geriatri yang dilengkapi dengan enam layanan spesialis. 

“Ada enam cabang ilmu kedokteran, mulai dari penyakit dalam yang menjadi dasar penyakit, ahli saraf, ahli gizi. Kami juga menyertakan KFR untuk rehabilitasi, misalnya untuk gangguan mobilitas atau nyeri lutut. Kemudian juga psikiater, psikolog dan psikiater. Dan anestesi untuk konsultan nyeri,” ujarnya.

Meski kebutuhannya besar, Direktur Medis PT BMHS Tbk. Ivonne Rampun MM mengungkapkan, menjalankan klinik geriatri bukanlah hal yang mudah. Karena memerlukan integrasi berbagai bidang kedokteran. 

Di sisi lain, angka harapan hidup masyarakat Indonesia disebut-sebut lebih panjang. Oleh karena itu, pelayanan khusus geriatri dipandang perlu.

“Kami sudah melihatnya, mungkin karena banyak juga hal baru, jadi kita semakin dekat dengan umur manusia yang lebih panjang. Kini geriatri sudah menjadi masalah. “Tantangan RS Bunda adalah mengembangkan layanan yang belum dimiliki rumah sakit lain.” Saya memikirkannya karena itu tidak mudah. “Karena bukan hanya satu atau dua dokter, tapi kolaborasi banyak dokter. Tapi kita tetap harus mumpuni,” ujarnya.

Berdasarkan definisi lansia menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), klinik geriatri ditujukan khusus untuk pasien berusia 60 tahun ke atas. Pasien dapat menggunakan BPJS Kesehatan untuk layanan tersebut.

happy Konsultasi Pasein Lansia Meningkat, RSU Bunda Jakarta Buka Klinik Geriatri
Happy
0 %
sad Konsultasi Pasein Lansia Meningkat, RSU Bunda Jakarta Buka Klinik Geriatri
Sad
0 %
excited Konsultasi Pasein Lansia Meningkat, RSU Bunda Jakarta Buka Klinik Geriatri
Excited
0 %
sleepy Konsultasi Pasein Lansia Meningkat, RSU Bunda Jakarta Buka Klinik Geriatri
Sleepy
0 %
angry Konsultasi Pasein Lansia Meningkat, RSU Bunda Jakarta Buka Klinik Geriatri
Angry
0 %
surprise Konsultasi Pasein Lansia Meningkat, RSU Bunda Jakarta Buka Klinik Geriatri
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D