Muncul Benjolan di Sekitar Mata, Kapan Harus Memeriksakan ke Dokter?

0 0
Read Time:2 Minute, 58 Second

gospelangolano.com, Jakarta – Pernahkah Anda melihat benjolan di sekitar mata? Jangan tertipu!

Adanya benjolan pada mata bisa menjadi tanda adanya tumor. Namun, tidak semua benjolan di mata merupakan tumor. Masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan benjolan di dalam dan sekitar area mata, seperti infeksi atau alergi.

Meskipun tidak semua gangguan pada mata merupakan hal yang serius, namun tetap penting untuk tetap waspada. Tumor mata bisa bersifat jinak atau ganas. Tumor mata jinak biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Namun tumor mata ganas dapat tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lain sehingga memerlukan penanganan serius.

Konsultan oftalmologi yang meyakinkan itu menjelaskan bahwa tumor merupakan pertumbuhan sel abnormal yang dapat terjadi di seluruh tubuh. Tumornya sendiri memiliki karakteristik yang berbeda-beda, mulai dari jinak hingga ganas. 

Tumor mata jinak biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Namun tumor mata ganas dapat tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lain sehingga memerlukan penanganan serius.

Moumina menjelaskan, tumor yang muncul di mata bisa terjadi di kelopak mata dan bagian mata lainnya, serta bola mata itu sendiri.

Masing-masing lokasi tumor tersebut menimbulkan gejala yang sama, misalnya benjolan yang merupakan tumbuhnya sel kanker. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala tumor mata.

Tidak semua massa mata merupakan tumor, dan ada beberapa gejala yang mungkin mengindikasikan adanya tumor mata. Berikut beberapa gejala yang patut Anda waspadai: 1. Perubahan susunan dan arah bulu mata

Moumina menjelaskan: “Bulu mata harus tumbuh dalam garis halus dan memiliki satu arah, ke luar. Jika bulu mata bagian atas tumbuh ke luar, dan jika bulu mata bagian bawah tumbuh ke luar ke bawah, pertumbuhannya harus sama dari luar ke dalam. . RSCM Kencana live di Instagram pada 27 Februari 2024.

Jika Anda mengalami sesuatu yang tidak terjadi, ada yang perlu Anda ketahui karena itu merupakan tanda atau gejala dari sesuatu yang serius.  2. Benjolan yang tidak nyeri

Seringkali orang khawatir tentang gejala yang menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Namun jika muncul gejala tumor mata, sebaiknya waspadai adanya benjolan kecil yang tidak menimbulkan sensasi apapun.

Moumina menjelaskan, benjolan yang disertai nyeri, bengkak, dan keluar cairan kemungkinan besar disebabkan oleh peradangan.  3. Benjolan yang semakin lama semakin membesar

Sebaiknya hati-hati terhadap benjolan atau bengkak pada area mata jika terdapat pertumbuhan yang terpotong. Jika terjadi pertumbuhan benjolan terus menerus di area mata, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter.  4. Benjolan muncul berulang kali di tempat yang sama

Benjolan yang muncul disebut juga dengan bisul. Namun, wajar jika muncul rambut yang muncul berulang kali di tempat berbeda. Misalnya, bintitan mula-mula muncul di kelopak mata kanan atas, kemudian muncul di kelopak mata kiri. 

Jika Anda mengalami benjolan atau bulu yang berulang kali muncul di tempat yang sama, Anda perlu mewaspadainya. Massa ini biasanya terjadi dengan kemerahan atau mata menguning. 

 

Moumina mengatakan pasien dapat menjalani biopsi untuk mengetahui jenis tumor yang ada pada mata.

Ada dua jenis biopsi: biopsi eksisi, yang hanya mengambil sebagian dari 100% tumor untuk digunakan sebagai sampel, dan biopsi eksisi, yang mengambil seluruh tumor dan kemudian memeriksanya di laboratorium. 

Kedua jenis prosedur biopsi ini mungkin bergantung pada faktor yang berbeda.

Salah satunya adalah ukuran tumor atau massanya. Apakah bisa dimakan seluruhnya atau hanya sebagian? Hal ini juga dilakukan untuk merefleksikan fungsi kelopak mata setelah biopsi. 

Jika tumor atau massa terlalu besar untuk diangkat seluruhnya dan mengganggu fungsi dan area mata, biopsi bedah akan dilakukan. 

Oleh karena itu, setiap pasien akan mendapat pengobatan yang berbeda tergantung keluhannya dan kondisi massa atau tumor yang muncul.

Namun, sangat penting untuk berkonsultasi ke dokter jika Anda mengalami beberapa gejala yang disebutkan di atas. Jagalah kesehatan mata Anda agar terhindar dari segala jenis penyakit, terutama tumor. 

 

happy Muncul Benjolan di Sekitar Mata, Kapan Harus Memeriksakan ke Dokter?
Happy
0 %
sad Muncul Benjolan di Sekitar Mata, Kapan Harus Memeriksakan ke Dokter?
Sad
0 %
excited Muncul Benjolan di Sekitar Mata, Kapan Harus Memeriksakan ke Dokter?
Excited
0 %
sleepy Muncul Benjolan di Sekitar Mata, Kapan Harus Memeriksakan ke Dokter?
Sleepy
0 %
angry Muncul Benjolan di Sekitar Mata, Kapan Harus Memeriksakan ke Dokter?
Angry
0 %
surprise Muncul Benjolan di Sekitar Mata, Kapan Harus Memeriksakan ke Dokter?
Surprise
0 %

You May Have Missed

PAY4D